Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Hore! Pohon Pisang Favorit Netizen Siap Hadir di Game Stardew Valley

0 337

Game berbayar apa yang menduduki peringkat pertama di Playstore saat ini (per tanggal 11/04)? Jawabannya adalah Stardew Valley. Sebuah game dua dimensi dengan tema berternak dan bertani yang berhasil memikat lebih dari 500 ribu pengguna platform Android. Termasuk mendapat rating 4.7, termasuk tinggi dengan lebih dari 42 ribu review di Playstore.

Salah satu hal yang membuat game ini begitu digemari, karena developer Chucklefish Limited selalu mendengarkan masukan dari para pemain aktif. Sehingga setiap ada pembaruan versi, selalu menyertakan apa yang membuat permainan menjadi semakin atraktif dan menarik. Dan itu didapat dari komentar dan keinginan yang diutarakan para pemain terhadap developer.

Dalam sebuah polling di Twitter belum lama ini, Eric “ConcernedApe” Barone selaku kreator Stardew Valley, bertanya kepada para pemain tentang pohon buah apa yang ingin dilihat dalam game. Pilihannya mulai dari alpukat, pisang, mangga, dan markisa. Agak mengherankan juga padahal markisa bukanlah buah yang tumbuh di pohon, melainkan seperti tumbuhan rambat.
Baca juga: 5 Game Olahraga Agar Tetap Bugar Saat Karantina di Rumah

Tentu saja pertanyaan semacam itu disambut antusias para gamer. Dari total 123.248 orang yang turut serta dalam poling, muncullah hasil yang cukup mengejutkan. Dua pohon teratas dalam poling yakni pisang (30.6% – 37.713 pemilih) dan mangga (29.3% – 36.111 pemilih). Dengan keunggulan sekitar 1.600 pemilih, akhirnya diputuskan bahwa pisang akan menjadi pohon buah yang hadir dalam pembaruan versi Stardew Valley mendatang. Yap, selamat datang pisang!

Pohon pisang sendiri sepertinya baru dapat ditemukan pada pembaruan di versi  1.5 mendatang. Sementara pohon mangga bukan tidak mungkin akan menyusul dan turut meramaikan pilihan buah di game. Makin banyak pohon, makin menantang permainan mengatur strategi menanam.

Stardew Valley

Bagi pemain game 90-an, memainkan Stardew Valley pasti akan langsung mengingatkan pada permainan Harvest Moon. Memiliki konsep yang mirip seputar dunia peternakan dan pertanian. Banyak hal dapat dieksplorasi di dunia yang terlihat tenang dan damai. Apalagi konsep gameplay RPG (Role Playing Game) membuat pemain dapat merasakan perkembangan karakter dan kemampuan si tokoh.

Saat ini di Stardew Valley, pemain sudah cukup banyak menemukan variasi pohon buah. Di antaranya aprikot, ceri, apel, jeruk, persik, dan delima. Belum lagi pepohonan lain untuk diolah batang maupun daunnya dalam usaha menjadikan peternakanmu jadi lebih menawan. Sehingga kedatangan pohon buah pisang, akan membuat variasi kian bertambah.

Stardew Valley telah mendapatkan penghargaan “Winner of the Golden Joystick’s Breakthroung Award” dan “Nominee of Game of the Year 2017 – BAFTA Games Awards”. Jadi tidak heran apabila pemain harus menebus dengan angka Rp 119.000,- untuk dapat mengunduhnya di Playstore. Selain di Playstore, game ini juga sudah ada di hampir semua platform maupun konsol.