Tips Mengoptimalkan Layar 120Hz Pada Smartphone, Main Gim Lebih Lancar!

Jakarta, Gizmologi – Dalam memilih smartphone yang cocok untuk kebutuhan masing-masing pengguna, ada beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan. Salah satu yang terpenting adalah teknologi layar, di mana bagian ini berinteraksi secara kontinyu dalam penggunaan sehari-hari.

Tentu tidak hanya sekadar punya dimensi besar saja, kualitas panel yang baik juga mampu tingkatkan kenyamanan penggunaan mulai dari sekadar akses media sosial sampai bermain gim. Salah satunya dengan memiliki refresh rate tinggi—sebuah fitur yang wajib dimiliki oleh smartphone flagship 2021.

Namun Gizmo friends tak perlu mengeluarkan budget terlalu banyak untuk mendapatkan sebuah smartphone gaming berkualitas dengan layar refresh rate 120Hz, karena realme Indonesia telah hadirkan realme 8i. Sebuah smartphone pertama di Indonesia yang kombinasikan teknologi 120Hz plus chipset gaming terbaik di kelasnya, dalam harga kurang dari Rp3 juta.

Baca juga: Review realme 8i: Pengalaman Layar 120Hz Untuk Lebih Banyak Orang

Sebagai technology trendsetter, realme terus mendorong kemungkinan-kemungkinan baru dengan hadirkan fitur flagship pada perangkat terjangkau. Berikut adalah tips untuk optimalkan teknologi layar refresh rate 120Hz yang ada di realme 8i, supaya bermain gim dan lainnya jadi lebih nyaman.

Aktifkan Mode High Refresh Rate

realme 8i

Tentu karena realme 8i membawa dukungan refresh rate tinggi, kamu ingin melihat semua konten yang ada di dalam layar dengan lebih halus dong. Secara default, smartphone ini gunakan pengaturan dalam mode auto yang bersifat adaptif. Tapi kalau mau lebih konsisten di 120Hz, bisa kok.

Yakni dengan masuk ke pengaturan “Screen refresh rate” dan ubah ke “High”. Dalam mode ini, maksimumnya tentu 120Hz, tapi layar dari realme 8i ini bersifat adaptif. Menyesuaikan konten, pergerakannya bisa serendah hanya 30Hz saja, dalam skenario seperti memutar video atau melihat gambar.

Tujuannya? Agar konsumsi daya tidak terus-terusan tinggi dengan me-refresh 120 frame tiap detik terus menerus. Tak semua smartphone di kelasnya memiliki refresh rate bersifat adaptif seperti ini, dan realme sudah memikirkannya agar pengguna bisa gunakan perangkat lebih lama.

Manfaatkan Fitur Game Toolkit

realme 8i - Game Toolkit

Menjadi smartphone gaming, tak hanya chipset-nya saja yang diunggulkan. realme 8i juga dilengkapi dengan Game Toolkit, sebuah fitur berbasis software yang bisa tingkatkan pengalaman bermain gim bebas gangguan.

Cara mengaksesnya sendiri sangat mudah. Ketika menjalankan gim yang mendukung, bakal muncul pintasan dari ujung layar. Lakukan gestur swipe, dan kamu bisa akses beberapa jalan pintas dan pengaturan khusus. Termasuk atur performa perangkat, yang juga bisa optimalkan respon sentuh layar.

realme 8i sendiri didukung dengan touch sampling rate hingga 180Hz. Bagian ini penting, karena selain tampilan yang halus, layar juga harus bisa merespon pergerakan jari tangan dengan instan dan akurat. Mampu menentukan kemenangan dalam sebuah gim, terutama kalau sudah bermain dalam regu atau tim.

Atur Tampilan Layar Sesuai Selera

Menjalankan realme UI 2.0 terbaru, kamu bisa lakukan personalisasi konten di layar realme 8i secara mudah. Salah satunya yakni mengganti bentuk font hingga ukurannya. Semakin kecil font dan ikon, semakin banyak teks yang bisa tampil dalam satu layar. Artinya? Lebih sedikit scrolling.

Nah, salah satu hambatan pada smartphone dengan layar konvensional adalah teks yang jadi blur ketika ukurannya kecil dan digulirkan dari atas ke bawah. Kehadiran refresh rate 120Hz di realme 8i tentu bisa menyelesaikan masalah ini, sehingga bebas ingin menyesuaikan ukuran teks sesuai selera, tanpa bikin pandangan buram.

Nyalakan Ultra Vision Engine

realme 8i - Video color enhancer

Selain cocok untuk main gim berkat layarnya yang responsif, layar 6,6 inci full HD+ milik realme 8i juga dilengkapi fitur ekstra yang umumnya ditemui pada seri flagship. Yakni O1 Ultra Vision Engine, mampu ubah konten film standar jadi lebih berkualitas.

Fitur tersebut mampu mengkonversi konten video SDR menjadi HDR menggunakan bantuan AI. Saturasi dan kontras bakal disesuaikan agar video terlihat lebih cerah dan jelas. Fitur ini bisa kamu akses pada menu Settings – Display & brightness.

Overall, realme 8i tak hanya berhasil berikan pengalaman layar 120Hz yang optimal di harga Rp2 jutaan, namun juga turut berikan fitur premium lainnya. Teknologi refresh rate tinggi nyatanya berikan banyak benefit, tak hanya ketika bermain gim, namun juga dalam skenario penggunaan lainnya sehari-hari.

Tinggalkan komen