Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Watch Diresmikan, Usung Teknologi 3D Hyperboloid Display

1 10.699

Bersamaan dengan dirilisnya OPPO Find X2 series, OPPO juga memperkenalkan perangkat wearable smartwatch pertamanya, OPPO Watch. Perangkat ini merupakan penerus strategi OPPO untuk masuk ke dalam dunia Internet of Things atau IoT, diperkenalkan sebagai jam stylish untuk mereka yaang ingin hidup lebih sehat, bebas dan kreatif.

Brian Shen, Vice President dari OPPO mengatakan melalui sebuah postingan di media sosial Weibo jika smartwatch ini kemungkinan menjadi yang terbaik secara desain tahun ini. Hal tersebut terlihat dari layarnya yang punya lengkungan layaknya layar pada ponsel flagship rilisan mereka.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harga OPPO Find X2 di Indonesia

Fitur Kunci OPPO Watch

OPPO Watch

Seperti kebanyakan smartwatch yang sudah ada, OPPO Watch hadir dalam dua pilihan ukuran; 41mm dan 46mm. Varian terkecil memiliki layar sebesar 1,6 inci menggunakan panel AMOLED, sedangkan yang 46mm tentunya punya layar lebih besar di 1,91 inci. Nah, khusus di 46mm, OPPO menggunakan teknologi yang mereka sebut dengan 3D flexible hyperboloid display, pertama dalam smartwatch. Teknologi tersebut memungkinkan smartwatch memiliki rasio bodi ke layar 72,76% dan bezel yang sangat tipis dengan lengkungan 3D di sampingnya.

Frame aluminum pada OPPO Watch memiliki ketebalan hanya 4,5mm, terintegrasi dengan bagian belakangnya yang terbuat dari material keramik 3D terintegrasi. Sensor-sensor yang ada dirancang agar dapat terkontak dengan kulit pengguna tanpa memberi tekanan berlebih. OPPO memberikan dua pilihan material strap, mulai karet berbahan fluoro hingga kulit Italian calfskin dengan berbagai macam warna. Strap-nya dapat digonta-ganti sesuai selera hanya dengan menekan sebuah tombol.

Menjalankan ColorOS berbasis Android, OPPO Watch memiliki fungsi seluler yang bisa digunakan untuk menelpon atau mengakses internet. Dengan dukungan eSIM, pengguna dapat membagikan nomor telepon ponsel ke smartwatch atau menggunakan nomor yang berbeda, memberikan pilihan untuk berkomunikasi lebih leluasa.

Selain bisa digunakan untuk mendengarkan musik dan melakukan pembayaran, OPPO juga membenamkan app store buatan sendiri, menyediakan daftar aplikasi pihak ketiga yang bisa di-install ke dalam OPPO Watch. Jenis aplikasinya beragam, mulai dari media sosial, hiburan, travel dan lainnya. Watch face pada jam ini juga dilengkapi AI yang mampu menghasilkan latar wallpaper sesuai warna baju penggunanya.

OPPO juga fokus untuk membenamkan fitur-fitur kesehatan pada smartwatch pertamanya ini. Jamnya dilengkapi dengan lima sensor pendeteksi olahraga, serta tahan air hingga kedalaman 50 meter. Tak hanya untuk olahraga saja, OPPO Watch bisa memonitor kualitas tidur dan aktivitas jantung secara konstan selama 24 jam. Untuk pengguna wanita, terdapat fungsi pengingat periode bulanan.

Meski memiliki segudang fitur canggih, OPPO Watch diklaim sanggup menyala hingga 40 jam pemakaian, berkat penggunaan Dual-Chip Endurance System. Jam akan secara pintar berpindah penggunaan dari chip buatan Snapdragon (Wear 2500) dan Apollo 3 co-processor, bergantung dari mode yang digunakan. Jika ingin lebih lama, tersedia mode Power Saver dengan fungsi dasar yang membuat jam tahan sampai 21 hari dalam sekali charge.

Fitur pengecasan cepat VOOC Flash Charging juga diturunkan ke OPPO Watch. isi daya hingga penuh hanya membutuhkan waktu 75 menit saja, sementara 15 menit pengisian sudah menambah daya baterai hingga 46%, diklaim sanggup menyala sampai 18 jam.

Harga OPPO Watch

OPPO Watch Series akan tersedia secara global, dan mulai dijual di mainland China mulai tanggal 24 Maret mendatang. Varian 41mm dibanderol seharga 1499 yuan (Rp3,1 jutaan), sementara yang 46mm di 1999 yuan (Rp4,1 jutaan).

OPPO mengatakan jika mereka juga berencana untuk merilis produk ini dengan software lain untuk pasar tertentu, memberi petunjuk kalau kemungkinan akan dirilis menggunakan Wear OS. Kita nantikan kehadirannya di Indonesia ya.


Beli OPPO di ecommerce:

Blibli.com Shopee.co.id Bukalapak.com ERASPACE Lazada.co.id JD.ID