Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Snapdragon 855 Perkuat Smartphone Flagship Premium dengan Qualcomm AI Engine

Kecerdasan buatan atau lebih populer dengan sebutan Artificial Intelligence menjadi fokus pengembangan dari banyak perusahaan teknologi. Tak terkecuali tentu saja adalah Qualcomm. Belum lama ini, perusahaan semikondukter yang berbasis di San Diego, Amerika Serikat, tersebut meluncurkan Qualcomm AI Engine versi baru.

Teknologi Qualcomm AI Engine generasi ke-4 ini menjadi salah satu fitur anyar di Snapdragon 855 yang telah diluncurkan pada Desember 2018. Mesin tersebut menawarkan peningkatan kinerja AI 3x dibandingkan generasi sebelumnya dan lebih dari 2x kinerja AI premium dari pesaing. Kini Qualcomm AI Engine multicore tersebut telah siap mendukung fitur-fitur AI pada smartphone tingkat premium.

Kinerja Qualcomm AI Engine (sumber: Ubergizmo)
Kinerja Qualcomm AI Engine (sumber: Ubergizmo)

Keberadaan AI akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal on-device AI untuk suara, kamera, dan AR. Inovasi dari para EOM, vendor perangkat lunak independen (ISW) dan perusahaan komputasi awan pun terdorong didukung oleh mesin AI tersebut.

Fitur-fitur Qualcomm AI Engine

Qualcomm AI Engine memiliki fitur baru yang mencakup Hexagon Tensor Accelerator (HTA) untuk pemrosesan AI khusus dan empat Hexagon Vector eXtensions (HVX). Pemrosesan vector dari generasi sebelumnya pun telah digandakan pada engine baru ini. Selain itu tersedia pula kombinasi untuk memadukan percepatan AI khusus yang kuat dan bisa diprogram.

Baru-baru ini, para produsen smartphone seperti LG, OPPO, Samsung, Sony dan Xiaomi telah meluncurkan smartphone flagship yang memakai Snapdragon 855.

Jajaran smartphone tersebut memanfaatkan AI Engine pada chipset untuk menghadirkan fitur AI. Smartphone LG G8 dan V50 contohnya yang mengintegrasikan fitur AI dengan Google Lens pada kameranya. Integrasi tersebut dilakukan memakai Google NN API dan Qualcomm® Hexagon™ Vector Processor di Qualcomm AI Engine.

Kecepatan Google Lens mengenali dan mendapatkan konteks di pratinjau kamera hampir empat kali lebih cepat daripada CPU.

Related Posts
1 daripada 40

Fitur AI tambahan lainnya mencakup autentikasi wajah 3D, deteksi pemandangan, kamera tunggal dan kamera ganda bokeh, resolusi super dan lain-lain. Foto dan video dengan kualitas tinggi pun dihasilkan oleh peningkatan fotografi komputasional menggunakan AI. Demikian juga pada pemrosesan efek secara real-time yang lebih alami dan mudah.

Kolaborator Qualcomm AI Engine dan OEM Smartphone

Snapdragon 855 adalah platform seluler yang menyediakan on-device AI yang telah dioptimalkan. AI tersebut juga menawarkan rangkaian perangkat lunak yang luas dan neural network framework.Jadi tak heran jika pengembang memilih Snapdragon 855 untuk memicu batas kinerja AI pada perangkat. Mereka pun memberikan fitur AI baru yang inovatif dan aplikasi pada smartphone flagship besutannya.

“Strategi produk AI Qualcomm yang beragam terbukti valid dengan banyaknya jumlah OEM seluler dan kolaborator sistem yang memakai Qualcomm AI Engine generasi ke-4 di Snapdragon 855,” ucap Gary Brotman, Senior Director of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Qualcomm Snapdragon 855 (sumber: Ubergizmo)
Qualcomm Snapdragon 855 (sumber: Ubergizmo)

Qualcomm AI Engine ini banyak dikembangkan oleh kolaborator di berbagai bidang, sehingga mengoptimalkan algoritma untuk memperkuat fitur-fitur AI. Fitur tersebut mencakup bokeh, pemrosesan bahasa alami, resolusi super, segmentasi video real-time, single-mic noise suppression dan terjemahan.

Daftar kolaborator perangkat lunak AI berdasar bidangnya adalah sebagai berikut:

  • Audio/Ultrasound: AISpeech, Elevoc, Elliptic Labs, iFlytek
  • Augmented Reality: NetEase, Sensetime
  • Kamera: AnyVision, ArcSoft, Face++. Loom.ai, Nalbi, Polarr. Inc., Thundercomm,
    Uncanny Vision
  • Otomotif: Cogent Embedded Technology, Jungo, PathPartner Technologies,
    ZongMu
  • Terjemahan: Youdao

Banyaknya jumlah kolaborator ini tentunya akan memberikan manfaat lebih bagi para OEM.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More