Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus 5 Ternyata Smartphone ‘iPhone 7 Plus Rasa Android’

Ingin memiliki iPhone 7 tapi tidak ingin move on dari Android? Seperti OnePlus 5 bisa jadi pilihan kamu.

0 1.811

Setelah sempat jadi pergunjingan di internet, akhirnya OnePlus 5 benar-benar menampakan diri secara resmi. Yang mengejutkan, pergunjingan tentang kemiripan smartphone ini dengan iPhone 7 benar-benar terbukti.

Ya, OnePlus 5 memiliki fitur desain yang nyaris mirip dengan flagship iPhone tersebut. Dimulai dari dual-camera yang sama dengan lensa sekunder dan Potrait Mode yang sama, warna hitam yang sama, material yang sama, hingga garis antena yang sama.

Memang cukup mengejutkan, karena OnePlus dikenal sebagai brand yang memiliki orisinalitas dalam hal desain, teknologi, dan fitur. Dengan adanya penjiplakan seperti ini, tampaknya merupakan sebuah kemunduran tersendiri.

Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri konsistensi OnePlus dalam spesifikasi yang melebihi harga patut diancungi jempol. Seperti dikutip dari PhoneArena, Selasa (20/6/2017), OnePlus 5 menjadi smartphone yang mengusung prosesor Snapdragon 835 termurah untuk di pasaraan saat ini dengan banderol US$ 480 untuk model 64 GB ROM/ 6 GB RAM dan US$ 540 untuk 128 GB ROM/8 GB RAM.

OnePlus 5 hadir dengan layar AMOLED seluas 5,5 inci Full HD yang mendukung sRGB dan DCI-P3 color untuk memberikan tampilan gambar yang tajam. Di sektor kamera, smartphone ini hadir dengan dual-camera di bagian belakangnya dengan kamera utama 16 MP Sony IMX 398 dan kamera telephoto 20 MP Sony IMX 371. Sementara pada bagian depannya terdapat kamera Sony IMX 371 16 MP.

OnePlus 5

Nah, kenapa OnePlus 5 disebut sebagai smartphone “iPhone 7 Plus rasa Android”? Pasalnya, di balik desainnya yang mirip jagoan Apple tersebut, smartphone ini mengusung Android 7.1.1 Nougat pada sistem operasi OyxgenOS yang diusungnya. OxygenOs sendiri merupakan sistem operasi buatan sendiri setelah OnePlus memutuskan “cerai” dari Cyanogen.

Sebelum OnePlus 5 resmi diperkenalkan, Carl Pei, Co-Founder OnePlus dibanjiri pertanyaan dan kritik mengenai kemiripan smartphone tersebut dengan iPhone 7 Plus. Melalui akun Twitter-nya, dia menanggapi kritik yang ada dengan santai.

Menurutnya, sebelum OnePlus 3 diluncurkan, dirinya juga dibanjiri kritik karena dianggap mirip dengan desain HTC 10 dan Samsung Galaxy S6. Namun kritik tersebut terhenti begitu smartphone tersebut diluncurkan di pasaran.

“Masih ada yang ingat dengan keributan soal desain OnePlus 3 sebelum diluncurkan? Keributan itu terhenti begitu orang telah memilikinya,” tukas Pei.

Nah, apakah kritik untuk OnePlus 5 akan terhenti ketika smartphone ini sudah mulai dijual di pasaran? Kita lihat saja nanti, Gizmolovers!