Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Find X2 Lite Tampil Resmi, Gunakan Chipset Snapdragon 765 5G

0 21.281

Flagship terbaru dari OPPO, Find X2 series, telah diresmikan di Indonesia beberapa waktu lalu. Smartphone tersebut membawa inovasi terbaik dari OPPO, dengan desain premium, chipset Snapdragon 865 serta layar Quad HD+ 120Hz. Kali ini, OPPO menunjukkan varian sederhananya, Find X2 Lite.

OPPO Find X2 Lite pertama kali ditemukan pada situs resmi Portugal, yang kemudian juga hadir di situs negara asalnya. OPPO sendiri tidak memperkenalkan smartphone ini melalui acara khusus, atau mungkin baru akan dilaksanakan nanti ya. Yang pasti, spesifikasinya kini sudah bisa diketahui secara jelas.

Di Indonesia, belum ada informasi apakah seri terjangkau dari flagship OPPO X2 ini akan diluncurkan dalam waktu dekat atau tidak. Karena seri baru yang sudah dikonfirmasi untuk dirilis adalah OPPO A31, OPPO A91, OPPO Reno3, OPPO Reno3 Pro, OPPO Find X2, dan OPPO Find X2 Pro.
Baca juga: OPPO Reno3 Pro Dipastikan Segera Meluncur di Indonesia

Spesifikasi OPPO Find X2 Lite

tampak depan belakang OPPO Find X2 Lite

Jika melihat secara sekilas, OPPO Find X2 Lite memiliki desain serupa dengan OPPO Reno3, yang juga sudah hadir resmi di Indonesia. Material back cover-nya tidak menggunakan bahan keramik maupun kulit vegan, tetapi kaca Gorilla Glass 5. OPPO mengatakan jika smartphone ini dilengkapi desain antena khusus yang bisa menangkap sinyal lebih baik, tanpa khawatir tertutup tangan ketika digunakan untuk bermain game.

Bagian depan OPPO Find X2 Lite didominasi layar berukuran 6,4 inci, beresolusi full HD+ dengan aspek rasio 20:9. Layar ini tidak dilengkapi refresh rate tinggi, hanya konvensional pada 60Hz saja. Selain terlindung oleh Gorilla Glass 5, panel yang digunakan sudah berjenis AMOLED, sehingga OPPO bisa membenamkan under-display fingerprint sensor di baliknya. Disebutkan bahwa layar ini dapat menyala terang di bawah sinar matahari, dengan kecerahan maksimum manual 600 nits.

Smartphone terbaru OPPO ini didesain tipis, memiliki ketebalan kurang dari 8mm. Beratnya juga relatif ringan untuk standar smartphone masa kini, hanya 180 gram. Meski begitu, OPPO Find X2 Lite tetap bertenaga, menggunakan chipset Snapdragon 765 octa-core 7nm dari Qualcomm. Chipset tersebut membawa dukungan jaringan 5G dual-mode SA/NSA, dan OPPO berikan fitur Smart 5G yang memungkinkan Find X2 Lite berpindah jaringan dari 4G ke 5G secara seamless, sesuai dengan ketersediaan jaringan dan bandwidth. Fitur ini dapat memberikan konsumsi daya yang lebih terkontrol, meningkatkan masa pakai hingga 30%.

OPPO membenamkan RAM 8GB serta memori internal 128GB, cukup lega untuk ukuran smartphone kelas menengah. Di atas kertas, spesifikasi kameranya setingkat dibawah seri Reno3. Sama-sama punya kamera utama 48MP, besaran resolusi kamera ultra-wide sedikit lebih rendah di 8MP, dan juga berfungsi sebagai kamera macro. Selain itu ada dua kamera 2MP untuk fungsi monokrom dan efek retro. Sementara untuk selfie, ada kamera 32MP f/2.0 di depan.

Kapasitas baterainya sama persis, yaitu 4.025 mAh dengan dukungan VOOC Flash Charge 4.0. Hanya memerlukan waktu 20 menit untuk isi daya OPPO Find X2 Lite dari nol sampai 50%. Sama seperti smartphone OPPO baru lainnya, Find X2 Lite juga sudah menjalankan ColorOS 7 berbasis Android 10 dengan beberapa fitur ekstra seperti Game Space untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Harga OPPO Find X2 Lite

OPPO Find X2 Lite

OPPO Find X2 Lite bakal hadir dalam dua varian warna; Pearl White terinspirasi dari cahaya langit yang tenang dan misterius, serta Moonlight Black yang terinspirasioleh cahaya malam gelap. OPPO baru mengumumkan harga ritel untuk regional Eropa, yaitu 500 Euro atau sekitar Rp8,4 jutaan. Harga Eropa memang terkenal lebih mahal, terutama jika dibandingkan dengan wilayah Asia.

Di Indonesia sendiri, OPPO mengumumkan bakal rilis tiga smartphone baru pada tanggal 21 April mendatang. Apa saja seri baru yang bakal hadir resmi di Indonesia? Kita nantikan besok ya!


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE  LAZADA JD.ID