Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo X50 Pro Miliki Kamera Gimbal & Periskop 60x Hybrid Zoom

0 2.428

Vendor smartphone asal China, vivo sebelumnya telah mengenalkan sebuah konsep smartphone yang miliki teknologi kamera mutakhir. Yaitu vivo APEX 2020, memiliki sensor kamera dengan micro gimbal, diklaim tiga kali lipat lebih stabil dari teknologi OIS yang ada pada smartphone masa kini. Kabarnya, kamera gimbal ini mulai diimplementasikan pada flagship terbaru, vivo X50 Pro yang bakal rilis tahun ini.

Ya, vivo tentu tak mau kalah dengan produsen lain yang sudah memperkenalkan seri flagship-nya masing-masing. Hadir sedikit terlambat, mungkin vivo perlu waktu untuk menyiapkan teknologi kamera tersebut. Tak hanya satu, vivo akan menyiapkan dua seri, X50 & X50 Pro dimana keduanya menggunakan sensor kamera terbaru Samsung.

Spesifikasi Kamera vivo X50 Pro

Kamera vivo X50 Pro

vivo sendiri mengatakan jika varian X50 Pro bakal gunakan sensor Samsung ISOCELL GN1 50MP yang baru aja diperkenalkan minggu ini. Sensor kamera tersebut memiliki gabungan teknologi Dual Pixel plus kemampuan menggabungkan piksel lewat Tetracell sekaligus. Sehingga secara teori, proses pengambilan fokus bisa jauh lebih cepat plus hasilkan foto 12MP berkualitas tinggi. Selain itu, sensor tersebut juga bisa hasilkan foto beresolusi 100MP lewat metode interpolasi, memanfaatkan informasi dari Dual Pixel.

Baca juga: Samsung Rilis Sensor ISOCELL GN1 50MP dengan Dukungan Dual Pixel Autofocus

Selain sensor Samsung GN1, satu dari keempat sensor kamera utama di belakang miliki kemampuan stabilisasi setara gimbal. Modulnya punya dimensi terbesar, memakan luas 363mm persegi dengan ketebalan 4,5mm. vivo mengatakan jika peletakan kamera ini memerlukan proses yang cukup panjang agar smartphone tidak terlalu tebal. Modul yang besar tersebut memungkinkan sensor dapat mencapai kemiringan hingga 3 derajat ke berbagai sisi. Digabungkan dengan EIS, hasil videonya terlihat sangat stabil pada video komparasi berikut.

Tak hanya meningkatkan kualitas video, teknologi micro gimbal ini juga mampu membuat vivo X50 Pro menangkap cahaya 220% lebih banyak dibandingkan kamera biasa dengan OIS. Ini bisa membuat vivo X50 Pro menjadi jawara baru dalam hal fotografi kurang cahaya pada malam hari.

vivo X50 Pro Bakal Gunakan Panel OLED Milik Samsung

Sketsa vivo X50 Pro

Desain vivo X50 Pro juga terlihat dari beberapa foto render, sketsa dan poster yang diambil secara tersembunyi. Sisi depan smartphone ini miliki desain yang simpel, dengan bezel sangat tipis dan sebuah kamera punch-hole yang terletak di atas kiri. Bila vivo X50 gunakan lengkung kaca 2.5D, x50 Pro dikabarkan punya lengkungan yang lebih dramatis. Rumornya layar vivo x50 Pro berdimensi 6,56 inci OLED dengan refresh rate tinggi bikinan Samsung.

Selain kamera gimbal dan kamera 50MP, vivo X50 Pro juga akan miliki kamera periskop 48MP dengan kemampuan hingga 60x zoom. Dijadwalkan rilis pada tanggal 1 Juni mendatang, vivo telah rilis beberapa video pendek menunjukkan kemampuan kamera dari flagship 2020 ini.. Akan sangat menarik jika vivo Indonesia turut membawa smartphone flagship 2020 mereka ini ke tanah air. Agar dapat bersaing dengan flagship resmi lainnya yang juga sudah semakin canggih teknologi kameranya. Mari kita tunggu kehadirannya bersama-sama.