Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Pixel 4a Diproduksi di Vietnam, Lebih Murah dari iPhone SE (2020)

Meski informasi perihal spesifikasi serta desain Pixel 4a sudah diketahui sejak berbulan-bulan lalu, smartphone ini tak kunjung diperkenalkan secara resmi. Perilisannya ditunda akibat adanya pandemi Covid-19, yang membuat Google juga membatalkan acara tahunan mereka, Google I/O 2020. Hal tersebut cukup disayangkan, terutama ketika Apple berhasil merilis smartphone baru dengan harga 399 USD saja, yaitu iPhone SE (2020).

Sebelumnya, Pixel 4a dikabarkan akan dijual dengan harga yang sama untuk varian termurahnya, dengan opsi memori 64GB. Dibandingkan dengan iPhone SE, Pixel tentunya kalah dalam hal material yang digunakan, dukungan wireless charging, sertifikasi ketahanan IP68 serta chipset yang terlampau jauh. Meski secara layar jauh lebih modern dengan bezel tipis dan penggunaan kamera punch-hole.

Baca juga: Ini Bocoran Terbaru Spesifikasi Google Pixel 4a

Pixel 4a 128GB Bakal Dibanderol Seharga 349 USD

Boks Pixel 4a
Kotak Pixel 4a yang diproduksi dari sebuah pabrik di Vietnam. (Sumber: tinhte.vn)

Namun informasi terbaru mengatakan jika harga resmi Pixel 4a nantinya akan lebih murah dari iPhone SE (2020). Stephen Hall dari 9to5Google menyampaikan jika Google akan menjual smartphone versi terjangkau tersebut dengan harga 349 USD, alias 50 USD lebih murah dari iPhone SE. Tak hanya itu, harga tersebut adalah untuk varian 128GB, sehingga yang versi 64GB masih bisa lebih murah lagi.

Dengan ditundanya perilisan Pixel 4a, mungkin pihak Google kembali memikirkan strategi penjualan smartphone-nya agar tak kalah dari produk terjangkau Apple tersebut, supaya masih bisa memenangkan minat dari konsumen. Selain harga, Pixel 4a juga diketahui telah melewati masa produksi pertamanya di Asia. Ya, sebelumnya dirumorkan bahwa Google akan merakit Pixel versi murah ini di Vietnam.

Informasi ini disampaikan dari sumber yang bekerja di dalam pabrik perakitan smartphone tersebut, dikutip dari Tinhte.vn. Ia juga memberikan beberapa foto kotak Google Pixel 4a yang sudah siap untuk dipasarkan. Pabrik tersebut teletak di Vinh Phuc, pabrik yang sama digunakan oleh Apple untuk merakit perangkat tablet mereka, iPad. Sumber yang sama mengatakan jika jalur produksi ini dipindahkan dari Taiwan, termasuk jalur untuk memproduksi PCB (motherboard) untuk perangkat modern.

Pixel 4a XL
Pixel 4a XL terlihat punya setup kamera berbeda, serupa Pixel 5 series.

Selain foto Pixel 4a warna hitam, ia juga memberikan beberapa foto unit berwarna putih yang diduga adalah Pixel 4a XL, dengan dimensi lebih besar dan setup kamera yang sepertinya memiliki lebih dari satu sensor kamera. Keduanya menggunakan material plastik doff dengan tombol-tombol yang juga plastik. Dari yang awalnya tanggal 22 Mei, informasi terbaru menyebut jika Pixel 4a akan dirilis mundur ke 5 Juni 2020.

Jika memang benar harganya lebih murah, Pixel 4a tak hanya akan menarik konsumen yang awalnya menginginkan iPhone SE (2020), namun juga smartphone kelas menengah lainnya, sebut saja Samsung Galaxy A51. Meski secara spesifikasi tak ada yang wow, Google dikenal optimal dalam hal berikan pengalaman penggunaan yang prima, lewat perangkat lunak yang dibuat sempurna meski gunakan hardware yang tak bisa dibanggakan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.