alexa

Tecno Phantom X, Flagship dengan Layar 3D Curved & Kamera 50MP

Jakarta, Gizmologi – Mungkin masih belum banyak yang familiar akan merek smartphone yang satu ini. Lebih banyak memproduksi perangkat harga kelas terjangkau hingga menengah, siapa sangka bila Tecno Mobile juga punya lini flagship khusus. Baru saja rilis seri terbaru, yaitu Tecno Phantom X dengan desain & kamera unggul.

Tecno Mobile sendiri adalah satu dari beberapa merek yang berada di bawah induk perusahaan yaitu Transsion Holdings, di mana selain Tecno, ada beberapa merek seperti Itel dan Infinix. Merek yang disebut kedua memang tak kalah dalam hal berinovasi, namun sepertinya Tecno juga ingin menyusul dengan produknya sendiri.

Seri Phantom sendiri sebelumnya pertama kali rilis pada 2019. Saat itu, Tecno Phantom 9 hadir membawa inovasi ke kelas harga terjangkau, membawa in-display fingerprint sensor serta setup tiga kamera belakang. Menjadi generasi penerus, Tecno Phantom X juga membawa unggulan yang kurang lebih sama, diperbarui agar lebih kompetitif di 2021.

Baca juga: Review TECNO Spark 7 Pro: Tampil Beda, Unggulkan Tiga Kamera

Spesifikasi Unggulan Tecno Phantom X

Tecno Phantom X

Secara desain, smartphone flagship Tecno satu ini punya desain bodi belakang cukup tegas. Modul kamera diletakkan di tengah, sementara back cover terbuat dari kaca Gorilla Glass 5 dengan lapisan matte. Kalau sisi samping bodi belakang punya lengkungan sudut 36,5 derajat, layar depannya justru lebih ekstrim.

Ya, Tecno membuat layar AMOLED di depan melengkung supaya terlihat jauh lebih mewah. Dimensinya sendiri 6,7 inci, beresolusi full HD+ dan sudah pakai refresh rate 90Hz. Sensor sidik jari under display juga diperbarui agar pembacaan terjadi lebih instan. Sementara dua kamera depan berbentuk punch-hole diletakkan pada bagian atas kiri, punya fungsi berbeda.

Sensor utama kamera depan Tecno Phantom X punya resolusi sangat tinggi, mencapai 48MP. Sementara di sebelahnya, disiapkan sensor 8MP ultra wide-angle untuk penangkapan sudut jauh lebih luas. Di belakang, terdapat tiga sensor kamera yang secara spesifikasi juga cukup menarik.

Tecno Phantom X

Sensor utamanya beresolusi 50MP, dan tak hanya besar secara resolusi, namun juga secara dimensi fisik sensor di 1/1,3 inci. Dengan begitu, cahaya yang ditangkap bisa lebih banyak, hasilkan gambar lebih tajam. Untuk membantu proses pengambilan fokus, terdapat modul laser autofocus di sebelahnya.

Di bagian tengah, disematkan sensor ultra wide-angle 8MP dengan sudut pandang 120 derajat, sementara yang paling bawah adalah sensor telefoto, pertama di smartphone Tenco. Ditujukan khusus ambil foto potret, pembesaran 50mm (2x zoom) dengan resolusi 13MP memang bukan yang paling jauh. Ketiga sensor ini ditemani dengan quad LED flash—dual LED flash juga disematkan di depan.

Tecno Phantom X Kalah Unggul dalam Hal Chipset

Tecno Phantom X

Kapasitas baterainya sendiri 4,700 mAh, mendukung 33W rapid charging yang diklaim bisa isi hingga 70% dalam waktu 30 menit. Yang paling terasa kurang flagship adalah chipset-nya, jalankan MediaTek Helio G95 12nm yang tergolong cip smartphone mid-range.

Dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB, setidaknya Tecno sematkan sistem pendingin khusus berupa vapor chamber pada bodi Tecno Phantom X. Diklaim dapat menurunkan panas pada rentang 3 – 5 derajat Celsius.

Pertama kali diperkenalkan pada awal Juni, Tecno Phantom X baru tersedia di awal Juli. Perdana di Nigeria, harganya mencapai NGN228,000. Bila dikonversikan, mencapai Rp7,9 jutaan.

Harga yang sangat premium untuk sebuah smartphone dengan cip Helio G95. Sepertinya memang perlu modal yang banyak untuk produksi desain material tinggi seperti layar lengkung AMOLED milik Tecno Phantom X.

Tinggalkan komen