Nokia XR20 Hadir Sebagai Smartphone 5G Tahan Banting dengan Kamera ZEISS

Espoo, Gizmologi – Hari ini (27/7), HMD selaku pemegang lisensi merek smartphone Nokia baru saja merilis cukup banyak perangkat baru, yaitu dua smartphone, sebuah feature phone serta earphone TWS dalam tiga seri berbeda. Ada dua produk yang paling menarik perhatian, namun yang paling premium adalah Nokia XR20.

Ya, namanya dibuat paling berbeda dari yang lain, di mana seri satu ini gunakan kombinasi dua huruf dan dua angka. Mungkin sengaja dibuat ekstra, karena memang perangkat satu ini ekstra kuat. Ponsel Nokia terdahulu memang dikenal tahan banting dan selama ini, smartphone Nokia belum pernah ada yang membawa DNA ketahanan selayaknya Nokia 3310.

Lewat Nokia XR20, dihadirkan smartphone Android 5G kelas menengah yang bersertifikasi khusus, gunakan material kaca paling kuat serta bawa lensa kamera ZEISS. Menurut Florian Seiche, CEO HMD Global, perangkat ini hadir karena 73% konsumen dari mereka ingin tetap gunakan perangkat yang sama dalam waktu yang lama (berdasarkan laporan tren global internal).

Baca juga: Nokia G20 Sudah Tersedia di E-Commerce, Bawa NFC Harga Rp2 Jutaan

“Di HMD, kami berdayakan konsumen untuk hindari penggantian perangkat lebih awal, dan mendorong konsumsi yang lebih berkelanjutan lewat janji umur panjang perangkat. Nokia XR20 adalah smartphone tahan lama dengan desain khas Nordik yang ramping dan khas, kami rancang baik untuk konsumen hingga perusahaan,” tambah Florian.

Spesifikasi Nokia XR20 5G Cukup Mumpuni

Nokia XR20

Secara tampilan eksterior, memang sangat terlihat bila Nokia XR20 dirancang tahan banting. Casing-nya terlihat tebal/rugged, dengan bagian bezel yang dipertebal. Smartphone ini telah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H, diklaim tahan banting dari ketinggian 1,8 meter sekalipun. Dikombinasikan dengan IP68 tahan debu dan air sampai 1,5 meter.

Tak hanya bodinya saja, bagian kaca depan dari Nokia XR20 juga sudah terlapis oleh Gorilla Glass Victus, umumnya hanya digunakan pada seri flagship. Seri perlindungan dari Corning satu ini juga dirancang lebih tahan pecah bila terjatuh. Layarnya sendiri tergolong besar di 6,67 inci, beresolusi full HD+ dengan panel IPS.

HMD merancang layar Nokia XR20 agar tetap bisa digunakan meski dengan sarung tangan atau permukaan tangan yang basah. Urusan kamera, meski secara jumlah tak banyak, HMD sematkan optik dari ZEISS. Hanya ada sensor 48MP f/1.8 plus ultra wide-angle 13MP di belakang, dan 8MP berjenis punch-hole di depan.

Chipset Snapdragon 480 5G dipercayakan untuk jalankan beragam aplikasi pengguna, dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB, masih bisa diekspansi lewat kartu microSD. Dirancang tahan lama luar dalam, Nokia XR20 mendapat jaminan tiga seri Android dan empat tahun pembaruan keamanan bulanan ke depannya, hingga 2025.

Mendukung Wireless Charging, Harga Mencapai Rp8 Jutaan

Nokia XR20

Baterainya cukup modis di 4,630 mAh, namun HMD berikan solusi pengisian daya yang tak biasa untuk smartphone di segmen ini. Selain mendukung fast charging 18W, Nokia XR20 juga bisa diisi secara nirkabel lewat fast wireless charging 15W.

Layar besarnya juga dipasangkan bersama setup speaker ganda hingga 96dB, masih ditambah dengan dukungan OZO Audio yang membuatnya juga cocok untuk konsumsi multimedia. Di bagian atas, terdapat sebuah tombol berwarna merah yang bisa dimanfaatkan sebagai pintasan sesuai keinginan penggunanya.

Nokia XR20 bakal hadir dalam warna Ultra Blue dan Granite Grey. Dan lewat Kerjasama yang dijalin HMD serta beberapa pihak ketiga, seri smartphone-nya akan dilengkapi dengan aplikasi Spotify serta ExpressVPN (khusus seri G & X) alias hadir menjadi bloatware.

Mulai dijual perdana secara global di 24 Agustus mendatang, HMD bakal menjualnya dengan harga ritel 499 EUR, atau sekitar Rp8 jutaan.

Tinggalkan komen