Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 Game Olahraga Agar Tetap Bugar Saat Karantina di Rumah

1 12.690

Dalam masa karantina mandiri menghindari wabah virus corona atau covid-19, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Mulai dari bekerja, membaca buku, menonton film streaming, beribadah, sampai berolahraga dilakukan di rumah. Itu pun dilakukan semata-mata agar kita semua tidak kontra produktif, termasuk bermain game olahraga maupun genre lain untuk mengusir kebosanan.

Nah, salah satu kegiatan yang cukup banyak dilakukan belakangan ini adalah berolahraga. Aktivitas yang mulai dilakukan dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh. Olahraga umumnya memang dilakukan di luar rumah. Tapi sobat, tidak semua orang beruntung memiliki lahan luar yang luas. Mau tidak mau, kadang olahraga dilakukan di ruang terbatas di dalam rumah. Itupun, masih termasuk beruntung, karena tidak perlu keluar rumah untuk bekerja.
Baca Juga: Games Pilihan Terbaru di Bulan April  2020

Saat seperti ini, acara panduan olahraga di televisi malah sedang berkurang. Bagusnya, kita masih bisa memilih panduan olahraga lain lewat aplikasi ponsel atau game konsol. Versi terakhirlah yang akan kami ulas di sini. Lima games olahraga di konsol yang layak untuk  kamu mainkan dalam rangka menjaga vitalitas dan meningkatkan imunitas.

Rekomendasi Game Olahraga Pilihan

1 EA Sports Active

EA Sports Active

Platform: Nintendo Wii

Bagi kamu yang masih menyimpan konsol lama Wii dari Nintendo, inilah saat yang tepat mengeluarkannya dari kotak berdebu. Bagi yang belum, temukan konsol revolusioner ini di marketplace dengan harga yang sudah jauh lebih murah. Sebab di sana ada salah satu game olahraga fenomenal, EA Sport Active.

Game olahraga indoor ini memang cukup seru dimainkan. Kamu hanya perlu memanfaatkan Wiimote dan Nunchuck yang terikat di pergelangan tangan untuk menyelesaikan ragam latihan. Mulai dari boxing, jogging, sampai squats dapat ditemukan di game besutan Electronics Art ini.

Lakukan selama masa karantina mandiri. Mungkin sekitar 2 – 4 minggu secara rutin setiap hari. Kamu pun tanpa sadar akan berhasil mengurangi jumlah lemak maupun koleksterol dalam darah. Bahkan berat badan pun bisa turun drastis, andai komitmen terus dijaga.

Kekurangan dari game ini hanya terletak pada kualitas visual yang agak ketinggalan. Tapi yang penting olahraga bisa terus berjalan.

2 5 Game Olahraga Agar Tetap Bugar Saat Karantina di Rumah

5 Game Olahraga Agar Tetap Bugar Saat Karantina di Rumah

Platform: XBOX 360

Kali ini sebuah game olahraga yang datang dari konsol kreasi Microsoft, Xbox 360. Meskipun konsol ini merupakan seri lama, namun perangkat tambahan Kinect membuat Xbox 360 sempat meningkat penjualannya. Kinect sendiri merupakan kamera interaktif, dipakai untuk membaca gerakan pengguna dan menghubungkannya dengan game aktif.

Game ini menekankan pada gerakan fitness yang repetitive namun efisien. Di dalamnya ada panduan dari profesional. Sehingga aktivitas fitness dapat dilakukan secara bertahap sesuai porsi penggunanya. Mulai dari kelas amatir sampai advance semua diakomodasikan dengan baik. Bantuan visualisasi gerakan di dalam game juga memudahkan kamu ketika melakukan gerakan-gerakan.

3 Fitness Boxing

Fitness Boxing

Platform: Nintendo Switch

Bila kamu pernah memainkan game bertema dansa seperti Dance Revolution atau Just Dance, maka akan mudah memahami mekanisme permainan dalam Fitness Boxing. Pemain akan diminta mengikuti gerakan berdasarkan logo intruksi pada visualiasi permainan. Mulai dari level yang mudah sampai sulit, di mana gerakan akan semakin cepat.

Fitness Boxing dimainkan dengan memanfaatkan Joycon, atau kontrol dari Nintendo Switch. Gerakan seperti uppercut, jab, hook dan lain sebagainya dapat dilakukan di sini. Kamu pun dapat menentukan dan mengatur agenda latihan untuk mencapai goal yang diinginkan.

Hal menarik lain dari game olahraga ini ialah kamu dapat memainkannya bersama dengan pemain lain. Bisa pasangan, orang tua, atau saudaramu di rumah yang sama-sama sedang dikarantina. Selain lebih seru, juga dapat menambah kedekatan secara emosional dengan mereka.

4 Just Dance 2020

Just Dance 2020

Platform: PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Wii, Stadia

Meskipun bukan game yang khusus mengangkat tema olahraga seperti rekomendasi kami yang lain. Tapi siapa sih yang bisa menyangkal bahwa berjoget dapat meningkatkan kemampuan kardio kita. Membuat kita berkeringat dan bersenang-senang di saat yang sama.

Era game dansa mungkin sudah kurang populer belakangan ini. Selain gerakannya agak membosankan, susunan lagunya juga biasanya itu-itu saja. Namun pilihan berjoget di rumah jelas lebih baik di masa karantina seperti sekarang ini dibandingkan ke Game Center di mol yang memang sedang tutup.

5 Ring Fit Adventure

Ring Fit Adventure

Platform: Nintendo Switch

Satu lagi game menarik untuk berolahraga dari Nintendo, Ring Fit Adventure. Dianggap sebagai penerus dari kesukseskan Wii Fit, membuat game ini tampil jauh lebih menawan. Disebut sebagai game workout adventure RPG karena pemain diajak untuk bertualang sambil meningkatkan kemampuan dari karakter yang ada di dalam game. Bahkan tak sekadar berolahraga, game ini juga menyediakan musuh yang harus dilawan untuk menyelesaikan misi tiap level.

Ring Fit Adventure mungkin salah satu game olahraga terbaik yang ada saat ini. Perpaduan dari petualangan, visualisasi menarik, serta level yang tak terasa menigkatkan kemampuan raga kita membuatnya jadi lebih istimewa.

Kamu perlu membeli perangkat Ring Fit tambahan untuk dapat memainkan game ini. Berbentuk lingkaran yang dilengkapi tombol aksi, serta gelang sensor sehingga kamu tidak dapat bermain curang dalam game. Game ini sangat menyenangkan dan layak dicoba untuk menghabiskan waktu di rumah.

Itu tadi beberapa pilihan game olahraga yang layak kamu coba di rumah. Untuk tujuan workout atau sekadar bersenang-senang mengusir kebosanan di rumah. Jangan lupa, bermain game di rumah bisa membuat kamu tetap aman dan tetap sehat.