Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Siapkan Rilis Arloji Gear S4, Ini 4 Prediksi Fiturnya

0 305

Samsung dikabarkan tengah mempersiapkan rilis arloji cerdas generasi ke-4 dari lini Gear S yang populer di pasaran. Beragam prediksi fitur Samsung Gear S4 pun mulai muncul, yang diyakini bisa membuat seri terbaru ini bisa bersaing di pasaran jam cerdas yang didominasi oleh Apple Inc.

Prediksi fitur Samsung Gear 4 cukup tinggi mengingat Gear S3 Classic, Gear S3 Frontier dan Gear Sport yang memang jadi wearable menawan dan canggih. Mari disimak Gizmo lovers apa saja prediksi fitur Samsung Gear 4 yang layak menempatkannya sebagai calon pesaing tangguh di jagat jam pintar nantinya, sebagaimana kami peroleh dari phonearena.com:

1. Desain dan hardware

Prediksi fitur Samsung Gear S4 yang pertama dimulai dari tampilan luarnya. Jangan berharap akan ada bentuk aneh sebab besar kemungkinan Gear 4 akan mempertahankan bahasa desain Tizennya yang dijalankan oleh software-nya. Hal inilah yang membuat jam ini akan berbentuk melingkar seperti jam pada umumnya. Gear 4 diperkirakan tetap memakai bahan premium, seperti besi tahan karat, alumunium atau Gorilla Glass 5. Elemen bezel yang melingkar mengikuti model jam masih akan dipakai untuk Gear 4 ini.

2. OLED display

Prediksi fitur Samsung Gear 4 kedua yakni seputar display miliknya yang berjenis OLED. Jenis display yang ini sempurna untuk wearable yang seringkali menampilkan fungsi yang selalu on.

Tak hanya jenis ini membuat wearable terlihat kece berkat kontrasnya yang super tetapi display ini membantu menghemat baterai.

3. Chipset yang Memungkinkan Kinerja Lebih Cepat

Chipset dalam prediksi fitur Samsung Gear S4 ini merupakan jenis prosesor yang memungkinkan jam ini bekerja lebih gegas tetapi memerlukan daya yang justru lebih irit. Gear S3 menggunakan system-on-chip Exynos 7270 yang dibuat pada proses manufaktur 14nm, yang membuka banyak ruang untuk perbaikan untuk penerusnya. Daya baterai akan lebih besar dari pendahulunya, yakni 380 mAh, pada Gear S3 Classic and Frontier. Bahkan ada rumor yang menyebut Samsung memasukkan baterai kecil di dalam tali pengikat jam setelah muncul adanya kabar aplikasi paten dua keping fleksibel pada tali pengikat jam tempat menaruh baterai yang lebih bisa tahan lama.

Gear S3
Kakak Gear S4, Samsung Gear S3. Foto oleh samsung.com

 

Baca juga: Teknologi Ini Bikin Smartphone Samsung Akan Semakin Bezel-Less!

4. Update Fitur Kesehatan 

Yang terakhir dalam prediksi fitur Samsung Gear 4 ini adalah perbaikan pada fitur yang membantu pengguna hidup lebih sehat. Gear 3 sudah menjadi wujud visi Samsung Health tetapi tentu saja masih ada ruang untuk memperbaikinya.Gear 4, layaknya pada Galaxy S9 dan S9 Plus, akan menawarkan fitur untuk mengukur tekanan darah dan pelacak tidur, dua hal yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Samsung memiliki kebiasaan memperkenalkan wearable –nya pada gelaran IFA, pameran elektronik dan perabot rumah tangga, di Berlin, Jerman. Sebagai contoh, Gear Sport diperkenalkan ke konsumen tahun lalu sementara Gear S3 dan Gear S3 Frontier muncul pada 2016. Melihat tren tersebut, Samsung Gear S4 kemungkinan diluncurkan pada IFA tahun ini yang akan berlangsung antara 31 Agustus dan 5 September 2018.

Tertarik memiliki Gear 4 ini? Siap-siap saja merogok kocek hingga sekitar Rp5,6 jutaan. Prediksi ini berdasarkan harga Gear S3 Frontier yang dimulai sekira Rp4,8 jutaan lalu sekitar Rp4,1 jutaan harga awal dari Gear Sport tahun lalu.