Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal Aperture, Fitur yang Mempengaruhi Kualitas Foto pada (Kamera) Smartphone

Semakin kecil angka di belakang 'F' maka akan semakin besar bukaan lensanya.

Bagi pengguna smartphone, sekalipun bukan seorang fotografer pasti mulai akrab dengan istilah aperture. Sayangnya, masih banyak yang belum paham bahwa fitur ini sangat mempengaruhi performa sebuah kamera smartphone.

Dalam istilah fotografi, penyebutan aperture diwakili dengan huruf ‘F’ dan diikuti oleh nomer, seperti F/1.8 atau bisa juga ditulis f/1.8, F1.8, dan f1.8. Nomer tersebut mewakili besaran lubang atau tempat masuknya cahaya ke lensa. Semakin lebar aperture, maka akan semakin banyak cahaya yang masuk ke sensor sehingga memngkinkan untuk digunakan dalam menangkap objek di kondisi yang low-light atau minim cahaya.

Sekedar catatan, semakin kecil angka di belakang ‘F’ maka akan semakin besar bukaan lensanya. Misalnya, smartphone dengan kamera yang aperture-nya F/1.8 pasti bukaan lensanya lebih besar dibandingkan F/1.9.

Lalu, seperti apa sih peranan aperture dalam menghasilkan foto yang lebih baik? Jadi begini, meskipun kamera bisa menangkap gambar secepat kedipan mata, bukan berarti gambar yang diproses bisa secepat itu. Sensor pada kamera membutuhkan waktu dalam menyerap cahaya untuk menghasilkan foto yang tergantung pada shutter speed dan exposure, di mana sangat variatif, bisa seperseribu detik atau beberapa detik saja.

Selain itu, ada juga ISO, pengaturan sensitivitas sensor gambar yang bergantung pada lingkungan foto. Semakin tinggi ISO yang diatur, semakin terang gambar yang dihasilkan. Untuk pemotretan di low-light tentunya membutuhkan ISO yang tinggi, namun akan menimbulkan noise alias bintik-bintik pada gambar.

Related Posts
1 daripada 319

Nah, dengan apeture yang lebih besar, banyak cahaya yang akan masuk ke sensor. Dalam kondisi terang, kamera akan bisa menangkap gambar dengan shutter speed yang sangat cepat, namun minim blur. Ketika digunakan pada kondisi low-light, kamera tetap bisa menangkap gambar yang bagus sekalipun tanpa melakukan pengaturan ISO yang tinggi.

Jadi, mulai sekarang lebih baik kamu periksa berapa ukuran aperture pada kamera smartphone kamu daripada ukuran megapikselnya. Pasalnya, megapiksel hanya mempengaruhi kualitas cetak bukan kualitas tangkapan foto.

aperture

Saat ini, kebanyakan smartphone flagship atau premium banyak mengusung kamera dengan aperture F/1.9 hingga F/1.8. Namun, LG tampaknya telah menorehkan rekor baru dengan mengusung kamera yang aperture-nya F/1.6 alias yang terbesar untuk saat ini.

Adapun fitur tersebut akan dibawa pada kamera smartphone LG V30 yang akan diluncurkan di ajang IFA 2017. Seperti pendahulunya, smartphone ini akan menawarkan sebuah fitur kamera yang akan membuat lompatan tersendiri di kelasnya. Kita lihat saja akan seperti apa hasil tangkapan gambar dari smartphone dengan aperture sebesar ini, Gizmolovers!