Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dapur Pacu Snapdragon 855 Bikin Performa OPPO Reno 10x Zoom Ngebut!

Dalam waktu dekat, produk terbaru OPPO Reno 10x Zoom akan segera diluncurkan di Indonesia. Sesuai namanya, perangkat yang diperkuat dengan Snapdragon 855 ini hadir dengan teknologi pencitraan fotografi”10x Hybrid Zoom”.

OPPO merancang Reno 10x Zoom untuk menjadi perangkat dengan kualitas kamera mumpuni, baik untuk memotret maupun merekam video 4K HDR. Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, mengatakan bahwa banyak sekali fitur unggulan di ponsel ini.

Selain kinerja kamera yang handal, OPPO Reno 10x Zoom  sudah menggunakan VOOC 3.0 untuk pengisian daya baterai yang lebih cepat 20% dibanding pendahulunya. Di mana untuk mengisi daya baterai 4.000 mAh hingga penuh, waktu yang dibutuhkan hanya 80 menit.

“Smartphone ini menggunakan antarmuka ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie yang kinerjanya meningkat 45% dibanding ColorOS 5.2.  Selain itu, OPPO Reno 10x Zoom juga memanjakan gamers berkat teknologi hyperboost 2.0. Ada tiga fitur unggulan yang dihadirkan, yaitu GameBoost, TouchBoost, dan FrameBoost,” ujar Aryo, saat jumpa pers di Jakarta Selatan (3/5/2019).

Dan yang tak kalah penting,  dapur pacunya menggunakan Snapdragon 855. Ini adalah prosesor tertinggi yang saat ini dimiliki Qualcomm. Di mana saat ini Oppo Reno menjadi perangkat pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor tersebut.
Baca juga: Chipset Terbaru Qualcomm Ini Perkuat Smartphone Flagship Premium dengan AI Engine

Teknologi Qualcomm Snapdragon 855 di OPPO Reno

OPPo Reno 10x Zoom Snapdragon 855

Dominukus Susanto, Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, mengungkapkan bahwa Snapdragon 855 menggunakan arsitektur chip baru yang dibangun di atas teknologi proses 7nm terkemuka, Qualcomm Kryo 485 CPU. Teknologi anyar ini memberikan peningkatan kinerja hingga 45% dibandingkan Snapdragon 845. Qualcomm Adreno 640 GPU juga memberikan rendering grafis hingga 20 persen lebih cepat.

Selain itu, Snapdragon 855 telah mendukung multi-gigabit 5G (di mana salah satu varian Reno juga telah mendukung 5G), diperkuat teknologi AI terdepan dan  immersive extended reality(XR) yang mengantarkan pada era baru perangkat mobile yang revolusioner.

Related Posts
1 daripada 270

“Snapdragon 855 adalah lompatan signifikan dari platform mobile yang dikembangkan Qualcomm. Platform ini menyajikan kinerja yang hebat untuk mendukung fitur kamera, audio, dan game karena dilengkapi dengan Qualcomm®AI Engine generasi ke-4, sehingga menawarkan pengalaman yang cerdas, cepat, dan kaya keamanan. Prosesor ini juga mendukung daya tahan baterai tahan lama, yang merupakan aspek paling penting bagi pengguna OPPO,” kata Susanto.

Memaksimalkan Kemampuan Kamera

Sesuai dengan namanya, fitur paling penting di ponsel ini adalah kamera. Dengan kehadiran ISP (Image Signal Processor) di Snapdragon 855, OPPO Reno 10x Zoom dapat meningkatkan hasil foto pada kondisi rendah cahaya atau mempertajam foto yang buram. Perangkat ini menggunakan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi skenario yang berbeda, mengubah gambar buram menjadi foto yang tajam, dan benar-benar menangkap setiap detail foto.

Tak hanya foto saja, namun untuk membuat konten video juga semakin dimanjakan berkat Snapdragon 855. Karena dapat menangkap video sinematik yang mencapai frame rate maksimal hingga 60fps. Chipset Snapdragon 855 di ponsel ini memakai computer vision image signal processor (CV-ISP) Qualcomm Spectra380 yang pertama di dunia.

Prosesor gambar ini diklaim berguna untuk mengaktifkan fitur fotografi dan pengambilan video paling canggih. Asyiknya lagi, kamu bisa merekam video 4K HDR dengan mode portrait untuk diunggah di IGTV dan lainnya. Video-video ini dapat menghasilkan latar belakang bokeh yang lembut.

Agar dapat menyimpan konten secara efisien, Snapdragon 855 menambahkan akselerasi perangkat keras dengan pengkodean format file HEIF, sehingga mengurangi ukuran file hingga 50% dibandingkan dengan Snapdragon 845. Oleh karena itu, konsumen dapat berbagi video pada platform media sosial favorit mereka jauh lebih cepat.

Ketersediaan Perangkat

Kapan OPPO Reno 10x Zoom tersedia di pasar Indonesia? Sayangnya pihak OPPO belum memberikan jawaban pasti. Aryo Meidianto hanya memberikan perkiraan bahwa ponsel ini akan dirilis dalam waktu dekat, kemungkinan setelah lebaran. Jadi, tunggu saja ya.