Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Chipset

« Back to Glossary Index

Pada perangkat komputer PC, chipset adalah kumpulan microchip yang terdapat pada motherboard yang dirancang untuk bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu.Fungsi umum chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard.

Chipset bekerja lebih spesifik dan terpisah dari CPU yang bekerja dalam menangani perhitungan. Di perangkat PC, Chipset justru bekerja mengontrol memori, grafis, sound, dan CPU itu sendiri.

Namun chipset pada smartphone dan tablet berbeda dengan Chipset pada komputer PC. Chipset pada perangkat mobile sering dikenal sebagai sebuah SoC (system-on-a-chip) yang berarti sebuah chip silikon yang didalamnya terdiri dari semua komponen.

Di dalam SoC, terintegrasi berbagai komponen yang mendukung kinerja smartphone. Di dalamnya terdapat sebuah prosessor, pengolah grafis, memori, USB controller, pengontrol manajemen daya dan pengontrol konektivitas jaringan (WiFi, 3G, 4G LTE, dan sebagainya). SoC ini dibangun agar lebih efektif dan fungsional. Hal ini juga berhubungan dengan bentuk smartphone yang memiliki ukuran relatif kecil.

Dengan teknologi SoC ini tentunya semua sistem bekerja lebih optimal dan memakan daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem CPU pada perangkat PC.

This post is also available in: enEnglish (English)

« Back to Glossary Index