Windows 11 Membuat Kinerja PC Makin Kencang, Kok Bisa?

Washington, Gizmologi – Windows 11 bakal segera dirilis secara resmi dalam hitungan hari dari sekarang. Selain membawa berbagai fitur, sistem operasi ini diklaim bisa membuat PC pengguna menjadi lebih kencang.

Ya, Windows 11 baru saja keluar dari versi beta dan bagi pengguna yang memenuhi syarat bakal bisa mendapatkan upgrade dari sistem operasi sebelumnya. Sebelumnya pengguna bisa mencobanya melalui dalam preview build yang menampilkan tampilan barunya yang lebih clean.

Sebelum dirilis secara resmi, Microsoft dikabarkan telah mengembangkan beberapa pengoptimalan kinerja Windows 11 untuk mempercepat pengaktifan instan, mengurangi konsumsi sumber daya, dan bisa meningkatkan masa pakai baterai.

Untuk perangkat yang bisa menggunakannya, Microsoft memberikan standar minimun, yakni CPU dual-core > 1GHz, RAM 4GB, dan memori 64GB. Yang kontroversial, perangkat yang menggunakan sistem operasi ini harus menggunakan chipset Intel generasi ke-8 atau di atasnya dan AMD seri Ryzen 220 atau di atasnya untuk memastikan kinerja yang lebih cepat.

Baca juga: Ini Spesifikasi Minimal Perangkat yang Kompatibel Windows 11

Dalam hal ini, Microsoft sudah berkali-kali menjelaskan bahwa persyaratan mininum tersebut memiliki tujuan yang jelas. Semua demi peningkatan keamanan yang merupakan fitur inti dari Windows 11.

Tab Browser Dibuat Tertidur

Lalu bagaimana dengan kinerjanya sendiri? Lewat sebuah video yang tayang di YouTube, Steve Dispensa, VP of Entreprise Management Microsoft menjelaskan bahwa persyaratan mininum bukanlah satu-satunya hal yang akan meningkatkan kinerja. Microsoft telah melakukan beberapa perubahan mendasar pada bagaimana Windows 11 beroperasi untuk meningkatkan pengalaman penguna secara keseluruhan.

Misalnya saja, dalam penggunaan aplikasi, Windows 11 memfokuskan pada aplikasi yang sedang digunakan. Begitu membuka aplikasi baru, terasa akan sama cepatnya.

Hal ini menurut Steve dikarenakan sistem Windows 11 memprioritaskan aplikasi yang sedang dibuka, bukan aplikasi yang sedang berada di background. Jadi penggunaan memori dan sumber daya CPU tetap sesuai dengan aplikasi apa yang sedang digunakan, bukan dari apa yang akan dan telah digunakan.

Windows 11 juga akan menidurkan browser Microsoft Edge secara otomatis, jika tidak digunakan. Ketika dibuka, browser ini tetap fokus pada tab yang digunakan, sedangkan yang lain akan tertidur.

Steve mengklaim, fitur sleep pada Edge akan menghemat rata-rata 32# memori dan 37% penggunaan CPU. Akibatnya, masa pakai baterai akan meningkat pada laptop dan tablet.

Ingin menyimak lebih lanjut pemaparan Steve? Simak saja video berikut ini, Gizmofriends!

 

Tinggalkan komen