Nokia G50 5G Diresmikan, Bawa Fitur Selfie Video Stabilization

Jakarta, Gizmologi – Setelah kemarin memberikan sebuah teaser dengan tanggal, ternyata pada hari Rabu (22/9), HMD Global pada akhirnya merilis smartphone 5G termurahnya secara resmi. Dinamakan Nokia G50 5G, perangkat ini tampil dengan kombinasi spesifikasi yang, bisa dibilang cukup unik bila dibandingkan seri lainnya.

Nokia G50 adalah smartphone Android terbaru dari HMD yang ditujukan untuk mereka yang ingin memiliki smartphone 5G tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Lewat tagar terbarunya sejak menggunakan tiga seri penamaan huruf, perangkatnya dirancang agar cocok bagi konsumen yang tak ingin terlalu sering mengganti perangkat. Alias bakal tetap prima untuk beberapa tahun ke depan.

Baca juga: Review Nokia G20: Unggulkan Stock Android & NFC di Rp2 Jutaan

Memang, chipset-nya dibuat sama seperti Nokia X20 bahkan Nokia XR20 yang kelasnya jauh lebih mahal. Namun secara desain, justru mengadopsi Bahasa yang sama seperti Nokia 8.3 5G—smartphone flagship termahal HMD yang diluncurkan sejak tahun lalu. Dan masuk ke seri mid-range, konsumen diberikan jaminan yang sesuai.

Seluruh smartphone Nokia G Series dijamin akan mendapatkan setidaknya dukungan pembaruan versi Android selama dua tahun, sementara pembaruan keamanan bulanannya lebih lama hingga tiga tahun. Plus, jaminan daya tahan baterai yang awet, dengan kapasitas (yang menurut HMD) sudah cukup besar.

Spesifikasi Nokia G50 5G

Nokia G50

Tampil dalam warna Midnight Sun serta Ocean Blue, warna kedua dari Nokia G50 benar-benar menyerupai sang flagship tahun lalu. Finishing-nya sedikit berbeda, karena kali ini gunakan permukaan matte. Namun dimensinya sama-sama tergolong sangat besar, dengan ketebalan 8,85mm dan berat mencapai 220 gram.

Pasalnya, layar Nokia G50 tergolong sangat besar, mencapai 6,82 inci. Sayangnya, dimensi yang nyaman untuk multitasking dan multimedia tersebut tak diimbangi panel berkualitas tinggi. Selain desain poni yang masih waterdrop, resolusinya terbatas di HD+ saja, tentu bersama refresh rate 60Hz. Sehingga jangan harap kualitasnya jauh melebihi Nokia 5.4 maupun Nokia G20.

Nokia G50

Selain layar, bagian yang sedikit alami penurunan ada pada setup kameranya. Nokia G50 hanya memiliki tiga sensor di belakang tanpa sensor makro. Meski sensor utamanya cukup beresolusi tinggi di 48MP, sensor ultra wide masih sebatas 5MP saja. Sementara sensor ketiga berfungsi untuk hasilkan foto potret.

Yang diunggulkan hanyalah kamera depannya yang beresolusi 8MP, di mana HMD sematkan fitur selfie video stabilization agar perekaman video tetap stabil tanpa alat bantu. Disematkan dua mikrofon untuk perekaman kualitas stereo pada Nokia G50.

Sudah Mendukung Fast Charging 18W

Nokia G50

Chipset Qualcomm Snapdragon 480 5G dipadukan dengan kapasitas RAM 4/6GB, penyimpanan internal 64/128GB serta slot kartu microSD yang sanggup menampung sampai 512GB. Terdapat tombol power yang berfungsi sebagai sensor sidik jari di kanan, serta tombol khusus Google Assistant di sisi kirinya.

Untuk baterainya sendiri berkapasitas 5,000 mAh. Dan akhirnya, agar tidak nanggung, HMD berikan dukungan fast charging 18W, dari yang sebelumnya kebanyakan sebatas 10W saja. Plus sensor lain yang cukup lengkap, termasuk NFC sampai dukungan radio FM.

Mulai diluncurkan pada Oktober 2021, Nokia G50 memiliki banderol harga mulai dari 200 Pounds, atau sekitar Rp3,8 jutaan. Ingat, 6 Oktober nanti, HMD masih memiliki sebuah acara peluncuran lainnya. Apakah sebuah tablet? Kita nantikan saja ya.

Tinggalkan komen