Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gorilla Glass Victus Diklaim Tahan Jatuh Hingga 2 Meter

0 3.502

Ketika smartphone terlihat semakin premium dengan material kaca bagian belakang, selain punya tampilan bagus, kita sebagai konsumen juga pasti merasa was-was. Takut aja kalau sewaktu-waktu terselip dari permukaan meja atau genggaman tangan, jatuh dan pecah. Maka dari itu, perlindungan material kaca sangatlah penting. Tak hanya dari sisi eksternal seperti plastik pelindung atau case, tapi juga dari dalam.

Corning telah sangat dikenal sebagai perusahaan pemberi proteksi material kaca, mulai dari panel depan sampai belakang smartphone. Kalau biasanya menggunakan seri digit angka, nah, tahun ini mereka perkenalkan sebuah penamaan baru. Bukan Gorilla Glass 7, namun disebut Gorilla Glass Victus. Peningkatannya diklaim cukup jauh dari generasi sebelumnya.

Gorilla Glass Victus Lebih Tahan Gores & Jatuh

Mungkin karena itu, namanya jadi berubah total. Tak hanya tahan gores, Gorilla Glass Victus juga punya daya tahan jauh lebih kuat ketika terjatuh. Dikutip dari Gizmochina, sebuah survei yang diadakan di China, India dan Amerika Serikat menyatakan jika durabilitas smartphone merupakan poin terpenting kedua setelah brand. Tak masalah untuk mereka membayar mahal demi daya tahan lebih baik.

Melalui sebuah uji labolatorium internal, Gorilla Glass Victus tetap tahan pecah meski dijatuhkan ke permukaan yang keras dan kasar dalam ketinggian dua meter. Sangat impresif, alias jauh lebih baik dari kompetitor yang biasanya sudah pecah hanya dalam ketinggian 0,8 meter saja.

Sementara Gorilla Glass 5 punya probabilitas keselamatan 80% ketika jatuh dari ketinggian 1,6 meter, dan Gorilla Glass 6 lebih baik walau Corning tidak berani tingkatkan level ketinggiannya. Selain lebih tahan ketika jatuh, Corning Gorilla Glass Victus juga diklaim dua kali lebih tahan gores dibandingkan Gorilla Glass 6, dan 4x lebih baik dari kompetitor dengan kaca aluminosilicate.

Melalui uji Knoop hardness test, Gorilla Glass Victus hanya mendapat goresan minor dengan tekanan 8 Newton. Di sisi lain, kompetitornya sudah banyak tergores hanya dalam tekanan 4 Newton saja. Ini sangat penting, mengingat seringkali smartphone tergabung dengan benda lain di kompartemen kendaraan atau kantong celana.

Meski sejak versi awal sudah aman dari goresan seperti pisau sekalipun, lapisan pelindung ini umumnya dikenal lemah terhadap partikel kecil seperti debu dan pasir. Dengan peningkatan yang dibawa Gorilla Glass Victus, besar kemungkinan smartphone kita tak perlu lagi menggunakan lapisan antigores tambahan yang bisa tersedia dalam paket penjualan. Jadi lebih pede dan aman ketika ada dalam genggaman, meski tanpa case sekalipun.

Bakal Hadir di Smartphone Terbaru Samsung

Gorilla Glass Victus

Dengan proteksi yang lebih baik, tentunya Gorilla Glass Victus bakal digunakan oleh smartphone flagship di masa mendatang. Kabarnya, Samsung bakal menjadi perusahaan produsen elektronik pertama yang perkenalkan produk baru dengan Gorilla Glass Victus dalam waktu dekat.

Bisa jadi, smartphone yang dimaksud adalah Galaxy Note 20 series, yang memang bakal diperkenalkan resmi secara global pada awal Agustus mendatang. Dengan biaya manufaktur yang sama seperti perlindungan generasi sebelumnya, smartphone yang menggunakan Corning Gorilla Glass Victus tak perlu menaikkan harga jual secara signifikan.