Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Motorola Moto G9 Meluncur dengan Tiga Kamera Utama & Snapdragon 662

0 4.117

Sekitar enam tahun lalu, tepatnya pada bulan Juni 2014, Motorola membawa salah satu produk terbaiknya ke Indonesia yaitu Moto G. Hadir dengan harga Rp1,9 jutaan, smartphone tersebut menjadi salah satu yang favorit, dimana pada saat itu belum banyak kelas mid-range yang hadir dengan spesifikasi kompetitig. Tentu sebelum Redmi melanda.

Selang beberapa waktu kemudian, kehadiran Motorola di Indonesia mulai sirna, dengan seri terakhir yang diperkenalkan adalah Moto G5s Plus. Kendati begitu, kiprah Motorola di pasar global masih terus berlanjut. Kali ini, suksesornya sudah mencapai seri Moto G9, yang sekarang hadir dengan konfigurasi tiga kamera belakang berbentuk persegi.

Smartphone ini diluncurkan sebagai suksesor seri Moto G8 yang hadir bulan Maret lalu. Ya, tidak sampai enam bulan, sudah ada penerusnya. Motorola seperti ingin terus memperbarui produk-produknya agar tetap kompetitif dengan merek lain seperti Xiaomi. Namun sayangnya, jika dilihat dari spesifikasi, masih sedikit tertinggal.

Baca juga: Motorola Luncurkan Smartphone 5G Murah, Moto G 5G Plus

Spesifikasi Motorola Moto G9

Moto G9

Dari sisi depannya, Moto G9 masih mengusung desain waterdrop notch untuk meletakkan kamera swafoto 8MP f/2.2. Dimensi layarnya sendiri sudah cukup luas di 6,5 inci dengan rasio 20:9, hanya saja resolusinya belum mencapai 1080p alias masih HD+. Bezel bagian bawahnya pun masih terlihat cukup tebal dibandingkan ketiga sisi lainnya.

Setidaknya, bagian belakang terlihat cukup modern dengan sedikit lengkungan di sisi kiri dan kanannya. Menjadi ciri khas smartphone Motorola, Moto G9 memiliki sensor sidik jari yang menyatu dengan logo di bodi belakang, diletakkan di bawah modul kamera persegi yang desainnya sudah kekinian. Tersemat tiga kamera, masing-masing beresolusi 48MP f/1.7, 2MP makro dan 2MP depth sensor.

Prosesor serta kapasitas baterainya sendiri cukup bisa bersaing dengan smartphone lainnya. Motorola memilih untuk gunakan chipset yang relatif baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 662 rilisan awal tahun. Dengan fabrikasi 11nm, chipset ini miliki konfigurasi CPU Kryo 260 octa-core hingga 2GHz, dipasangkan dengan GPU Adreno 610. RAM dan penyimpanan internalnya masing-masing berkapasitas 4GB & 64GB.

Kapasitas baterai 5.000 mAh pada Moto G9 dapat diisi secara cepat, lewat teknologi 20W fast charging. Motorola memang terkenal membawa sistem Turbo Charge sejak dulu, termasuk seri yang sempat beredar di Indonesia. Sehingga tak heran bila kali ini dikembangkan dengan arus watt yang lebih besar.

Sementara sektor konektivitas lainnya cukup lengkap, sudah menggunakan port USB-C dan masih memiliki jack audio 3,5mm. Motorola juga sediakan slot kartu microSD untuk ekspansi memorinya, namun belum dilengkapi dengan NFC. Moto G9 bakal hadir dengan dua opsi warna; Sapphire Blue dan Forest Green.

Harga Moto G9

Motorola Moto G9

Dijual secara perdana di India, Moto G9 mulai dijual pada akhir bulan mendatang, yaitu 31 Agustus 2020. Lewat e-commerce Flipkart, smartphone ini dibanderol seharga INR11,499 atau sekitar Rp2,2 jutaan. Dari harga yang ditawarkan, mungkin smartphone ini akan cocok untuk bersaing dengan Xiaomi Redmi 9.

Tidak lama setelah rilis di India, Motorola memperkenalkan smartphone ini di pasar Eropa dengan nama Moto G9 Play. Spesifikasinya sama persis, hanya saja Motorole menambahkan opsi warna baru yaitu Spring Pink. Harganya menjadi lebih mahal, 169 Euro atau sekitar Rp2,9 jutaan.