Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS Hadirkan Paket Perangkat Khusus Konferensi Video Google Meet

0 2.953

Meski sudah memasuki masa Normal Baru, masih banyak kantor atau organisasi yang memilih untuk mengadakan rapat secara daring. Tren video conferencing pun masih cukup tinggi sampai saat ini, miliki preferensi layanan masing-masing, termasuk Google Meet. Untuk membantu perlancar kegiatan, ASUS bekerja sama dengan Google untuk merilis sebuah set perangkat yang dinamakan ASUS – Google Meet hardware kit.

Inti dari set perangkat ini adalah ASUS – Google Meet Compute System, yang bisa dibilang seperti CPU berukuran mini. Perangkat tersebut diotaki dengan prosesor Intel Core i7, serta miliki sasis yang dilengkapi magnet untuk peletakan yang praktis. Dirancang serta sudah lulus uji untuk melewati standar industri dan reliabilitas yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Baca juga: ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Premium Harga Mulai Rp27 Jutaan

ASUS – Google Meet Compute System Punya Desain Praktis

ASUS Google Meet Compute System
Kelengkapan port ASUS Google Meet Compute System.

Selain itu, ASUS juga sediakan berbagai jenis peralatan lain untuk melengkapi ASUS – Google Meet Compute System. Seperti sebuah monitor layar sentuh yang berfungsi sebagai panel kontrol, kamera dengan resolusi hingga 4K UHD, serta Google Meet Speakermic. Semuanya mendukung pembaruan firmware secara otomatis, agar penggunanya dapat fokus terhadap bisnis.

Selain prosesornya yang bertenaga, ASUS – Google Meet Compute System dipasangkan dengan penyimpanan SSD 128GB. Perangkat tersebut menjalankan sistem operasi Chrome OS, sehingga wajar jika kapasitas penyimpanannya kecil, karena hampir semua fungsinya berjalan melalui cloud. Mendukung video 4K dan dapat disambungkan ke lebih dari satu monitor, desain port-nya dibuat berada pada satu sisi. Tujuannya agar mudah untuk dirapikan ketika diletakkan pada tembok atau belakang monitor.

Hadir Dalam Tiga Opsi Paket “Hardware Kit”

ASUS Google Meet Large Kit

Terdapat tiga bundle atau paket utama yang diluncurkan ASUS untuk video conference melalui Google Meet ini. Yang paling sederhana, Starter Kit, dibanderol seharga £1650 atau sekitar Rp29 juta. Paket ini sudah termasuk sebuah kamera 4K UHD dengan sudut pandang 120 derajat, dapat mengakomodir ruangan dengan ukuran 23 meter persegi. Juga termasuk sebuah remote control dengan papan ketik di baliknya, serta speakermic yang dapat meredam noise.

Lalu paket yang kedua didesain untuk ruangan kecil atau medium (Small/Medium Room Kit). Paket ini cocok untuk digunakan hingga 8 peserta meeting. Ditambahkan sebuah panel layar sentuh yang miliki beragam fungsi. Yaitu untuk pengendalian telepon intuitif serta untuk melihat jadwal kalender. Harganya sedikit lebih mahal, di £1970 (Rp34 jutaan).

Sementara yang paling lengkap, adalah Large Room Kit yang difungsikan hingga kapasitas 20 orang. Paket ini dirancang untuk digunakan dengan kamera dari Logitech, yaitu seri PTZ Pro 2. Kamera tersebut dapat merekam hingga resolusi 1080p dan berikan kemampuan zoom hingga 10x. Harganya sedikit lebih murah, £1700 (Rp29 jutaan), karena kameranya tidak disertakan. Alias pembeli harus mengontak supplier secara terpisah.

Perangkat ini dirilis sejalan dengan bergantinya nama layanan video conference Hangouts Meet menjadi Google Meet. Saat ini, layanan tersebut berikan fitur premium-nya secara gratis hingga 30 September mendatang. Fitur yang bisa digunakan termasuk virtual meeting berskala besar dengan 250 partisipan dan 100 ribu pengguna live-stream internal. ASUS – Google Meet hardware kit juga mendukung asisten suara Google meski masih dalam versi beta, untuk pengoperasian dengan perintah suara.