Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor: Samsung Galaxy Note 9 Akan Hadirkan Teknologi Bixby 2.0

0 221

Belum juga dirilis tetapi kembali muncul bocoran dari Samsung. Besar kemungkinan teknologi Bixby 2.0 alias artificial intelligence/AI atau kecerdasan buatan yang sudah di-upgrade akan dipakai pada Samsung Galaxy Note 9.

Gray G. Lee, kepala pusat AI di bawah Riset Samsung, mengatakan smartphone andalan berikutnya akan mengadopsi teknologi Bixby 2.0. Kepada The Korea Herald model ponsel pintar andalan berikutnya akan muncul pada pertengahan kedua tahun ini.

Meski tidak secara spesifik menyebut merk, ponsel pintar andalan berikutnya yang dimaksud adalah Samsung Galaxy Note 9 mengingat timeline berikutnya adalah Samsung Galaxy S10 yang belum akan dirilis setidaknya hingga Januari 2019.

Menurut Gray, teknologi Bixby 2.0 akan diperbaharui dengan bahasa alamiah yang lebih canggih, kemampuan merem suara yang lebih oke dan waktu respons yang lebih cepat. Samsung sendiri sedang mempersiapkan Galaxy Note 9 agar bisa dirilis ke pasaran Agustus mendatang, yang akan menjadi salah satu smartphone paling dinanti pada paruh kedua 2018 ini.

Guna meningkatkan platform dan teknologi AI miliknya, Samsung berencana memperluas sektor sumber daya manusianya yang mengambil spesialisasi pada AI hingga menjadi 1.000 orang, terus menciptakan fitur AI dan mempertimbangkan melakukan merger dan akuisisi pada firma yang juga bergerak pada bisnis AI, kata Lee.

“Divisi AI Samsung mempunyai lima arah: lebih ke pengguna, selalu belajar, selalu di samping pengguna, selalu membantu dan selalu aman,” kata Lee.

Samsung berencana menghubungkan total 14 juta unit produknya dengan teknologi Bixby pada tahun ini, lalu keseluruhan produknya pada 2020.

Bixby kini sedang menjalani pembaharuan menjadi versi 2.0. Foto oleh thetechdigit.com

Teknologi Bixby sendiri dikembangkan oleh Samsung Electronics yang mewakili pembaharuan terhadap S Voice, aplikasi asisten suara yang diperkenalkan pada 2012 melalui produknya, Galaxy S III.

Pada 20 Maret 2017, Samsung merilis secara resmi asisten digital menggunakan suara bernama Bixby berbarengan dengan Samsung Galaxy S8 dan S8+ saat acara Samsung Galaxy Unpacked 2017 pada 29 Maret 2017.

Teknologi Bixby mempunyai tiga fitur, yakni Bixby Vision, Bixby Voice dan Bixby Home.

Bixby Vision dibuat menjadi satu dengan aplikasi kamera pada produk Samsung dan dapat “melihat” apa yang dilihat oleh pengguna sebagai kamera augmented reality dimana fitur ini bisa mengidentifikasi obyek secara real time. Ia juga bisa menerjemahkan teks, membaca kode QR dan mengenali obyek khas suatu tempat.

Baca juga: Menangkap Pesona Bali Melalui Samsung Galaxy A6

Sedangkan dengan teknologi Bixby Vision, pengguna dapat menstimulasi Bixby dengan memanggilnya atau menekan tombol Bixby yang berlokasi di bawah volume. Lalu teknologi Bixby Home bisa ditemukan dengan menggeser ke kanan pada layar muka atau menekan Tombol Bixby secara cepat. Teknologi Biby Home berisikan daftar vertical apa saja yang bisa diinteraksikan dengan Bixby, seperti cuaca dan aktivitas kebugaran. Teknologi Bixby tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Korea dan Mandarin, demikian seperti dikutip dari Wikipedia.