Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme 6i Debut di Myanmar, Andalkan Chipset Helio G80

0 3.310

Melalui sebuah acara yang dilangsungkan di Myanmar, realme memperkenalkan ponsel ketiga dalam lini realme 6 series, kali ini menjadi yang termurah. realme 6i hadir sebagai suksesor dari realme 5i, usung chipset MediaTek terbaru dan empat kamera utama.

Di Indonesia sendiri, realme 5i baru saja diluncurkan pada awal tahun 2020, alias baru tiga bulan sebelum realme kembali merilis suksesornya. Apa saja peningkatan yang dihadirkan oleh produsen ponsel yang tergabung dalam BBK Electronics ini?

Fitur & Spesifikasi realme 6i

varian warna realme 6i

Dilihat dari desainnya, realme 6i terlihat cukup identik dengan generasi sebelumnya, namun dengan satu sentuhan yang menarik. Kalau realme 5i menggunakan Sunrise Design dengan finishing doff, bagian bodi belakang realme 6i usung gaya desain baru, “Master Design” langsung dari Naoto Fukasawa. Sebelumnya, Naoto turut mendesain edisi terbatas dari realme X, dan realme X2 Pro Master Edition. Sedikit mengejutkan bila ia kali ini mendesain salah satu ponsel terjangkau dari realme.

Dan masih sama seperti pendahulunya, realme 6i masih menggunakan mini-drop notch untuk meletakkan kamera depannya. Sensor sidik jari juga masih terletak di bodi belakang, tidak menyatu dengan tombol power seperti kedua saudaranya. Layarnya berdimensi 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan rasio layar ke bodi sebesar 89,8%.

Yang menarik, realme 6i akan menjadi ponsel pertama di dunia yang menggunakan chipset Helio G80 dari MediaTek. Chipset tersebut baru diperkenalkan bulan Februari lalu, yang secara umum serupa dengan Helio G70, kecuali frekuensi CPU dan GPU lebih tinggi. Helio G70 sendiri bisa dijumpai di realme C3, dan saat kami ulas ponsel itu kemarin, performanya terasa cukup gegas. Sehingga keputusan realme untuk menggunakan Helio G80 di realme 6i cukup pas, dengan klaim skor Antutu lebih dari 200 ribu.

Baca juga: Review realme C3: Entry Level Spesial dengan Tiga Kamera

Di bagian belakang, terdapat empat kamera dengan sensor utama 48MP, ditemani kamera ultra wide-angle 119 derajat, kamera potret B&W, dan kamera makro 4cm. Kamera depan 16MP di depan punya bukaan f/2.0 dan dilengkapi fitur AI Beauty. realme 6i sudah menjalankan realme UI berbasis Android 10.

Kapasitas baterai besar 5000 mAh masih dibawa dari realme 5i. Tetapi pengguna tak perlu lagi menunggu lama saat isi daya, mengingat realme 6i kini sudah mendukung fast charging hingga 18 watt melalui port USB-C. Sebelumnya, realme 5i hanya mendukung pengecasan 10 watt lewat port micro-USB.

Harga realme 6i di Myanmar

harga dan spesifikasi realme 6i

realme 6i mulai bisa dibeli secara pre-order di Myanmar hingga 26 Maret 2020 mendatang, tersedia dalam dua opsi warna; Milke White & Green Tea. realme 6i dengan memori 3GB+64GB dijual seharga KS 249,900 (Rp2,65 jutaan), sedangkan opsi 4GB+128GB dibanderol seharga KS 299,900 (Rp3,1 jutaan).

Jika dilihat secara harga, realme 6i nampaknya ikut naik kelas, sama seperti realme 6 yang menggantikan realme 5 Pro, dan realme 6 Pro menggantikan realme XT. Belum ada informasi apakah ponsel ini juga ikut dirilis resmi di Indonesia nantinya. Menurut Gizmo lovers, apakah pembaruannya dirilis terlalu cepat?


Beli smartphone realme di:

Shopee.co.id Lazada.co.id Bli bli.com ERASPACE JD.ID