alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Xperia Ace 2, Smartphone Kecil Tahan Air Harga Rp2 Jutaan

Gizmo friends masih ingat dengan Sony Mobile Indonesia? Ya, salah satu merek smartphone yang memutuskan untuk mundur dari kompetisi di Tanah Air tersebut sudah cukup lama tinggalkan konsumennya, terhitung 5 tahun sejak 2016. Namun tak membuat semangatnya padam di negara lain, di mana baru saja meluncurkan Xperia Ace 2.

Ya, terhitung sejak 2016, secara resmi Xperia yang diluncurkan global tidak hadir di Indonesia. Beberapa tahun setelahnya hanya layanan perbaikan saja yang masih tersedia, dan hingga kini tak ada tanda-tanda niatan bakal kembali. Meski beberapa produk terbarunya, termasuk Xperia 1 III, cukup unggul dalam sektor kamera.

Selain kamera, keunggulan yang paling melekat pada seri Xperia adalah desainnya yang kompak serta sertifikasi tahan air. Kini selain Xperia 5 III, Sony Mobile hadirkan penawaran yang jauh lebih murah. Mendekati kelas entri, Xperia Ace 2 masih dirancang tahan air dengan dimensi jauh lebih kecil.

Baca juga: Sony Xperia 10 III, Smartphone 5G Tahan Air dengan Snapdragon 690

Spesifikasi Sony Xperia Ace 2

Sony Xperia Ace 2

Gabungkan rancangan desain baru serta lawas, Xperia Ace 2 tidak mengusung rasio layar lebar 21:9 layaknya seri-seri terdahulu. Positifnya, bodi smartphone ini bisa dibuat sangat kecil untuk standar 2021—hanya 140 x 69 x 8,9mm, dengan berat ringan di 159 gram. Hadir gunakan permukaan matte dengan sudut lebih mengotak yang lagi-lagi membawa ciri khas.

Setup kameranya sederhana di bagian belakang, sementara sensor sidik jari menyatu dengan tombol power. Di bagian depan, bezel bawahnya sedikit tebal dan tergolong sangat wajar untuk seri entri. Dimensinya? Sangat kecil, hanya 5,5 inci. Resolusinya pun pas di HD+, gunakan panel IPS dan telah terlapisi Gorilla Glass 6.

Kalau layarnya dibuat tahan goresan, bodi Xperia Ace 2 juga telah kantongi sertifikasi IP68, yang artinya bisa tahan hingga kedalaman air 1,5 meter. Karena kelas entri, yang disederhanakan adalah seri chipsetnya. Gunakan MediaTek Helio P35 dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Spesifikasi yang juga serupa dengan seri OPPO A15s.

Selain adanya sensor NFC untuk metode pembayaran digital, setup kamera belakangnya hanya punya sensor utama 13MP, ditemani sensor sekunder sebagai penghasil efek potret 2MP. Sementara kamera depannya beresolusi 8MP, memiliki desain waterdrop layaknya vivo V21 5G. Sony juga berikan kelengkapan lain seperti slot kartu microSD hingga jack audio 3,5mm.

Bila prosesornya kurang garang, yang cukup mencengangkan adalah kapasitas baterainya, mencapai 4,500 mAh. Untuk ukuran smartphone 5,5 inci yang punya konektivitas lengkap, cukup hebat bagi Sony yang dapat menyematkan baterai besar ke dalam bodinya. Sayangnya, tak ada informasi terkait dukungan pengisian dayanya, apakah sudah fast charging atau tidak.

Dijual 28 Mei, Harga Xperia Ace 2 Rp2 Jutaan

Sony Xperia Ace 2

Sudah menjalankan Android 11 dengan tampilan antarmuka khas Sony yang tak banyak kustomisasi, Xperia Ace 2 bakal mulai tersedia di Jepang mulai 28 Mei mendatang. Dalam penjualannya, Sony menggandeng operator lokal Docomo, terlihat tercetak di bodi belakangnya.

Hadir dalam tiga opsi warna (hitam, biru & putih), harganya mencapai 22,000 JPY, atau sekitar Rp2,8 jutaan. Andai saja hadir di Tanah Air, bakal sangat cocok untuk smartphone sekunder atas desainnya yang kecil namun tetap tahan air.

Tinggalkan komen