Nokia G300, Smartphone 5G Harga Rp2 Jutaan dari HMD Global

Jakarta, Gizmologi – Sejak awal tahun 2021, keberadaan smartphone 5G terjangkau semakin menjamur. Tak heran, mengingat sudah semakin banyak negara yang tengah menyiapkan infrastruktur jaringan masa depan tersebut, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, Nokia G300 diluncurkan oleh HMD Global, namun dengan catatan khusus.

Ya, sebelumnya vendor startup yang menjadi satu satunya penjualan smartphone merek Nokia ini memang telah merilis perangkat 5G terjangkaunya, Nokia G50. Namun Nokia G300 hadir dengan banderol harga yang lebih murah. Tentu dengan spesifikasi yang disesuaikan—meski mendukung koneksi lebih kencang, tak lebih baik bila dibandingkan dengan Nokia G20 yang hadir resmi di Tanah Air.

Baca juga: Review Nokia G20: Unggulkan Stock Android & NFC di Rp2 Jutaan

Lantas apa catatannya? Kamu tak perlu menanti kehadiran smartphone 5G Nokia satu ini. Karena HMD merilisnya dengan menggandeng dua operator di Amerika Serikat, yaitu Straight Talk serta TracFone Wireless. Cara yang mirip dengan Nokia 8 V 5G UW, juga eksklusif untuk pengguna di Amerika Serikat.

Bawa Teknologi OZO Audio

Nokia G300

Apakah ke depannya bakal dirilis untuk pasar global? Belum ada informasi terkait hal tersebut. Setidaknya kita dapat mengetahui bagaimana ketika HMD berusaha rilis smartphone 5G semurah mungkin. Secara tampilan, Nokia G300 lebih menyerupai Nokia G10 dengan tiga sensor kamera belakang. Warna Meteor Grey terlihat tidak mainstream, mengkilap gunakan permukaan bodi plastik.

Yang terlihat langsung, setidaknya dari foto produk adalah bezel di sekelilingnya yang terlihat tebal—terutama sisi bawah yang mengusung logo Nokia. Layarnya sendiri berdimensi 6,52 inci, punya resolusi HD+, gunakan panel IPS tanpa refresh rate tinggi. Desain kamera depannya pun masih gunakan waterdrop notch.

Agar dapat menekan harga, spesifikasi kamera Nokia G300 juga tergolong pas-pasan. Sensor utamanya hanya beresolusi 16MP saja, usung diafragma f/1.8 dengan PDAF. Sensor keduanya adalah ultra wide-angle 5MP, sementara sisanya untuk efek potret 2MP. Perekaman videonya sanggup hingga full HD 60fps. Di depan, terdapat kamera swafoto 8MP yang juga berfungsi untuk fitur face unlock.

Tanpa lensa ZEISS, HMD sematkan teknologi audio eksklusif dari Nokia, yaitu OZO Audio. Selain bisa merekam suara secara 360 derajat, terdapat fitur khusus yang bisa meredam suara angin, cocok untuk perekaman video luar ruangan.

Baterai Nokia G300 Mendukung Fast Charging

Nokia G300

Demi membawa dukungan jaringan 5G, Nokia G300 menunjuk chipset paling terjangkau yang juga cukup bertenaga dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 480 5G yang sama seperti pada OPPO A74 5G. Cip tersebut dipasangkan dengan RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB, serta penggunaan stock Android yang seharusnya membuat performa terjaga.

Selain sensor NFC dan sensor sidik jari yang ada di samping kanan bodi, Nokia G300 punya kapasitas baterai modis, yaitu 4,470 mAh. Kalau biasanya dukungan fast charging hanya 10W, kali ini HMD berikan kecepatan lebih tinggi, hingga 18W lewat port USB-C.

Dengan spesifikasi yang dipotong sana-sini? Berapa banderol harga smartphone terbaru Nokia satu ini? Tersedia pada 19 Oktober mendatang, Nokia G300 dijual seharga USD200, atau sekitar Rp2,8 jutaan. Rasanya meski rilis global, bakal sulit bersaing dengan kompetitor yang sudah ada ya.

Tinggalkan komen