Samsung Galaxy F22, Rp2 Jutaan dengan AMOLED & Baterai 6,000 mAh

Bukan Samsung namanya kalau tidak merilis produk dengan spesifikasi mirip-mirip, hadir dalam 2 – 3 varian yang berbeda. Alasannya sih umumnya agar bisa berikan pilihan yang benar-benar tepat bagi konsumen, dan biasanya punya metode penjualan berbeda. Kali ini, Samsung India baru saja meresmikan seri Galaxy F22.

Ya, kalau di Indonesia lebih dikenal dengan Galaxy M, India mengambil keputusan berbeda dan rilis produk dengan baterai besar lewat seri Galaxy F. Target utama seri tersebut adalah para Gen Z hingga milenial yang masih muda, di mana mereka kebanyakan mencari smartphone dengan fitur all-rounder, alias merata pada berbagai aspek.

Arief Mohamad, Senior Director untuk perangkat mobile, Flipkart mengatakan bila saat ini pihaknya telah melihat perbedaan kebiasaan konsumen dalam menggunakan smartphone, di mana konsumsi video telah meningkat tajam. “Dengan layar sAMOLED, Galaxy F22 bisa tingkatkan UX, terutama mereka yang gunakan smartphone untuk keperluan belajar hingga profesional.”

Baca juga: Samsung Galaxy A22 LTE Bawa Layar AMOLED & OIS, Harga Rp2,999 Juta

Sesuai dengan namanya, bisa ditebak bila Samsung Galaxy F22 punya spesifikasi yang sangat mirip Galaxy A22, sudah tersedia resmi di Tanah Air. Hanya saja diberikan penyesuaian sana-sini, yaitu pada bagian layar serta baterainya. Meski tampilan sama, dimensinya berbeda, dibuat lebih tebal untuk kapasitas daya lebih besar.

Keunggulan Spesifikasi Samsung Galaxy F22

Samsung Galaxy F22

Mengusung desain Infinity-U untuk menyimpan kamera depannya, smartphone murah Samsung satu ini sudah gunakan panel Super AMOLED, dengan luas 6,4 inci. Resolusinya memang masih HD+, namun Samsung meningkatkan layar tersebut dengan refresh rate 90Hz, diklaim paling superior di kelasnya.

Tak hanya itu, terdapat mode High Brightness di mana layarnya dapat menyala cerah hingga 600 nits. Untuk proteksi tahan gores, diberikan lapisan Gorilla Glass 5. Kualitas audio-nya sendiri ditingkatkan secara software berkat dukungan Dolby Atmos. Membuat Galaxy F22 sangat cocok sebagai perangkat konsumsi multimedia.

Peningkatan kedua yang dibawa adalah kapasitas baterainya. Kalau seri A22 usung baterai 5,000 mAh, Galaxy F22 lebih besar di 6,000 mAh, diklaim bisa memutar video hingga 25 jam non-stop. Pengisian dayanya sendiri sudah mendukung fast charging 25 watt, meski adapter bawaan ‘hanya’ 15 watt, lewat port USB-C.

Lainnya Mirip Seperti Galaxy A22

Samsung Galaxy F22

Sisanya kurang lebih sama. Samsung menunjuk chipset MediaTek Helio G80 12nm yang dikenal sebagai cip gaming kelas entri. Selain opsi memori 6/128GB, Galaxy F22 memiliki opsi yang lebih sederhana di 4/64GB, untuk harga jual lebih murah. Kamera belakangnya sendiri tetap memiliki total empat sensor.

Sensor utamanya adalah Samsung ISOCELL GM2, beresolusi 48MP dan sudah mendukung teknologi ISOCELL Plus. Sementara sisanya adalah sensor 8MP ultra wide-angle, 2MP makro serta 2MP sebagai depth sensor. Konsumen diberikan pilihan mode kamera seperti hyperlapse, slow motion sampai mode profesional.

Kamera depannya sendiri beresolusi 13MP. Oh ya, walaupun sudah gunakan panel AMOLED, sensor sidik jari tetap terletak pada samping kanan bodi, menyatu dengan tombol power. Samsung Galaxy F22 telah menjalankan Android 11 dengan tampilan antarmuka One UI 3.1.

Harga Samsung Galaxy F22 di India

Samsung Galaxy F22

Hadir dalam opsi warna Denim Blue dan Denim Black, Samsung berikan sentuhan tekstur bergaris sebagai pembeda dengan saudara kembarnya. Smartphone Samsung terbaru ini bakal dijual lebih dulu di India mulai 13 Juli mendatang, lewat situs daring resmi Samsung, Flipkart serta beberapa ritel resminya.

Untuk masing-masing varian memori 4/64GB & 6/128GB, harga yang ditawarkan adalah INR12,499 & INR14,499, alias Rp2,4 jutaan & Rp2,8 jutaan. Bisa saja, smartphone ini bakal hadir di Tanah Air dengan penamaan lain, mengingat rumor ketersediaan Galaxy M22 sudah muncul sejak beberapa pekan lalu. Kita nantikan saja ya.

Tinggalkan komen