Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Caplok Bethesda Softworks, Microsoft Gelontorkan Rp111 Triliun

1 743

Berita mengejutkan datang jelang masa Pre-Order Xbox X dibuka, ketika Microsoft akhirnya mencaplok Zenimax Media Inc. pemilik dari Bethesda Softworks. Faktor dari kejutan itu semakin terasa ketika tahu dana yang dibutuhkan mencapai angka USD 7.5 miliar atau sekitar Rp 111 triliun!

Jumlah dana yang sangat besar memang dibutuhkan mengingat Zenimax Media Inc. menaungi beberapa publisher game dengan deretan judul sukses dan memiliki ekosistem besar di pasaran. Selain itu, mungkin ini adalah sebagai bentuk “pelampiasan” Microsoft yang patah hati setelah pinangannya ditolak TikTok.

Baca juga: Microsoft Terdepak, TikTok Gandeng Oracle 

Kiprah Bethesda Softworks

Bethesda Softworks
Bethesda Softworks (Foto: theunionjournal.com)

Publisher Bethesda Softworks memang sudah lama berada di bawah bendera Zenimax Media Inc. yang berbasis di Maryland, AS. Bethesda Softworks dikenal luas karena memiliki franchise game rating AAA di antaranya The Elder Scrolls, Fallout, dan lain-lain. Bergabungnya Bethesda Softworks menjadi amunisi terbesar bagi Xbox untuk berusaha memenangkan pasar game di dunia.

Selain Bethesda Softworks, turut pula menjadi bagian dari Zenimax Media Inc. yakni  Arkane Studio, dan Tango Gameworks. Padahal dua game yang berada di bawah dua studio tersebut dijadwalkan rilis eksklusif untuk Playstation 5. Dua game itu ialah, Deathloop dan Ghostwire: Tokyo dijadwalkan akan hadir pada 2021 mendatang. Meski juga dirilis untuk platform Windows PC.

Entah bagaimana siasat Microsoft di masa mendatang terhadap dua studio dan game tersebut. Apabila sukses di pasaran, bukan tidak mungkin keduanya tidak lagi muncul di Playstation 5 dan beralih ke Xbox X. Bagi lini gaming di Xbox X sendiri, keberadaan publisher dan studio besar di tangan mereka, menjadi kekuatan baru untuk menyajikan game eksklusif yang diharapkan bisa sukses di pasaran.

Baca juga: Game PvP Battle “Arena Master 2” Segera Masuki Fase Open Beta 

Nasib Elder Scrolls Online dari Bethesda Softworks

Elder Scrolls Online (EOS) merupakan salah satu lini game dari Bethesda Softworks yang sukses menyedot gamer di seluruh dunia. Paling tidak ada sekitar 2,5 juta gamer yang aktif bermain setiap bulannya. Game ini tersedia di platform berbeda seperti Playstation 4, Xbox One, dan Windows. Setelah beredar berita tentang bergabungnya Zenimax Media Inc. ke kantor Microsoft, kemudian muncul kekhawatiran bahwa EOS tak akan lagi tersedia di Playstation.

Xbox xbox bethesda
Surat pernyataan dari Studio Director Zenimax Online Studios.

Menjawab kekhawatiran tersebut, Matt Firor selaku Studio Director Zenimax Online Studio dalam status di Twitter, memastikan bahwa dukungan terhadap EOS akan terus berlanjut. Para pengguna Playstation 4 tidak perlu khawatir, sebab mereka masih akan terus mendukung pengguna di berbagai platform sampai beberapa tahun ke depan.

Yah, industri gaming memang semakin seru belakangan ini menjelang peralihan teknologi ke konsol baru Xbox X dan Playstation 5. Masing-masing memiliki kekuatan tersendiri yang sulit dipatahkan. Sementara itu, kami juga menantikan langkah Nintendo yang selalu inovatif dan berbeda dalam menyiasati perang konsol resolusi tinggi.