Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y70s 5G Jadi yang Pertama Gunakan Chipset Exynos 880

0 5.545

Adanya situasi pandemi Covid-19 seolah tak membuat produsen smartphone satu ini turun semangat untuk merilis produk baru. Di Indonesia sendiri, vivo Y30 baru saja diluncurkan, hadirkan pengalaman gunakan layar luas Ultra O Screen di harga terjangkau. Kali ini, masih pada lini seri yang sama, vivo coba hadirkan smartphone kelas menengah yang sudah mendukung jaringan 5G, yaitu vivo Y70s.

Bisa dibilang, ini adalah smartphone vivo seri Y yang paling mewah. Selain sudah mendukung 5G, vivo memilih chipset baru besutan Samsung serta gunakan desain yang serupa dengan seri lainnya, sebut saja Y30 atau vivo V19.

Apa saja fitur yang dibawa oleh smartphone 5G terjangkau dari vivo ini? Yuk simak ulasannya berikut ini

Spesifikasi vivo Y70s

vivo Y70s

Sisi belakang ponsel ini memiliki permukaan doff dengan bagian kamera yang dibuat glossy, memiliki pola vertikal. vivo Y70s hadir dalam warna hitam, biru dan putih. Di sisi depan, ketiga bezelnya terlihat cukup ramping dengan bezel bawah yang sedikit lebih tebal, khas smartphone kelas menengah.

Layar depannya berukuran 6,53 inci, beresolusi full HD+ dengan kamera punch-hole 16MP diletakkan di kiri atas. Layar tersebut memiliki aspek rasio 19,5:9 dengan kerapatan piksel 394ppi. Panel layar vivo Y70s belum gunakan AMOLED, sehingga sensor sidik jari disematkan pada tombol power di sisi kanan bodi smartphone.

vivo Y70s adalah smartphone pertama yang gunakan chipset Samsung Exnyos 880. Chipset ini merupakan versi sederhana dari Exynos 980 yang sudah diperkenalkan tahun lalu, dibuat khusus untuk kelas menengah. Exynos 880 dibuat dengan proses fabrikasi 8nm, miliki CPU octa-core hingga 2GHz serta GPU ARM Mali-G76 MP5. Jaringan 5G yang didukung adalah sub-6GHz SA/NSA, mendukung dual-standby 5G+4G lewat slot kartu dual SIM.

Prosesor tersebut dipasangkan dengan RAM 6/8GB dan penyimpanan internal 128GB. Kamera utamanya beresolusi 48MP f/1.79, ditemani kamera ultra wide-angle 8MP f/2.2 serta 2MP f/2.2 depth sensor. Kamera tersebut mampu rekam video hingga resolusi 4K 30fps. Speaker stereo pada smartphone ini juga cocok untuk meningkatkan pengalaman konsumsi media.

Baca juga: vivo X50 Pro Miliki Kamera Gimbal & Periskop 60x Hybrid Zoom

vivo V70s tentunya sudah menjalankan tampilan antarmuka khas vivo, FunTouch OS 10 berbasis Android 10. Untuk menjalankan semua fitur yang ada, disiapkan baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan dukungan Dual-Engine Flash Charge 18W. Sayangnya, port yang digunakan masih berjenis micro-USB.

Harga vivo Y70s

vivo Y70s

Dijual mulai 1 Juni di China, vivo Y70s versi termurah dengan RAM 6GB dibanderol dengan harga 1998 CNY atau sekitar Rp4,1 jutaan. Sementara versi RAM 8GB sedikit lebih mahal di 2198 CNY (Rp4,5 jutaan). Di negara yang sama, vivo juga telah hadirkan seri lain yang gunakan chipset Exynos 980 serta mendukung 5G seperti vivo X30, X30 Pro & vivo S6 5G.

vivo sama sekali belum menghadirkan seri flagship-nya di Indonesia, ketika produsen lainnya sudah hadirkan flagship yang mendukung 5G. Yah, walaupun jaringannya dikunci berkat belum adanya regulasi di tanah air. Memimpin market share smartphone di Indonesia pada posisi nomor 1 berdasarkan IDC Q1 2020, semoga vivo segera hadirkan flagship agar bisa bertahan jadi yang paling unggul.


Beli smartphone vivo di:

Lazada Blibli JD.ID Shopee Eraspace