Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Y9a Hadir dengan Kamera 64MP & 40W SuperCharge

0 4.037

Sekitar akhir bulan Agustus lalu, dikabarkan jika Huawei akan merilis smartphone baru dengan berbagai nama berbeda untuk tiap wilayah. Hal tersebut sudah lumrah terjadi sebelumnya, terutama untuk seri menengahnya. Setelah dirumorkan, Huawei secara resmi menampilkan Huawei Y9a di situs resminya lebih dulu, beberkan spesifikasi secara lengkap.

Secara tampilan, perangkat ini terlihat sangat mirip dengan Huawei Enjoy 20 series yang juga baru saja diresmikan. Seolah terinspirasi dari seri Mate30 Pro, desain kamera belakangnya dibuat menyerupai kamera. Di dalamnya terdapat empat sensor utama, dengan peletakan lampu kilat di atas kiri bodi belakang yang semakin membuatnya terlihat seperti kamera saku digital.

Desain Huawei Y9a sendiri terinspirasi dari perubahan warna langit serta pencahayaan dan bayangan. Dengan sudut 3D di kedua sisi kiri dan kanan bodi belakang, ada tiga opsi warna menarik, dengan warna Sakura Pink yang berikan efek gradasi halus dari setengah bagian atas ke bawah. Tampilan depannya juga bersih tanpa gangguan kamera.

Baca juga: Review Huawei P40 Pro Plus: Kamera Saku Leica Paling Canggih

Keunggulan Huawei Y9a

Huawei Y9a

Hal tersebut dimungkinkan berkat penggunaan mekanisme kamera depan pop-up, yang punya besaran resolusi 16MP f/2.2. Layarnya punya dimensi 6,63 inci, menggunakan panel IPS 16,7 juta warna dengan resolusi full HD+. Belum mendukung in-display fingerprint sensor, fitur keamanan ini disematkan menyatu dengan tombol power di samping kanan bodi.

Huawei Y9a menjalankan chipset Helio G80 bikinan MediaTek, dirilis Februari lalu dan sudah dilengkapi teknologi HyperEngine. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal 128GB. Masih bisa ditambah dengan kartu memori eksternal berjenis NM card hingga 256GB.

Dengan desain bodi belakang yang sudah terlihat seperti kamera saku, tentu fitur ini menjadi salah satu yang paling diunggulkan oleh Huawei. Huawei Y9a punya sensor utama 64MP f/1.8, dengan dimensi sensor besar 1/1,7 inci, dan diklaim mampu hasilkan reproduksi warna natural. Sensor tersebut ditemani sensor ultra-wide 8MP f/2.4, serta dua sensor 2MP f/2.4 untuk efek bokeh dan makro (4cm).

Huawei berikan mode malam khusus, mampu ambil foto hingga eksposur 6 detik, plus ISO maksimum mencapai 51200. Sementara untuk perekaman videonya, sudah dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization agar lebih stabil meski tanpa alat bantu.

Fitur unggulan lainnya adalah dukungan 40W SuperCharge, yang sebelumnya hanya ada di seri flagship. Sehingga pengguna dapat mengisi daya baterai 4,300 mAh pada Huawei Y9a dengan sangat cepat. Menjalankan EMUI 10.1 berbasis Android 10, tentunya smartphone ini hanya hadir dengan Huawei Mobile Services, toko aplikasi Huawei AppGallery serta alternatif Petal Search.

Perkiraan Harga Huawei Y9a

Huawei Y9a

Meski halaman produknya sudah ditayangkan di situs resmi, Huawei belum memberikan informasi mengenai harga dari perangkat yang satu ini. Sementara jika dicek di situs versi Pakistan, Huawei Y9a bakal mulai dijual secara pre-order 14 September mendatang, dengan bonus smartband Huawei Band 4.

Diperkirakan, harga jualnya bakal mencapai INR24,999, atau sekitar Rp5 juta. Wajar saja, meski termasuk dalam seri Y, spesifikasinya sudah mendekati seri Nova yang lebih mahal. Terutama membawa fitur-fitur flagship seperti sensor utama berdimensi besar, plus teknologi 40W SuperCharge.


Cek harga produk Huawei di

Shopee.co.id Lazada.co.id Eraspace