alexa

vivo Y12G Meluncur dengan Snapdragon 439 & Dua Kamera AI

India, Gizmologi – Sedang gencar untuk terus merilis smartphone kelas terjangkau, vivo kembali hadirkan opsi terbaru bagi para konsumennya, kali ini di India. Mencoba hadirkan perangkat dengan layar dan baterai besar, vivo Y12G diresmikan sebagai seri ke-enam dalam lini yang sama.

Ya, pasar smartphone kelas entri memang akan selalu jadi yang paling ramai. Terutama untuk masa pandemi saat ini, di mana mulai banyak yang memerlukan perangkat baru untuk tetap bisa terhubung dengan keluarga maupun kolega secara virtual. Daripada harus menggunakan komputer untuk bekerja atau bahkan menempuh kelas edukasi, smartphone terjangkau layar besar jadi solusi praktis.

Baca juga: vivo Y53s, Smartphone Harga Rp3 Jutaan dengan Fitur Extended RAM

Smartphone vivo terjangkau satu dengan yang lain memang memiliki desain yang khas nan serupa, tidak terkecuali vivo Y12G satu ini. Bodi belakangnya hanya didominasi oleh modul kamera dan logo vivo saja, sementara sensor sidik jarinya sudah diletakkan di sisi samping kanan bodi. Menyatu dengan tombol power demi kepraktisan.

Spesifikasi vivo Y12G, Bawa Teknologi Multi Turbo

vivo Y12G

vivo Y12G gunakan permukaan bodi belakang berbahan matte yang bisa pancarkan cahaya tertentu. Bobotnya sendiri masih cukup terjaga di 191 gram, dengan ketebalan 8,4mm. Bila dibalik ke depan, terdapat layar yang cukup luas mencapai 6,51 inci. Cocok untuk multitasking maupun melakukan panggilan video lewat platform seperti Zoom maupun Google Meet.

Mengingat harganya yang terjangkau, panel IPS pada vivo Y12G masih beresolusi HD+ saja, dan tentunya belum mendukung refresh rate tinggi. Gunakan desain waterdrop notch di bagian atas, terdapat sebuah kamera beresolusi 8MP yang bisa hasilkan foto potret, beautify serta berfungsi ganda sebagai opsi face unlock untuk buka kunci layar.

vivo Y12G

Sementara pada bagian belakang, meski terlihat seolah ada tiga sensor, sejatinya yang berfungsi hanyalah dua saja. Sensor utamanya beresolusi 13MP f/2.2, ditambah depth sensor 2MP untuk hasilkan foto potret dengan kedalaman lebih akurat. Dan untuk urusan dapur pacu, vivo memercayakan cip Snapdragon 439 milik Qualcomm untuk vivo Y12G.

Bersama kapasitas RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB, pengguna vivo Y12G bakal bisa melegakan memori lewat kartu microSD sampai 256GB. Demi tingkatkan performa dan kelancaran main gim, disematkan teknologi Multi Turbo 3.0 yang pastikan gim dapat berjalan lancar. Mengoptimalkan CPU, GPU dan lainnya secara otomatis.

vivo Y12G

Sistem operasi yang dibawa juga versi terbaru, sudah gunakan Android 11 dengan tampilan antarmuka FunTouchOS 11. Membawa beberapa fitur menarik seperti sortir foto otomatis, sampai fitur edit foto lengkap langsung dari galeri.

Dilengkapi jack audio 3,5mm, sayangnya baterai 5,000 mAh belum dilengkapi fast charging. Port pengisian dayanya pun masih tradisional, alias gunakan micro-USB. Setidaknya, disematkan fitur reverse charging untuk mengubah vivo Y12G menjadi powerbank darurat.

vivo Y12G Sudah Tersedia di India

vivo Y12G

Merasa spesifikasi dari smartphone ini mirip dengan seri lainnya? Ya, memang betul, karena vivo Y12G sejatinya adalah versi lain dari vivo Y12s 2021 yang diluncurkan di Vietnam bulan Mei lalu. Smartphone ini hadir dalam dua opsi warna; Phantom Black dan Glacier Blue.

Sudah tersedia di situs resmi vivo India, smartphone Android terbaru ini dibanderol seharga INR10,990, atau sekitar Rp2,1 jutaan. Di kelas harga yang sama, tentu saja bakal dilibas Xiaomi dengan Redmi 9T, atau bahkan Samsung dengan Galaxy M12 yang punya refresh rate 90Hz.

Tinggalkan komen