alexa

vivo Y21 Tampil Lebih Kece, Bawa Fitur Extended RAM dari Flagship

India, Gizmologi – Akhirnya ada smartphone terjangkau yang menarik, hadir dari vendor yang masih satu perusahaan induk dengan OPPO dan OnePlus. Ya, setelah sekian lama merilis perangkat dengan desain yang begitu-begitu saja, vivo akhirnya membawa penyegaran menyenangkan lewat seri kelas entri terbarunya, vivo Y21.

Sebelumnya, vivo telah memperbarui seri Y20 beberapa kali, di mana kebanyakan hanya sekadar berikan pembaruan minor, tampil dengan desain sama. Meski opsi warnanya selalu memikat, tentu butuh penyegaran agar tak monoton. Lewat smartphone vivo terbaru yang satu ini, konsumen bakal diberikan kesempatan untuk memegang smartphone mid-range mereka dalam harga jauh lebih terjangkau.

Baca juga: vivo Y12G Meluncur dengan Snapdragon 439 & Dua Kamera AI

Mengapa begitu? Lihat saja desain dari vivo Y21. Bodinya secara keseluruhan dibuat sangat mirip seperti vivo V21 5G, mulai dari modul kamera dengan (seolah) tiga kamera, opsi warna berpola, hingga bingkai samping dan bodi belakang yang dibuat benar-benar flat. Memiliki ketebalan hanya 8mm saja, dengan bobot 182 gram.

Desain vivo Y21 Dibuat Lebih Fresh

vivo Y21

vivo Y21 diluncurkan dalam dua opsi warna, yaitu Midnight Blue serta Diamond Glow. Bila warna pertama lebih kalem, warna kedua diberikan efek seolah seperti bongkahan berlian. Keduanya gunakan lapisan anti glare supaya tak mudah kotor. Sementara sensor sidik jarinya terletak di samping, jadi opsi utama selain menggunakan kamera depan lewat face unlock.

Yang belum diperbarui hanyalah tampilan layar depannya saja. Belum gunakan punch-hole, vivo Y21 masih hadir dengan desain waterdrop notch. Dimensinya cukup besar, mencapai 6,51 inci, dengan resolusi full HD+ plus perlindungan khusus agar mata tidak lelah meski memandangnya terlalu lama. Nampaknya sudah menjadi fitur wajib di smartphone Android terbaru.

Sebelumnya, disebutkan kalau kamera belakangnya terlihat seolah hanya tiga. Hal tersebut benar, karena sejatinya hanya ada dua sensor yang bekerja. Selain sensor utama 13MP f/2.2, terdapat sensor 2MP yang berfungsi untuk ambil foto objek jarak dekat. Namun jangan khawatir, mode portrait tetap tersedia lewat olah digital.

Baterai vivo Y21 Mendukung Fast Charging

vivo Y21

Kamera depannya sendiri beresolusi 8MP, dan vivo sematkan fitur beautify, panorama, live photo hingga mode profesional sekalipun. ­Lalu untuk urusan dapur pacu, dipercayakan chipset MediaTek Helio P35, alias wujud lain dari seri Helio G35. Dengan opsi penyimpanan internal 64/128GB, pengguna bisa memanfaatkan fitur Extended RAM, menambahkan 1GB pada RAM 4GB, sehingga total menjadi 5GB.

vivo juga berikan sistem pendingin berbasis hardware, meski vivo Y21 bukan smartphone khusus main gim. Sedikit tebal dari vivo V21, karena kapasitas baterai yang diusungnya lebih besar. Ya, vivo V21 gunakan baterai 5,000 mAh, sudah mendukung 18W fast charging serta reverse charging, plus menggunakan port USB-C yang lebih universal.

vivo Y21 juga sudah menjalankan FuntouchOS terbaru versi 11.1 berbasis Android 11. Selain tampilan yang lebih clean, tampilan antarmuka ini juga membawa fitur seperti Ultra Game Mode. Bisa fokuskan kinerja chipset untuk gim, aktifkan mode Do Not Disturb, serta mode picture-in-picture.

Tertarik untuk membeli smartphone terjangkau vivo yang sangat stylish ini? vivo Y21 tersedia lebih dulu di India. Pre-sale telah dimulai melalui kanal penjualan daring seperti Amazon, Flipkart, situs resmi vivo dan sejenisnya.

Harganya? Untuk masing-masing varian memori 64/128GB, dibanderol INR13,990 (Rp2,7 jutaan) & INR15,490 (Rp3 jutaan). Untuk spesifikasi yang dibawanya, bukan yang paling menarik. Kecuali tampilan luarnya, ya.

Tinggalkan komen