Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Amazfit GTS 2 & GTR 2 Dirilis Global, Bakal Hadir ke Indonesia

1 3.610

Beberapa pekan lalu, sebuah smartwatch dengan tampilan retro baru saja diresmikan di Tanah Air, yaitu Amazfit Neo. Lewat distributor resmi, perangkat wearable tersebut hadir dengan layar hitam putih dan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp400 ribuan saja. Nah, untuk lini seri jam pintar kelas atasnya, Huami baru saja perkenalkan dua produk baru.

Sebenarnya, keduanya sudah dirilis di negara asalnya, China sejak bulan lalu. Namun baru dihadirkan secara global pada 27 Oktober kemarin. Ya, Amazfit GTS 2 & GTR 2 hadir sebagai suksesor untuk masing-masing tipe, mengusung layar always-on, fitur lengkap serta baterai prima.

Meski secara tampilannya sendiri berbeda, kedua smartwatch Amazfit terbaru ini mempunyai spesifikasi yang kurang lebih sama. Perbedaan utama hanya di bentuk layar serta daya tahan baterainya, mengingat punya desain bodi berbeda. Amazfit GTS 2 terlihat lebih sleek dan lebih kotak menyerupai Apple Watch, sementara GTR 2 punya desain membulat, sedikit lebih maskulin.

Baca juga: Amazfit Neo Hadir di Indonesia, Smartwatch Retro Rp400 Ribuan

Perbedaan Amazfit GTS 2 & GTR 2

Amazfit GTS 2
Amazfit GTS 2

Keduanya sama-sama hadir dengan bodi berbahan aluminum; Amazfit GTS 2 punya layar besar 1,65 inci dan strap 20mm, sementara GTR 2 lebih kecil di 1,39 inci dengan strap 22mm. Kedua layarnya sama-sama gunakan panel AMOLED dan mendukung fitur always-on display. Khusus GTR 2, juga hadir dengan opsi bodi stainless steel dan strap kulit.

Perbedaan paling signifikan kedua adalah daya tahan baterainya. Amazfit GTS 2 punya bodi lebih ramping serta bobot lebih ringan, sehingga baterainya lebih kecil di 346 mAh, bisa tahan hingga 7 hari pemakaian normal (atau 20 hari dalam mode power saver). Sementara GTR 2 mencapai dua kalinya; 14 hari (& 38 hari), lewat baterai 417 mAh.

Spesifikasi sisanya kurang lebih sama. Keduanya miliki sensor yang cukup lengkap seperti akselerometer, giroskop, sensor denyut jantung, air pressure sensor dan sensor cahaya. Bahkan GPS dan GLONASS untuk pelacakan rute olahraga, sehingga pengguna tidak perlu membawa smartphone sembari jogging atau olahraga lainnya.

Terdapat 12 jenis olahraga yang bisa dilacak, termasuk berenang karena keduanya dibuat tahan air hingga kedalaman 50 meter. Pengguna juga bisa menyimpan lagu ke dalam perangkat, berkat memori berkapasitas 3GB di dalamnya. Dan karena ini merupakan versi global, fitur perintah suara XiaoAI assistant digantikan dengan Amazon Alexa.

Harga Amazfit GTS 2 & GTR 2

Amazfit GTR 2
Amazfit GTR 2

Amazfit GTS 2 & GTR 2 (versi strap silikon) bakal dijual dengan harga yang sama, yaitu USD 179 atau Rp2,6 jutaan di Amerika Serikat. Keduanya bakal dijual mulai akhir bulan Oktober – awal bulan November, dan Huami telah menyebutkan bila jam tangan pintar terbarunya bakal hadir di beberapa negara lainnya, termasuk Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Bakal ada tiga opsi warna yang bisa dipilih untuk GTS 2 (Midnight Black, Desert Gold dan Urban Grey), sementara Amazfit GTR 2 hanya hadir dalam warna Obsidian Black dan Stainless Steel. Dengan fitur lengkap sampai pengukur tingkat saturasi oksigen dalam darah, dua jam tangan pintar ini bisa dibilang cukup value for money.