Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Sambutan Hangat Nokia X6 Picu Nokia Persiapkan X5

Menyusul sambutan positif dari fans paska peluncuran smartphone “berponi”pertamanya, Nokia X6, HMD Global dikabarkan bersiap merils gawai serupa minggu depan. Nokia X5 akan meluncur sebagai smartphone kelas menengah mulai 11 Juli 2018.

Sebab Nokia X6 hanya tersedia eksklusif bagi konsumen di Tiongkok, firma asal Finlandia ini pun akan membawa Nokia X5 ke pasar selain negara Tirai Bambu tersebut.

Rumor kedatangan Nokia X5 atau Nokia 5.1 Plus ini diketahui dari materi iklan yang baru-baru ini muncul di Tiongkok.

Iklan tersebut hanya menyebut ponsel seri Nokia X. Tak banyak spesifikasi yang tercantum dalam iklan tersebut kecuali fitur resolusi display yang sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan Nokia 6.

Nokia X5 dilaporkan akan menyertakan chipset MediaTek di dalamnya sebab berharga lebih terjangkau, bukan prosesor Snapdragon bikinan Qualcomm. Belum ada kepastian apakah HMD Global selaku produsennya akan meluncurkan dua versi Nokia X5 berdasarkan model chipset tetapi hal tersebut sepertinya belum akan dilakukan pada saat ini, tulis phonearena.com sebagaimana diambil dari nokiamob.net dan Baidu.

Nokia X6. Foto oleh tabletowo.pl

Nokia X6 sendiri telah diluncurkan di Tiongkok awal Mei 2018. Nokia X6 menjadi anggota pertama seri ini yang diperkenalkan oleh HMD Global dengan mengadopsi banyak fitur yang memang sedang tren saat ini.

Sebagai contoh, Nokia X6 dibalut dengan 95% kaca dan kerangka metal pada bagian sampingnya. Lalu, Nokia X6 menawarkan ukuran layar 5,8 inci FHD+ (1080 x 2280 piksel) dengan aspek rasio 19:9 yang dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3 pada bagian atasnya.

Fitur lain Nokia X6 memungkinkan pengguna bisa maksimal mengabadikan momen dengan memanfaatkan kamera depan berkekuatan 16MP dengan f/2.0 aperture plus kemampuan membuka gembok kunci menggunakan wajah pemakainya. Sensor sidik jari standar juga bisa ditemukan pada bagian belakang ponsel.

Baca juga: Nokia X6 Melesat di Tiongkok dengan Bodi Premium, Snapdragon 636 & Android 8.1 Oreo

Untuk panel bagian belakangnya, Nokia X6 menawarkan dual camera setup yang terdiri dari unit 16MP dengan f/2.0 aperture dan sensor monokrom 5MP dengan lensa f/2.2.

Selain rumor rilis Nokia X5 minggu depan, HMD Global dikabarkan tengah menggarap smartphone andalan lainnya yang menggunakan prosesor Snapdragon 845. Nokia 8 ini nantinya tak akan memakai “poni”, headphone jack, dan pengisian daya nirkabel tetapi akan menampilkan kamera berdesain seperti Lumia dan sentuhan akhir dari bahan kaca.

 

%d blogger menyukai ini: