Tips Memperpanjang Masa Pakai Baterai Apple Watch

Apple Watch 7 diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 18 jam, tidak berbeda dengan generasi pendahulunya. Tentu saja bagi yang berharap akan ada peningkatan pada departemen baterai akan terasa mengecewakan karena berbeda dengan iPhone 13 yang performa baterainya lebih baik dari generasi sebelumnya.

Masalah baterai pada Apple Watch memang isu yang klasik bagi penggunanya, tapi bukan berarti hal ini tidak bisa disiasati. Sejak lama pengguna Apple Watch seri apa pun bisa meningkatkan daya tahan baterainya.

Buat kamu yang belum tahu caranya, simak tips berikut ini ya!

Matikan fitur “Hey Siri”

Di balik kegunaannya, ternyata memang tidak banyak pengguna perangkat Apple yang menggunaan Siri. Jika kamu adalah salah satunya, sebaiknya matikan saja fitur ini dari aplikasi Watch di iPhone kamu.

Aktifkan Power Reserve

Jika Apple Watch tak pernah lepas dari pergelangan tangan kamu, sebaiknya hidupkan fitur Power Reserve. Dengan begitu kamu tetap bisa melihat waktu tanpa harus terhubung dengan iPhone.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menghemat baterai. Terutama jika kamu berada di kondisi tidak terlalu sering melihat waktu, seperti misalnya ketika berada di dalam bioskop.

Untuk mengaktifkannya, kamu harus sapukan ke atas (swipe up) tampilan face pada Apple Watch untuk membuka Control Centre. Kemudian ketuk keterangan persentase baterai dan geser slider Power Reserve, akhirinya dengan ketuk Proceed.

Matikan Semua Notifikasi

Notifikasi yang masuk membutuhkan daya baterai. Itulah sebabnya kamu perlu mematikan fitur ini jika dianggap kurang perlu dengan melakukan setting Activity pada aplikasi Watch di iPhone dan pilih Notifications Off.

Baca juga: Baterai iPhone 13 Diklaim Paling Tahan Lama, Benarkah?

Matikan Background App Refresh

Seperti halnya pada iOS, mematikan Background App Refresh pada watchOS bisa menghemat masa pakai baterai. Ketika fitur ini dimatikan, perangkat hanya melakukan refreseh pada face saja.

Apple Watch 4. Foto oleh theverge.com

Jangan Gunakan Always On Display

Jika kamu menggunakan Apple Watch yang sudah mendukung Always On Display, matikan fitur ini bisa memperpanjang masa pakai baterai. Memang fitur ini sangat membantu, namun jika dirasa kamu tidak melihat Watch terus-menerus, sama saja kamu telah membuang daya untuk hal yang “sia-sia”.

Matikan Raise to Wake

Ketika kamu banyak bergerak di siang hari, layar Apple Watch akan menyala setiap kami kamu menggerakan pergelangan tangan. Layar yang hidup dan mati sepanjang hari bisa menghabiskan masa pakai baterai lebih cepat.

Nah, itulah tips yang bisa kamu terapkan pada penggunaan Apple Watch sehari-hari. Memang penghematan ini bisa mengurangi manfaat dari perangkat tersebut, tapi jika dirasakan ini sepadan, kenapa tidak?

Tinggalkan komen