Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xbox X dan S Hadir November, Ini Perbedaan Spesifikasinya

0 1.271

Kabar baik itu datang, dua konsol terbaru dari Microsoft yaitu Xbox X dan Xbox S siap dinikmati mulai 10 November mendatang. Kehadiran dua tipe konsol generasi terbaru itu seperti kabar menyenangkan di tengah musim pandemi seperti ini. Bahkan bagi kamu yang antusias terhadap konsol tersebut dapat melakukan pemesanan mulai 22 September.

Lalu apa saja hal menarik dari dua tipe konsol Xbox terbaru itu? Selain kehadirannya lebih cepat dibandingkan pesaing utama Playstation 5 dari Sony. Xbox X dan Xbox S hadir dengan sajian marketing menarik lewat opsi harga yang menggiurkan. Xbox X yang lebih powerful akan dijual pada angka USD 499, sementara Xbox S ada di angka USD 299. Rentang harga mencolok tersebut terlihat begitu menarik terutama untuk gamer budget.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah kejelian Microsoft dalam melihat peluang lewat keunggulan mereka lewat program bundling Xbox Game Pass dan EA Play. Sehingga kini gamer tidak perlu lagi repot berlangganan dua item tersebut, karena dapat dilakukan langsung melalui Xbox Game Pass. Konsep All Access seperti ini bisa menguntungkan gamer yang dapat mengakses game milik developer EA.

Xbox siap memberikan lebih dari 100 game untuk dimainkan pada konsol maupun PC dengan kualitas High Definition sampai 4K. Dan dengan keanggotaan di EA Play, gamer dapat memainkan lebih dari 60 game terbaik milik EA seperti Battlefield, Mass Effect, Skate, maupun The Sim. Dan tentu saja ada ratusan game yang dapat dinikmati lewat model cloud gaming. Tanpa perlu membeli game secara fisik.

Baca juga: Brio Virtual Drift Challenge, Game Balapan Besutan Honda dan Gameloft

Perbedaan Xbox X dan Xbox S

Xbox X dan S

Konsol generasi terbaru Xbox dari Microsoft ini memang hadir dengan spesifikasi berbeda, salah satunya konsol tanpa game fisik. Hal itu juga dilakukan oleh Sony dengan Playstation 5 milik mereka. Mereka paham betul bahwa masa depan game akan berpindah pada konsep cloud gaming. Dan generasi konsol saat ini menjadi semacam transisi perubahan tersebut, agar pada edisi selanjutnya gamer tidak lagi gagap terhadap teknologi cloud maupun non-fisik.

Pada spesifikasi teknis, baik Xbox X dan Xbox S memiliki perbedaan cukup siginifikan. Meski sama-sama berjalan di atas prosesor AMD 8-core Zen 2, namun kemampuan kerja maksimalnya berbeda antara Xbox X (3.8GHz) dan Xbox S (3.6 GHz). Xbox S juga memiliki kemampuan unit prosesor grafis lebih sedikit, sehingga kualitasnya pun berbeda, yakni Xbox X mencapai 12 TFLOPS berbanding Xbox S hanya 4 TFLOPS.

Perbedaan lain dapat ditemukan dari keberadan memori RAM milik Xbox S yang lebih kecil. Penggunaan SSD juga demikian, di mana Xbox X dibekali dengan 1TB NVMe SSD, sedangkan Xbox S hanya memiliki 512GB NVMe SSD. Memang pada akhirnya harga tidak berbohong untuk ukuran spesifikasi teknis semacam ini.

Apabila perbedaan tersebut cukup membuatmu bingung ketika hendak membeli Xbox terbaru ini. Mungkin sedikit panduan dari kami dapat membantu, di mana ada hal mendasar yang perlu diperhatikan. Xbox X akan sangat cocok bagi kamu yang hendak menikmati visual 4K (Xbox S tidak mampu memberikan itu). Xbox juga memiliki disc drive, sangat layak untuk gamer yang senang mengoleksi CD games yang sering hadir dengan paket penjualan menarik. Sementara Xbox S hanya mengandalkan game digital saja.

Detail Spesifikasi Xbox X dan Xbox S

 

Xbox X dan S