Baru Diluncurkan Aplikasi SATRIA Buatan BSSN dapat Rating 1,3 dari Warganet

Jakarta, Gizmologi – Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) baru saja meluncurkan aplikasi manajemen password yang diberi nama SATRIA. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber dan Sandi BSSN.

Aplikasi SATRIA (Sandi Anda Terenkripsi dengan Aman) lahir karena banyaknya aplikasi yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Namun sayangnya, aplikasi yang baru diluncurkan pada Selasa (2/11) lalu itu mendapat ulasan negatif dari warganet.

Ga banget, keliatan setengah setengah macam ga niat bikin, banyak fitur fitur yang ga banget, keliatan ga matang dalam pembuatan aplikasi nya, jangan cuma label “karya anak bangsa” tapi ancur aplikasi, sering force close, kalo mau bikin aplikasi tolong niat, jangan setengah setengah,” tulis warganet di kolom ulasan.

Hal itu terlihat dari ulasan negatif dari sejumlah pengguna yang telah mengunduh aplikasi SATRIA di Google Play Store. Bahkan aplikasi tersebut hanya mendapat rating bintang 1,3 dari 202 review dengan total unduhan baru mencapai kisaran 500 lebih.

Fitur minim. Gada menu setting. Maksa make Fingerprint. percuma ekripsi klo maksa make fingerprint, temen/bocil yg sering minjam hp tinggal regis jarinyan di hp dan udah bisa liat data saya. Password yg udah di buat gabisa di edit, ribet hapus trus buat lagi. Interface jelek sangat. Sangat kecewa dengan kualitas aplikasinya,” tulis ulasan lainnya.

Baca Juga: Ironis BSSN Diretas Turunkan Kepercayaan Publik akan Situs Pemerintah

Beberapa ulasan di antaranya menyayangkan tampilan User Interface dan User User Experience (UI/UX) dari aplikasi SATRIA yang terkesan simpel hingga minim fitur. Padahal jika melihat dari laman BSSN, aplikasi SATRIA memiliki segudang fitur untuk menjaga password atau kata sandi yang dimiliki penggunanya.

Sebut saja fitur secure key derivation alias kunci enkripsi, kemudian ada secure password generator yang memungkinkan pengguna untuk membuat kata sandi secara acak berbasis kriptografi. Bahkan aplikasi yang bekerja secara offline ini tidak dapat berjalan di perangkat dengan mode developer aktif, maupun perangkat yang sudah di-root.

Aplikasi SATRIA untuk Manajemen Password

Aplikasi SATRIA BSSN

Sesuai namanya, SATRIA merupakan aplikasi yang dapat membantu pengguna internet untuk mengelola dan menyimpan password dari setiap akun yang pernah dibuat dengan baik. Nantinya, aplikasi ini akan menyimpan kredensial dan melakukan enkripsi pada local secure storage yang di perangkat atau gawai penggunanya.

Melansir dari laman BSSN, aplikasi ini juga dapat membantu pengguna membuat kombinasi password yang susah dibajak. Untuk melakukannya, SATRIA menggunakan algoritma tertentu agar bisa membuat password secara acak dan sulit diketahui orang lain.

“Ini merupakan upaya literasi digital keamaan saiber dalam mengelola kata sandi bagi masyarakat Indonesia, khususnya ASN agar memiliki kesadaran dalam menjaga kata sandi yang aman di gawainya masing-masing,” kata Kepala BSSN, Hinsa Siburian seperti dikutip dari situs resminya, Rabu (3/11).

Untuk segi keamanan, Hisan mengatakan, aplikasi SATRIA sudah sesuai standar, sehingga bisa menjadi alat untuk mendorong kesadaran keamanan informasi. Enkripsi dari aplikasi tersebut dijamin oleh produsen gawai, termasuk Google maupun Apple dan BSSN merekomendasikan penggunanya.

Tinggalkan komen