Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Menjajal Kemampuan Ultra Steady Video di OPPO Reno2

OPPO baru saja memperkenalkan seri baru Reno2 di Indonesia. Produk yang dibanderol dengan harga Rp7,999 juta tersebut memiliki fitur andalan Ultra Steady Video.

Fitur ini semakin menegaskan fokus OPPO yang tidak hanya di sektor fotografi, tetapi juga mulai concern di videografi.  Untuk menunjang penggunanya dalam mengabadikan momen, OPPO Reno2 dibekali dengan empat kamera belakang dan 1 kamera depan berbentuk sirip hiu.

Kamera utama resolusi 48MP dengan sensor Sony IMX 586 yang memiliki aperture f/1.7 dan telah dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization). Selanjutnya kamera kedua resolusi 8MP yang menjalakan fungsi hands sebagai lensa wide angle 123° dan lensa makro 2,5cm sekaligus.

Ketiga, lensa telefoto resolusi 13MP dengan aperture f/2.4. Lensa inilah yang bertugas untuk melakukan fungsi 5x hybrid zoom. Keempat, kamera monochrome 2MP yang bisa menghasilkan foto portrait ala retro dengan aperture f/2.4.

Fitur Ultra Steady Video

Akhirnya, OPPO berhasil mengembangkan smartphone yang proper untuk video. Semua smartphone yang ada kameranya memang bisa untuk merekam video. Tetapi yang menghasilkan kualitas gambar sinematik dan audio yang juga bermutu, masih sangat sedikit.

Biasanya fitur video tingkat lanjut ditemukan pada smartphone flagship yang harganya di atas Rp10 juta. OPPO Reno2 adalah salah satu di antaranya yang bahkan dibanderol dengan harga sangat terjangkau, hanya Rp7,999 juta.

Related Posts
1 daripada 220

Terutama bagi para vlogger atau content creators, fitur ultra steady ini sangat penting untuk menghasilkan konten video sinematik yang berkelas. Tidak ada lagi blur atau gambar goyang yang bikin mata pusing ketika menonton.

Ultra Steady Video membawa hasil video sangat jernih dan halus seperti memakai gimbal. Secara teknis, ultra steady merupakan paduan sensor giroskop 800mHz (dua kali dibanding ponsel pada umumnya), OIS dan EIS (Electronic Image Stabilization). Ultra Steady Video menggunakan lensa utama untuk bekerja . Kemudian menghasilkan video Full HD dengan frame rate 60fps.fitur ultra steady video di oppo reno2

Untuk membuktikan kemampuan fitur Ultra Steady di Reno2, OPPO Indonesia mengajak sejumlah jurnalis dan tech reviewer, termasuk Gizmologi, berkunjung ke kawasan Gunung Bromo.

Untuk mengaktifkan fitur ini, saat pengguna masuk di mode Video, menekan menu Ultra Steady yang berbentuk seperti ikon kamera bergetar di sebelah kiri jika posisi horizontal atau bagian atas jika posisi ponsel vertikal. Saat aktif, indikator menu akan berwarna kuning.

Dengan fitur ini, langsung memegang ponsel tanpa menggunakan gimbal (handheld), perekamana video akan tetap stabil. Bahkan ketika dicoba berlari, naik sepeda, hingga naik mobil jeep di jalan offroad seperti Pasir Berbisik di Bromo, hasilnya gambar video tetap smooth.

Video di bawah ini adalah salah satu contoh hasil video yang direkam menggunakan fitur Ultra Steady Video.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by mrbambang (@mrbambang) on