Tips Memaksimalkan Layar OPPO A74 4G, Sudah Pakai AMOLED!

Sekali diluncurkan, OPPO Indonesia memutuskan untuk rilis smartphone kelas menengah mereka, OPPO A74 dalam dua varian berbeda. Masing-masing punya kelebihannya tersendiri, termasuk varian 4G-nya yang sedikit lebih murah. Pasalnya, layar OPPO A74 4G sudah gunakan panel AMOLED yang tentu sangat memanjakan mata penggunanya.

Sejatinya tidak hanya itu saja keunggulan OPPO A74 4G. OPPO mencoba untuk hadirkan perangkat serba bisa dalam balutan desain yang tipis dan ringan—khas smartphone OPPO mulai dari A series hingga Find series. Tanpa berikan kesan yang terlalu mencolok pun, perangkat terbaru satu ini juga dilengkapi fitur gaming khusus.

Selain desain, baterai hingga kemampuan kameranya, salah satu daya jual utamanya adalah tampilan depan, yang pengguna tatap sehari-hari. Ya, layar OPPO A74 4G memiliki kelebihan tersendiri, bahkan dibandingkan dengan versi 5G-nya. Berikut tips untuk memaksimalkan tampilannya agar jadi lebih kece.

Baca juga: Review OPPO A74: Alternatif Smartphone Rp3 Jutaan dengan Layar AMOLED

Atur Akurasi & Temperatur Warna Layar Sesuai Selera

OPPO A74 A74 5G

Sebelum membahasnya lebih jauh, perlu kamu ketahui bila layar OPPO A74 4G memiliki luar 6,43 inci, dengan panel AMOLED beresolusi full HD+. Bezel di keempat sisinya relatif tipis, dengan rasio layar ke bodi mencapai lebih dari 90%. Plus, kamera punch-hole di atas kiri yang dimensinya cukup kecil, supaya tak mengganggu konten yang ditampilkan.

Tak hanya tampil gonjreng atau berwarna, layar OPPO A74 4G juga memiliki akurasi warna tinggi. Kamu bisa memilih standar DCI-P3 untuk cakupan warna lebih luas (hingga 92%), atau standar sRGB 100% bagi yang inginkan warna lebih netral. Opsinya bisa kamu akses pada menu Settings – Display & brightness – More – Screen color mode.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengatur temperatur warna putih secara keseluruhan. Secara default sejatinya sudah pas alias cukup netral, tetapi kamu bebas menggeser slider di menu yang sama. Membuatnya lebih dingin atau kebiruan (cool) atau lebih hangat yang cenderung kuning (warm), sesuai selera masing-masing.

Mengaktifkan Fitur Always-on Display

layar OPPO A74 4G

Karena layar OPPO A74 4G sangat berkualitas, tentu tidak ada salahnya untuk memaksimalkan agar lebih fungsional dan nyaman dalam pandangan. Kelebihan panel AMOLED adalah kemampuannya untuk menyalakan porsi layar tertentu secara hemat, seperti menyalakan always-on display.

Bila opsi ini diaktifkan, layar OPPO A74 4G bakal tampilkan jam, tanggal, baterai dan notifikasi selama standby. Kamu juga dapat mengaturnya agar nyala di jam tertentu, atau mengaturnya ke mode “Power saving”, di mana jam akan hilang ketika perangkat berdiam dalam waktu cukup lama.

Dengan begitu, kamu tak perlu lagi menyentuh layar hanya untuk mengecek jam hingga notifikasi. Menghemat waktu agar bisa terus melanjutkan aktivitas lainnya sehari-hari.

Lebih Hemat Baterai dengan Mode Gelap

dark mode - layar OPPO A74 4G

Jenis panel AMOLED memungkinkan layar OPPO A74 4G tak perlu menyalakan piksel hanya untuk hasilkan warna hitam. Dengan begitu, ketika konten di layar didominasi warna hitam, bakalan lebih hemat konsumsi baterainya. Kamu bisa mengaktifkan dark mode bila ingin memaksimalkan baterai smartphone ini.

Masih berada di Settings – Display & brightness, Gizmo friends bisa langsung menekan tombol Dark untuk mengubah latar menjadi gelap. Tampilannya bakal terlihat lebih kontras, seolah menyatu dengan bezel dan kamera saking gelap pekatnya. OPPO juga berikan kustomisasi tambahan pada tombol bawahnya.

Kamu dapat mengatur seberapa gelap pekat latarnya (semakin pekat, semakin irit baterai tentunya), menyesuaikan wallpaper dan ikon, hingga mengubah aplikasi pihak ketiga menjadi gelap—khusus fitur ini, baru dalam tahap Beta, sehingga tak semua aplikasi bakal optimal ya.

Amankan Pandangan Mata dengan Eye Comfort

Selain memanjakan mata, layar OPPO A74 4G juga dirancang agar tetap aman untuk penggunaan dalam durasi yang lama. Teknologi eye care memungkinkan pengguna bisa memandangnya secara nyaman, berkat pengurangan emisi cahaya biru yang dapat berikan dampak kurang baik pada kesehatan mata.

Namun untuk hasil yang lebih optimal, ColorOS pada OPPO A74 juga berikan opsi Eye comfort. Fitur ini bisa dinyalakan secara terus menerus, atau diatur agar aktif dalam waktu tertentu—hanya di jam malam, misalnya. Sehingga menjelang jam tidur, layar akan tampil lebih hangat supaya tidak mengganggu kondisi tubuh yang siap beristirahat pada jam tersebut.

Tingkatkan Touch Sampling Rate Lewat Gaming Mode

OPPO A74

Meski refresh rate-nya masih 60Hz, layar OPPO A74 4G tetap dirancang agar responsif terhadap sentuhan. Nilai touch sampling rate menjadi penting, karena ini berkaitan dengan bagaimana layar merespon tiap sentuhan yang diberikan ke kaca layar smartphone.

OPPO A74 4G sendiri memiliki touch sampling rate sebesar 135Hz, yang berarti tiap detiknya layar akan mampu mendeteksi input sebanyak 135 kali. Namun ini dalam mode normal saja—dengan mode khusus, layar handphone OPPO satu ini bisa aktifkan touch sampling rate 180Hz.

Yaitu dengan mengakses mode gaming yang tersimpan pada Game Space. Ketika kamu menjalankan gim lewat aplikasi bawaan ColorOS satu ini, maka responsivitas layar akan otomatis ditingkatkan. Sehingga kamu bisa lebih kompetitif dalam bermain. Selamat bereksplorasi!

Tinggalkan komen