Samsung The Sero, Smart TV Canggih dengan Mekanisme Layar Putar

0 2.978

Sebagai produsen elektronik terkemuka global, Samsung selalu hadirkan produk-produk inovatif dalam beragam lini kebutuhan masyarakat. Mulai dari smartphone hingga elektronik rumah, ruang dapur sampai ruang keluarga. Samsung juga kini telah memimpin pasar TV global, dan sebagai kelanjutannya untuk hadirkan inovasi, dirilis TV canggih Samsung The Sero.

Televisi canggih ini dihadirkan untuk penuhi kebutuhan konsumen, di mana saat ini lebih banyak menikmati konten mobile seperti tampilan dari Instagram atau aplikasi TikTok dari smartphone. Menjadi yang pertama di dunia, Samsung The Sero tak hanya berkualitas pada panel layar dan audionya saja. Namun juga bisa berotasi secara otomatis, dari landscape ke potret.

Sero sendiri dalam bahasa Korea memiliki makna “vertikal”, sehingga secara eksplisit, dari namanya saja, Samsung The Sero menjelaskan kemampuan layarnya untuk berganti orientasi antara horizontal dan vertikal. Cara yang biasa kita ubah atau nikmati saat sedang menikmati konten di layar smartphone maupun tablet. Dan layar TV canggih Samsung ini bisa berputar otomatis mengikuti jenis konten.
Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab A7: Tablet Terjangkau Multifungsi

Samsung The Sero Bisa Tampilkan Konten Mobile Lebih Jelas

Dari sebuah riset yang dilakukan pada Oktober 2020, menunjukkan bila 67% populasi secara global sebesar 5,2 milyar individu gunakan perangkat mobile, dan 4,14 milyar orang aktif bersosial media. Dari jumlah tersebut, 99% di antaranya akses media sosial dalam tampilan vertikal. Gaya hidup tersebut yang membuat inspirasi terciptanya Samsung The Sero.

Dengan Samsung The Sero, pengguna dapat memindahkan konten ke layar lebih besar. “Sebuah TV dengan inovasi rotating screen yang secara optimal mempermudah pengguna mendapatkan pengalaman seperti pada perangkat seluler pada layar besar, dengan kualitas gambar QLED 4K dan audio mumpuni 4.1Ch,” jelas Fomalhaut Sundamen, Head of TV/AV Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.

Lantas bagaimana cara untuk memindahkan konten dari smartphone ke TV Samsung The Sero? Mudah saja, melalu fitur bernama “Tap View”. Pengguna cukup mengetukkan smartphone ke layar The Sero, dan konten smartphone bakal di-mirror ke TV secara otomatis. Bisa langsung melihat koleksi foto atau video format vertikal.

Samsung The Sero dapat bergerak sesuai dengan konten, seperti landscape untuk TV dan portrait untuk aplikasi seluler. Karina Nadila, pemain film dan presenter Tanah Air telah sempat mencoba Samsung The Sero. Ia mengatakan, “saya bisa menonon konten TikTok favorit dengan jelas di layar besar, kemudian saat saya menonton webinar terbaru di YouTube layarnya otomatis berputar menyesuaikan ke horizontal.”

Gunakan Panel QLED 4K, The Sero Jalankan Tizen OS

Selain fitur rotasi, Samsung juga tingkatkan sektor fitur lainnya pada Samsung The Sero. Panel layarnya sudah menggunakan jenis Quantum Dot LED, tampilkan warna lebih realistis. Dilengkapi fitur AI Upscaling, konten dianalisa adegan demi adegan, untuk tingkatkan detil warna, tekstur sampai pencahayaan dan kontras supaya setara dengan kualitas 4K.

Samsung The Sero juga dilengkapi fitur Adaptive Picture, serupa dengan auto-brightness pada smartphone. Menganalisis perubahan pencahayaan ruangan, kecerahan hingga kontrasnya bisa disesuaikan otomatis. Speakernya sendiri terletak di bawah penyangga vertikalnya, punya konfigurasi 4.1Ch dan output 60W, mendukung Dolby Digital Plus.

Dan menjadi Smart TV, The Sero jalankan sistem operasi Tizen yang bisa di-install beberapa aplikasi streaming favorit. Dikemas dalam desain modern dengan dudukan berwarna navy blue. Saat mode potret diaktifkan, The Sero bisa digunakan untuk tampilkan jam, wallpaper, ataupun efek suara untuk mengisi ruangan.

Di Indonesia sendiri, Samsung The Sero tersedia dalam ukuran 43 inci. Harga resminya dibanderol Rp18,999 juta. Dan selama masa pembelian sampai 14 Januari 2021 mendatang, konsumen bisa langsung mendapatkan hadiah berupa smartphone Samsung Galaxy A51.