alexa

Accenture Resmikan Innovation Centre for Cloud, Percepat Tranformasi Digital Bisnis Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Penggunaan cloud pada era masa kini sudah semakin dominan, baik dalam skala enterprise hingga skala kecil seperti penggunaan pribadi sekalipun. Dinilai sebagai solusi praktis, cepat dan aman, Accenture baru saja umumkan peresmian Accenture Innovation Centre for Cloud Indonesia (AICCI) di Tanah Air.

Diresmikannya Innovation Centre for Cloud menjadi bentuk komitmen dari Accenture dalam membantu organisasi-organisasi pada segala bidang industri, agar mereka bisa bertransformasi menjadi bisnis ‘cloud first’. Demi percepat pengembangan dan transformasi digital dari ekosistem startup yang berkembang pesat, perusahaan, dan lembaga pemerintahan.

Pada fase berikutnya, Innovation Centre for Cloud bakal maksimalkan teknologi cloud untuk berikan solusi kreatif dan inovatif dalam perjalanan cloud organisasi. Dengan begitu, klien bisa evaluasi kelayakan dan keamanan layanan cloud-first mereka dengan cepat, disesuaikan untuk kebutuhan spesifik dan bisa diakses lewat katalog studi kasus teruji.

Baca juga: Accenture: 5 Tren Teknologi untuk Perusahaan, Fokus Utama Pada Manusia

Menkominfo Dukung Kehadiran Innovation Centre for Cloud

Accenture Innovation Centre of Cloud
Ruang virtual yang bisa ditemukan di Innovation Centre of Cloud in Indonesia

Dalam sebuah sesi virtual yang diadakan Kamis (26/8), Kher Tean Chen, Country Managing Director Accenture di Indonesia menyebutkan bila cloud adalah satu-satunya alat terkuat yang harus dimiliki sebuah organisasi agar bisa kuasai perubahan. Accenture Innovation Centre for Cloud Indonesia satukan pengetahuan teknis mendalam dan keahlian industri Accenture, bantu perusahaan mengadopsi cloud.

Hal tersebut diperlukan dalam rangka transformasi sistem operasional. “Di saat inovasi-inovasi melaju dengan sangat pesat, kami memperluas kolaborasi dengan mitra cloud terkemuka untuk memberdayakan klien kami dengan kecepatan dan ketangkasan bisnis yang mereka butuhkan untuk mencapai efisiensi biaya, ketahanan bisnis, pengalaman baru, dan operasional yang dibutuhkan di masa depan,” jelas Kher.

Pada kesempatan yang sama, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika mewakili Menkominfo juga turut menambahkan bila cloud punya peran penting untuk akselerasi transformasi digital. Perkembangannya sangat membantu dalam majukan perekonomian digital di Tanah Air.

Inisiatif dari pembangunan Accenture Innovation Center for Cloud di Indonesia diapresiasi oleh Menkominfo, diharap mampu tingkatkan kapasitas SDM Indonesia. Khususnya di bidang teknologi cloud, agar dapat membawa lebih dekat kepada Indonesia 4.0. Secara tidak langsung, situasi pandemi juga mendorong cloud untuk berevolusi.

Dengan sistem kerja yang harus dilaksanakan secara remote, tak sedikit organisasi sekala kecil hingga besar harus beralih untuk gunakan metode cloud agar bisnisnya bisa tetap berjalan. Menurut IDC, pasar cloud di Asia Tenggara diperkirakan bakal tumbuh pada Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 18,9% pada 2020 – 2024.

Utamakan Cloud First, Fokus Investasi di Tiga Area

Accenture Innovation Centre of Cloud

Accenture sendiri menawarkan strategi Cloud-First untuk kliennya, ditujukan agar dapat akselerasi bisnis di dunia digital, seperti inovasi yang bisa percepat proses satu dekade menjadi hanya tiga tahun saja. Perubahan tersebut dikarenakan banyak perusahaan yang menyadari pentingnya adopsi cloud, agar dapat bertahan menghadapi tantangan masa depan.

“Ambisi Accenture adalah melewati pertumbuhan tersebut sebesar paling sedikit dua kali lipat,” kata Laurent Gatignol, Accenture Cloud First Lead for ASIAM (Australia, Southeast Asia, India, Middle East & Africa). Laurent menambahkan, Accenture juga berinvestasi dalam kapabilitas, solusi, kemitraan dan kerjasama klien baru yang memacu inovasi.

Accenture fokus pada tiga area utama, yaitu berinvestasi di perencanaan industri, model data dan solusi transformasi industri ke cloud; berinvestasi dalam otomatisasi dan teknologi lebih baik untuk tingkatkan produktivitas; serta berinvestasi dalam keberlangsungan bisnis dan SDM.

Lewat fasilitasi virtual Accenture Innovation Centre for Cloud Indonesia, klien bisa memilih untuk bergabung dalam sesi strategi selama sehari penuh dengan Tim Accenture Cloud First, untuk eksplorasi bagaimana solusi cloud bisa membantu memajukan bisnis. Atau sesi yang berfokus pada satu atau dua tantangan spesifik, yang bisa diselesaikan dengan teknologi cloud.

Tinggalkan komen