Samsung Kembangkan Layanan VoNR untuk Jaringan 5G

Jakarta, Gizmologi – Samsung mengumumkan sedang mengembang teknologi baru, yakni VoNR (Voice over New Radio). Lewat teknologi ini akan menjadi solusi panggilan suara yang lebih jernih pada jaringan 5G.

Teknologi VoNR bekerja seperti VoLTE (Voice over LTE) yang ada di jaringan 4G. Sehingga memungkinkan pengguna untuk mempertahankan kualitas panggilan suara dan layanan data tanpa perlu berpindah antar jaringan.

“Terkadang jaringan yang digunakan akan turun ke 3G atau 2G ketika perangkat melakukan panggilan suara. Meskipun koneksi utama perangkat ada di jaringan 5G, koneksi akan turun ke layanan 4G saat melakukan panggilan telepon,” kata Jonghan Kim, Wakil Presiden System LSI Business Samsung Electronics, seperti dikutip dari Samsung Newsroom, Rabu (6/10/2021).

Lewat teknologi VoNR, perangkat akan mengunci jaringan 5G ketika sedang melakukan panggilan suara. Sehingga, pengguna tetap dapat menikmati kecepatan 5G saat memainkan game berperforma tinggi atau streaming video berkualitas tinggi bahkan saat sedang menelepon.

Peningkatan Layanan VoLTE

Samsung VoNR

Solusi VoNR Samsung mencakup teknologi utama seperti IP Multimedia Subsystem (IMS), Quality of Service (QoS), dan handover. Teknologi ini rencananya juga akan disematkan dalam system on chip (SOC) 5G buatan Samsung, sehingga bisa mendukung operator seluler di seluruh dunia.

“Dengan peningkatan pengguna smartphone 5G, ada permintaan yang tinggi untuk beberapa teknologi dan layanan 5G. Kami akan terus memberikan teknologi komunikasi mobile generasi mutakhir, termasuk dukungan layanan VoNR, yang akan menyatukan pengguna lebih cepat,” jelasnya.

Selain itu, Samsung juga mengembangkan QoS system yang yang bertugas mengelola lalu lintas data untuk mengurangi pakcet loss, latensi, dan jitter pada jaringan. QoS system menganalisis aliran data secara real-time dan kemudian memprioritaskan layanan utnuk panggilan suara yang lebih stabil.

Rencananya Samsung akan melakukan uji coba penerapan 5G VoNR dengan operator seluler yang ada di Singapura. Hal tersebut dilakukan sebelum menyelenggarakan solusi VoNR terintegrasi secara komersial untuk pertama kalinya.

Tinggalkan komen