Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Leica Tanam Investasi ke Light, Startup Inovator 16 Lensa Kamera L16

1 35

Masih ingat dengan kabar rencana penyematan sembilan kamera di belakang smartphone? Kepincut dengan inovasi tersebut, Leica, produsen kamera ternama Jerman telah melakukan investasi ke Light, startup penemu inovasi tersebut sekaligus lensa 16 pada produknya, kamera L16.

Leica Camera AG sudah bukan nama produsen yang asing di kalangan pencinta fotografi. Ia sudah memproduksi kamera, lensa, binokular dan produk lainnya sejak 1914. Leica bersama dengan SoftBank Vision Fund sama-sama melakukan investasi ke Light pada saat yang hampir bersamaan.

Perusahaan rintisan tersebut baru saja mengumumkan dana Series D senilai US$121 juta yang dipimpin oleh SoftBank. Leica turut menanamkan investasi ke Light, yang sayangnya jumlahnya tidak dipublikasikan ke khalayak, tulis petapixel.com.

“Pendanaan baru ini akan membuat Light dapat memperluas jangkauan platform fotonya melampaui fotografi konsumen, dengan mampu menjangkau sekuritas, robot, otomotif, udara dan aplikasi foto pada industri,” kata Light, yang bergerak di sektor fotografi komputansi ini.

Perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, AS ini, secara resmi mengkonfirmasikan bahwa ponsel pintar yang menggunakan Light akan dirilis tahun ini. Produk ini akan “memecahkan ekspektasi fotografi mobile,” kata Light.

Light Phone dengan 9 lensa kameraBaca juga: Wow! Light Siapkan 9 Lensa Kamera pada Smartphone

Leica mengatakan bermitra dengan Light akan membuat perusahaannya yang bisa dibilang tua bisa tetap relevan seiring dengan perkembangan fotografi.

“Merk Leica dibangun berdasarkan tradisi kepemimpinan teknologi yang panjang, ketepatan mesin dan ketrampilan,” kata Direktur Leica Dr. Andreas Kaufmann. “Sejak lahirnya kamera digital pertama kali pada 1996, Leica telah memasuki jalur evoluasi teknologi fotografi digital,” tambahnya.

“Dengan pesatnya perkembangan fotografi komputansi, bermitra dengan innovator pada Light memastikan Leica memperluas tradisi kesempurnaannya ke era fotografi komputansi,” imbuhnya tentang investasi ke Light ini.

Kabar akan munculnya smartphone dengan fitur buatan Light muncul pertama kali menurut tulisan dari The Washington Post. Dalam laporan tersebut Light akan membuat sembilan kamera pada sisi belakang ponsel pintar.

“Teknologi Light adalah sebuah penerangan, yang menunjukkan bahwa beberapa modul dasar kamera ukuran kecil yang dikombinasikan dengan perangkat lunak yang sangat kuat, bisa memproduksi gambar yang sanggup menyaingi foto yang diproduksi oleh kamera berharga mahal dan berbobot dan menambah ukuran,” kata CEO Light dan co-founder Dave Granna.