alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Begini Perilaku Orang Indonesia, Malaysia, dan Singapura Saat Belanja Online Selama Ramadan 2021

Ramadan selalu memberikan insight menarik bagi para pelaku bisnis. Pergantian pola hidup selama bulan suci umat Islam ini berdampak juga pada daya dan habit berbelanja masyarakat. Karena pandemi, berbelanja online dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pada Ramadan 2021 dari membeli bahan makanan hingga baju lebaran.

Dalam riset Ramadan 2021, iPrice mengadakan riset untuk mengetahui habit berbelanja online orang Indonesia pada saat pandemi dan menjelang lebaran. Menggunakan data internal melalui Google Analytics, situs pembanding harga tersebut merangkum beberapa tren mengenai berbelanja online di negara dengan mayoritas penduduk Muslim di Asia Tenggara.

93% Orang Indonesia Gunakan Smartphone

Ilustrasi pembayaran digital
Ilustrasi belanja menggunakan smartphone (Sumber: freepik/jcomp)

Dalam riset kali ini iPrice menemukan mayoritas di Indonesia, Malaysia dan Singapura berbelanja online melalui smartphone, total persentasenya sebanyak 93%, 68% dan 55% pada 2021 untuk masing-masing negara. Singapura dan Malaysia juga memiliki jumlah trafik yang lumayan tinggi dari desktop.

Data menunjukkan sebanyak 31% orang di Malaysia berbelanja online menggunakan laptop mereka sedangkan di Singapura memegang peringkat tertinggi yaitu sebanyak 43% dari total transaksi online menggunakan laptop.

Belanja online menggunakan laptop memiliki persentase yang kecil di Indonesia, sejak 2020 lalu hanya 6% dari total transaksi online yang terjadi. Hal ini bisa didukung karena sebanyak 77% dari total populasi di Indonesia tidak memiliki laptop. Laptop merupakan perangkat yang awam digunakan hanya bagi mahasiswa atau orang yang bekerja di indonesia.

Lonjakan Waktu Berbelanja Saat Ramadan 2021

promo ramadan e-commerceSelama bulan Ramadan 2021, kegiatan khas yang dilakukan oleh umat Muslim adalah bangun pada dini hari untuk sahur. Meski begitu, kegiatan sahur ini juga dimanfaatkan bagi orang Indonesia untuk berbelanja online.

iPrice menemukan lonjakan trafik di Indonesia secara signifikan terjadi pada pukul 2-5 pagi. Orang Indonesia secara aktif mengakses internet dan  berbelanja online pada saat waktu sahur. Sementara di Malaysia dan Singapura tidak menunjukan ada lonjakan yang signifikan pada jam yang sama.

Pada riset Janio, insight Ramadhan 2020 dan 2019 mengenai waktu berbelanja online saat Ramadhan juga ditemukan lonjakan trafik online di Indonesia pada pukul 4-5 pagi di Indonesia. Bisa disimpulkan berbelanja online ketika sahur merupakan seasonal habit di Indonesia.

Data juga menunjukkan di Singapura setelah  lunch break yaitu pukul 14-16 terjadi peningkatan trafik online tertinggi dibanding waktu lainnya. Semenatara di Malaysia trafik tertingginya terjadi pada jam 13-14 waktu setempat.

Kategori belanja online favorit

aplikasi ponsel
Ilustrasi belanja online melalui aplikasi smartphone

Pada tahun ini produk dalam kategori fashion menduduki peringkat pertama dengan total minat belinya meningkat hingga lebih dari 8000% dalam periode 2 minggu pertama di bulan Ramadhan. iPrice membandingkan impression pada Google Analytics di periode 2 minggu awal Ramadhan pada tahun 2021 dan 2020. 3 dari 5 top produk yang paling meningkat minat belinya berada dalam kategori fashion yaitu Gamis pada posisi ketiga meningkat hingga 2800% dan sarung pada posisi keempat 1800%.

Lebaran identik dengan perayaan keagamaan dikemas dalam tradisi. Di Indonesia, kue kering dan minuman manis menjadi primadona yang akan selalu dicari pada saat menjelang lebaran. Data membuktikan, pada peringkat kedua ada toples makanan yang minat belinya meningkat hingga 3500% lalu produk kue kering pada posisi ke-6 meningkat hingga 1600%. Diikuti oleh sirup pada posisi ke-8 dengan peningkatan hingga 1000% dan kurma pada posisi terakhir dengan total peningkatan hingga hampir 800%.

Berbeda dengan Indonesia, di Malaysia dan Singapore parfume menduduki peringkat atas yang minat belinya meningkat pada bulan Ramadhan. Parfume menduduki peringkat kedua di Malaysia dengan total peningkatan hingga 6100%. Parfum menduduki peringkat pertama di Singapore dengan peningkatan presentase hingga 6000%.

Di Malaysia, 5 produk dengan peningkatan minat beli tertinggi yaitu kategori skincare, parfum, oven, baju melayu dan sofa. Sedangkan di Singapura 5 kategori produknya adalah parfum, suplemen, kompor induksi, baju kurta dan kopi.

Infografik tren belanja online Ramadan 2021

 

Tunjukkan Komen (1)