Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Setelah Ultra, Kini Muncul Foto & Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20

0 1.207

Dalam dua minggu lagi! Pergelaran Samsung Unpacked bakal diadakan 5 Agustus mendatang. Sudah dikonfirmasi oleh Tae Moon Roh, President & Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics jika perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut bakal merilis setidaknya lima produk baru. Salah duanya adalah Galaxy Note 20 series, yang bakal menjadi flagship terbaik Samsung di kuartal kedua tahun ini.

Beberapa hari lalu, Roland Quandt dari WinFuture telah membocorkan spesifikasi serta segudang foto dari Galaxy Note 20 Ultra. Kali ini, giliran varian yang lebih sederhana, yaitu Samsung Galaxy Note 20. Perbedaan spesifikasi yang dibawa nampaknya cukup jauh, lebih jauh dari Galaxy S20 dengan Galaxy S20 Ultra, misalnya. Mari kita bahas satu persatu.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 5G Rilis Lebih Dulu, Harga Rp21 Jutaan

Samsung Galaxy Note 20 Gunakan Material Sederhana

Galaxy Note 20
Varian warna baru yang diperkenalkan di Samsung Galaxy Note 20, yaitu Mystic Green.

Secara tampilan, desainnya secara keseluruhan mirip dengan versi Ultra. Modul kamera Samsung Galaxy Note 20 juga serupa, hanya saja tidak ada sensor tambahan di sebelah lampu LED, serta bentuk sensor periskop di kamera terbawah. Dikabarkan jika smartphone ini bakal mengusung frame metal dengan material bodi belakang plastik. Selain warna Mystic Bronze dan Mystic Gray, Samsung juga perkenalkan warna baru yang terlihat dalam gambar di atas, yaitu Mystic Green.

Penggunaan material plastik pada seri flagship bisa dibilang cukup mengagetkan. Meski dengan begitu, bobot bisa dikurangi dan jika jatuh lebih aman daripada material kaca. Kemungkinan lainnya, selisih harga Samsung Galaxy Note 20 dengan versi Ultra bakal terlampau cukup jauh.

Di bagian depan, layarnya dibuat flat alias rata hingga tepian. Spesifikasi layarnya juga sederhana, berdimensi 6,7 inci dengan resolusi full HD+ dan refresh rate 60Hz. Panelnya tentu sudah menggunakan Super AMOLED, dengan sensor sidik jari ultrasonik di balik kacanya.

Samsung Galaxy Note 20 bakal hadir dalam dua varian, yaitu dengan dukungan jaringan 4G saja dan versi 5G. Keduanya bakal ditenagai dengan chipset Samsung Exynos 990, sama seperti Galaxy S20 series yang diluncurkan di Indonesia. Kapasitas RAM-nya sendiri 8GB dengan memori penyimpanan 256GB, tanpa slot kartu microSD dan jack audio 3,5mm.

Setup kamera belakangnya serupa dengan seri Galaxy S20 Plus. Terdapat sensor utama 12MP f/1.8 yang mendukung Dual Pixel autofocus dan piksel besar 1,8um, 12MP f/2.2 ultra wide-angle, dan sebuah sensor 64MP f/2.0 yang mendukung sampai 30x hybrid zoom. Kamera Samsung Galaxy Note 20 bakal mendukung perekaman video hingga resolusi 4K, sementara di depan disiapkan sensor 10MP f/2.2 yang juga dukung Dual Pixel autofocus.

Dengan sertifikasi IP68, smartphone ini tahan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam 30 menit. Kapasitas baterainya sendiri 4,300 mAh, dapat diisi ke 50% hanya 30 menit. Mendukung dual SIM serta eSIM, latensi pada stylus Samsung Galaxy Note 20 memiliki jeda sedikit lebih besar di 26ms.

Project xCloud Juga Hadir di Samsung Galaxy Note 20

Samsung Galaxy Note 20
Foto Samsung Galaxy Note 20 dari segala angle. (Sumber: @evleaks, Twitter).

Sama seperti varian Ultra, perangkat ini juga bakal dioptimalkan untuk penggunaan dengan Project xCloud dan Xbox Game Pass, hasil kerja sama dengan Microsoft. Samsung Galaxy Note 20 juga bakal dioptimalkan dalam ekosistem aplikasi Microsoft Office, dan bakal miliki fitur Wireless DeX.

Galaxy Note 20 series sudah, Galaxy Buds Live juga sudah diketahui foto dan fitur kuncinya. Yang masih kurang ‘terlihat’ hanyalah seri Galaxy Fold 2. Apakah Roland bakal membocorkan informasi produk smartphone lipat yang satu ini? Mari kita tunggu dalam beberapa hari mendatang.