Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Amazfit GTS 2e & GTR 2e, Opsi Smartwatch Lebih Murah Baterai Lebih Awet

Masih ada lagi perangkat baru yang diluncurkan oleh startup yang didukung oleh Xiaomi satu ini. Yup, setelah merilis duo GTS 2 dan GTR 2 pada September kemarin, kali ini mereka kembali rilis jam tangan pintar dengan harga murah. Amazfit GTS 2e & GTR 2e adalah sekuel dari masing-masing serinya.

Meski datang menjadi opsi varian yang lebih murah, keduanya justru punya daya tahan baterai yang lebih lama. Hal tersebut berkat dihilangkannya beberapa fitur kunci yang ada di seri lebih mahal. Meski begitu, fiturnya tak kalah lengkap untuk smartwatch sejutaan lainnya yang sudah ada di pasaran.

Keduanya sama-sama hadir dengan desain yang berbeda. Amazfit GTS 2e hadir dengan desain yang lebih kotak menyerupai Apple Watch, sementara Amazfit GTR 2e punya desain layar membulat. Keduanya gunakan strap berbahan karet yang bisa dilepas, dengan kaca 2.5D di depan panel layarnya. Masing-masing hadir dalam tiga opsi warna baru.

Amazfit GTS 2e & GTR 2e Hadir Tanpa Wi-Fi

Amazfit GTS 2e
Amazfit GTS 2e

Lantas bagaimana daya tahan baterainya bisa lebih lama? Secara spesifikasi, Amazfit GTR 2e dan Amazfit GTS 2e tak memiliki dukungan konektivitas Wi-Fi. Di seri sebelumnya, pengguna masih bisa gunakan smartwatch meski jauh dari smartphone utama, asal tersambung dengan Wi-Fi. Sementara di dua seri ini harus benar-benar tersambung lewat Bluetooth demi kelancaran notifikasi.

Meski begitu, kapasitas baterainya dibuat sama, sehingga wajar bila masa penggunaannya pun menjadi lebih lama. Amazfit GTS 2e dibekali baterai 246 mAh, dan bisa digunakan hingga 14 hari penggunaan normal sampai 24 hari lewat mode Basic Watch. Punya baterai lebih besar, Amazfit GTR 2e bisa jauh lebih irit.

Berkapasitas 471 mAh, dari yang awalnya bisa menyala 14 hari di seri GTR 2, Amazfit GTR 2e bisa digunakan hampir dua kali lipat lebih lama, capai 24 hari. Sementara mode Basic Watch bisa bertahan sampai 45 hari, alias satu bulan lebih. Hal ini juga dibantu dengan penggunaan panel AMOLED di masing-masing serinya yang hemat daya.

Fitur kesehatan lainnya tetap ada. Baik Amazfit GTS 2e & GTR 2e tetap dilengkapi sensor BioTracker PPG yang bisa deteksi denyut jantung sampai saturasi oksigen. Serta sensor esensial lainnya seperti akselerometer, giroskop, geomagnetic 3 arah, sensor cahaya, sensor tekanan udara sampai sensor temperatur.

Dengan lengkapnya sensor di atas, perangkat ini mendukung total 90 mode olahraga, mulai dari lari, bersepeda, treadmill hingga berenang (berkat sertifikasi 5 ATM). Sensor NFC juga tersedia, namun besar kemungkinan fitur pembayaran hanya bisa digunakan di negara asalnya.

Harga Amazfit GTS 2e & GTR 2e

Amazfit GTR 2e
Amazfit GTR 2e

Tanpa Wi-Fi, tentu keduanya punya banderol harga yang lebih murah. Baik Amazfit GTS 2e & GTR 2e punya banderol harga yang sama, yaitu CNY799 atau sekitar Rp1,7 jutaan. Harga tersebut terpaut 20% lebih murah dari varian dengan Wi-Fi.

Pre-ordernya sendiri sudah dimulai di e-commerce JD.ID China lewat situs resmi Amazfit, sementara penjualan perdananya bakal dimulai 24 Desember mendatang. Opsi yang menarik, meski pada akhirnya kini Xiaomi juga sudah menjual smartwatchnya sendiri, yaitu Mi Watch & Mi Watch Lite.

Tinggalkan komen