Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Inilah 3 Aksesori Terbaru dari Manfrotto untuk Fotografer Profesional

Bagi yang serius menekuni dunia fotografi, kamera yang handal saja belum cukup. Ada beberapa aksesori yang perlu dimiliki untuk menghasilkan karya menakjubkan. Fotograger enthusiat dan profesional inilah yang dibidik oleh Manfrotto, perusahaan penyedia aksesori kamera yang berbasis di Cassola, Italia.

Manfrotto mengklaim produk besutannya sudah teruji kualitasnya dan memiliki daya saing dibanding para kompetitor dengan harga yang masih terjangkau. Untuk para fotografer profesional tentunya. Pekan lalu, Manfrotto meluncurkan produk terbarunya di Indonesia dengan menggandeng Oktagon, situs e-commerce yang lebih dikenal menjual berbagai produk fotografi.

Ada tiga produk baru dari Manfrotto yang diluncurkan, yaitu Lens Filter Suite, Manfrotto Lykos (LED Lighting), dan juga Nitrotech N8 Fluid Video Head (kepala tripod). Nah, apa saja kemampuan yang ditawarkan ketiga produk tersebut? Yuk kita baca ulasannya berikut ini.

1. Manfrotto Nitrotech N8 Fluid Video Head

Seiring dengan populernya YouTube, videografi kini menjadi tren di kalangan content creator. Mereka berupaya untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. Yang tentunya ditopang dengan kamera high-end. Manfrotto jeli melihat peluang tersebut dengan merilis Nitrotech N8 Fluid Video Head. Ini adalah kepala tripod yang didedikasikan untuk para kameramen.

Nitrotech N8 Fluid Video Head ini mampu menahan berat mencapai 0-8kg (untuk varian N8) dan 6-12kg (untuk varian N12) dan dilengkapi dengan menggunakan Nitrogen Piston. Sistem tersebut membuat kamera yang disematkan di atas tripod tak akan jatuh karena tekanan gravitasi dan bertahan sesuai dengan angle yang telah di-setting.

Selain itu, kepala tripod dari Manfrotto Nitrotech N8 Fluid Video Head ini menggunakan flatbased, yang sangat cocok digunakan oleh seorang photographer. Namun, Anda bisa menambahkan ball head tambahan untuk proses pengambilan video. Tripod yang diproduksi oleh Manfrotto ini telah melewati beragam uji coba ketahanan sehingga bisa dipastikan produk tersebut aman dan memiliki ketahanan yang prima.

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, pengguna pun perlu menebus dengan harga yang tidak bisa dibilang murah. Untuk kepala tripodnya saja, Manfrotto Nitrotech N8 Fluid Video Head ini dihargai sekitar 449 Euro, atau setara dengan Rp7,1 juta. Dengan tambahan kaki, harganya bisa bervariasi, yaitu di antara 1.099-1.259 Euro atau sama dengan Rp17,5 juta-Rp20 juta.

Jika kamu termasuk pengguna biasa yang gemar memotret saja atau fotografer amatir, bujet sebesar itu tentu sudah bisa digunakan untuk membeli satu buah kamera mirrorless yang cukup handal. Tetapi bagi fotografer atau kameramen profesional, kebutuhannya tentu berbeda.

Related Posts
1 daripada 289

2. Manfrotto Lykos

Aksesoris LED Lighting ini sangat cocok bagi seorang photographer dan videographer, terutama yang mulai menjajaki tingkat profesional. Manfrotto Lykos dilengkapi dengan beberapa fitur seperti koneksi nirkabel via Bluetooth, color temperature dengan range 3000 (sunrise)-5600k (daylight), dan memiliki LCD screen di bagian belakangnya.

LED Lighting Manfrotto Lykos ini mampu memancarkan cahaya yang tak mengandung sinar IR (infrared) dan UV (ultraviolet). Selain itu, lampu ini memiliki pegangan tangan di bagian samping bodi sehingga pemasangan Manfrotto Lykos bisa dengan mudah dilakukan. Pada LCD screen di bagian belakang lampu, Anda bisa melihat indikator seperti temperatur cahaya, power, Bluetooth, dan juga color setting.

Asyiknya, terkait pencahayaan atau pengaturan warna dan lampu ini, para photographer dan videographer  bisa melakukan setting melalui aplikasi yang bisa ditemukan di Apple App Store.

Harganya? Manfrotto Lykos hadir dengan dua varian, yaitu Bicolor (dua pilihan cahaya) dan khusus daylight. Manfrotto Lykos Bicolor bisa didapat dengan harga sekitar Rp6,8 juta dan Rp5,9 juta (daylight). Harga yang sebenarnya cukup mahal untuk sebuah aksesori LED saja. Di mana kamu bisa membeli smartphone baru atau kamera entry level. Tetapi sekali lagi, ini memang untuk fotografer profesional yang penghasilannya memang dari sini. Jadi, seharusnya harga bukan masalah jika memang mampu memenuhi ekspektasi.

3. Manfrotto Xume Lens Filter Suite

Lens Filter Suite ini hadir dalam empat varian, yaitu UV Filters, Circular Polarising Filter, Neutural Density Filters, dan Protect Filters. Keempat filter tersebut dilengkapi dengan Lens Adapter yang membuat pergantian filter bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa kesulitan yang berarti.

UV Filters Lens ini mampu menahan pancaran sinar matahari yang tertangkap lensa, sehingga mereduksi hasil foto yang buram (blur). Sedangkan Curcular Polarising Filter sangat cocok digunakan bagi fotografer yang suka memotret pemandangan alam (landscape). Pasalnya, filter tersebut mampu meningkatkan warna dan menghilangkan pantulan bayangan yang tertangkap lensa.

Selanjutnya adalah Neutural Density Filters mampu mengontrol pencahayaan yang masuk ke dalam lensa ketika menggunakan low shutter speed (kecepatan rendah) saat memotret. Dan yang terakhir adalah Protect Filters yang dapat melindungi lensa dari cipratan air, debu, goresan, dan juga minyak.

 

 

This post is also available in: enEnglish (English)