Google Pixel 5a Bakal Rilis 26 Agustus, Berikut Bocoran Spesifikasinya

Jakarta, Gizmologi – Menjadi salah satu smartphone flagship yang paling dinanti tiap tahunnya, Google sudah meresmikan waktu peluncuran perangkat terbaiknya, Google Pixel 6 pada musim gugur mendatang. Hadir sebagai opsi yang benar-benar premium, konsumen juga menantikan opsi terjangkaunya. Kabarnya, Pixel 5a akan diperkenalkan lebih dulu dalam waktu dekat.

Terhitung sudah ada dua generasi Google Pixel versi terjangkau yang cukup populer secara global. Bukan tanpa alasan, lewat Pixel 3a & Pixel 4a, Google bisa berikan kualitas kamera yang hampir sepenuhnya setara dengan versi mahal, dan konsumen tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pixel 5a pun dirumorkan bakal dibanderol terjangkau.

Baca juga: Google Beberkan Tampilan Pixel 6 Series, Pakai Cip “Tensor” Bikinan Sendiri

Sebelumnya, muncul rumor bila pengembangan dari Google Pixel 5a 5G telah dibatalkan. Menariknya, pihak resmi Google secara langsung membantah rumor tersebut, bahkan berikan informasi lebih dalam tanggapannya. Diinformasikan bila Pixel 5a bakal diluncurkan tahun ini, dengan waktu yang kurang lebih sama seperti generasi sebelumnya, yaitu di bulan Agustus.

Pixel 5a Dipastikan Bakal Rilis di AS & Jepang

Google Pixel 5a

Rumor tersebut bermunculan ketika seorang YouTuber mengunggah sebuah video, di mana ia mengatakan bila Pixel 5a batal produksi akibat stok chipset yang terbatas. Kemudian perwakilan dari Google melakukan konfirmasi kepada pihak 9to5Google, melakukan klarifikasi sekaligus konfirmasi ketersediaan setidaknya di dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Jepang.

Dikutip dari laman FrontPageTech, Google Pixel 5a diperkirakan bakal dijual dengan harga USD450, atau sekitar Rp6,4 jutaan. Keterbatasan negara diperkirakan karena dua hal. Yang pertama, toko resmi Google memang tidak tersedia di banyak negara. Sementara faktor kedua adalah terkait spesifikasi yang diusungnya.

Seperti yang kita tahu, baru pada tahun ini, Google benar-benar maksimal dalam membawa spesifikasi di atas kertas lewat Google Pixel 6 series. Tahun lalu, Google Pixel 5 hadir dengan spesifikasi yang bisa dibilang medioker. Tampil dengan bodi plastik standar, dengan setup dua kamera tanpa sensor telefoto.

Begitu pula dengan Pixel 5a. Bila harga yang dirumorkan sudah benar, tentu smartphone ini bakal kalah saing dengan perangkat di harga yang sama dari vendor lain. Xiaomi, misalnya, dengan Mi 10T series yang sudah membawa chipset Qualcomm seri flagship.

Bocoran Spesifikasi Google Pixel 5a

Google Pixel 5a

Lantas bagaimana dengan spesifikasi yang akan dibawa oleh Pixel 5a? Peningkatan yang dibawa dari seri sebelumnya cukup banyak. Untuk bagian layarnya sendiri, dikabarkan ukurannya bakal jauh lebih besar, mencapai 6,4 inci. Tak lagi menjadi pilihan smartphone Android kompak dengan kamera terbaik.

Chipset-nya sendiri bakal gunakan Snapdragon 765, alias setara Pixel 5 dan sudah mendukung jaringan 5G tentunya. Kapasitas RAM diperbesar menjadi 6GB, sementara penyimpanan internalnya belum diketahui.

Bila seri Pixel sebelumnya tak pernah memiliki baterai besar, ‘tren’ tersebut bakal berubah tahun ini. Pixel 5a konon bakal membawa baterai 4,650 mAh, jauh lebih besar dari seri sebelumnya. Dan karena ini seri terjangkau, tentu belum mendukung wireless charging.

Selain chipset, setup kameranya pun juga bakal sama dengan Pixel 5, lengkap dengan sertifikasi tahan air dan debu IP67, plus kehadiran jack audio 3,5mm. Untuk opsi warna, hanya akan ada satu saja, yaitu Mostly Black. Kita nantikan saja kebenaran rumor ini dalam beberapa pekan ke depan ya!

Tinggalkan komen