ASUS ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming Ringan dengan GPU RTX 3070

Lewat sebuah acara peluncuran daring yang diadakan pada pekan kedua bulan Mei kemarin, ASUS tak hanya meluncurkan satu seri laptop gaming ROG saja untuk konsumennya. Selain Zephyrus S17, ROG Zephyrus M16 juga dihadirkan sebagai alternatif perangkat gaming portabel yang powerful, tampil ringkas dan tipis.

Kalau seri Zephyrus S17 benar-benar mengunggulkan performa, Zephyrus M16 lebih cocok bagi mereka yang inginkan perangkat dalam dimensi kompak, namun tetap memiliki performa gaming tinggi. Tentunya juga sudah menggunakan prosesor terbaru dari Intel, yaitu generasi ke-11 yang memiliki clock speed lebih tinggi. Dipadukan dengan GPU NVIDIA yang juga tak kalah mumpuni.

Lini laptop ASUS ROG memang hadir untuk penuhi ragam jenis gamer. Sebelumnya, ASUS Indonesia telah meresmikan seri ROG Flow X13 yang hadir sebagai flagship. Didesain konvertibel, laptop tersebut mampu berikan kemampuan olah grafis tingkat tinggi bila dipasangkan dengan GPU eksternal. Sementara dua seri Zephyrus yang rilis bulan ini hadir untuk jenis pengguna lainnya.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14 & G15 (2021) Makin Bertenaga dengan AMD Ryzen 5000 Series

Desain ROG Zephyrus M16 Dibuat Ringkas

ASUS ROG Zephyrus M16

Yang diunggulkan oleh ASUS Indonesia untuk laptop gaming terbarunya satu ini adalah dimensinya secara keseluruhan. Sesuai namanya, Zephyrus M16 punya dimensi layar besar 16 inci, namun hadir dalam bodi laptop 15 inci pada umumnya. Bobot laptop ini tak sampai 2 kilogram, tepatnya 100 gram lebih ringan. Sementara ketebalan maksimumnya hanya 19,9mm.

Hadir dalam warna hitam (atau ASUS sebut dengan Off Black), agar terlihat lebih menarik, bagian bodi luar di balik layarnya gunakan variasi Prismatic Film. Sehingga dari luar, ROG Zephyrus M16 bisa tampilkan warna RGB yang berubah tiap pikselnya sesuai tangkapan cahaya dari kemiringan tertentu. Tujuannya agar terlihat stylish serta profesional, agar lebih cocok di semua kebutuhan.

Faktor lain yang membuat desainnya ringkas adalah penggunaan teknologi Ultra-narrow bezel dibuat 5% lebih kecil dari generasi sebelumnya. Alhasil, ketebalan keempat sisi bezel hanya 4,6mm saja, membuat Zephyrus M16 punya rasio layar ke bodi mencapai 94%.

Layar Canggih dengan Akurasi Tinggi

ASUS ROG Zephyrus M16

Menilik dari spesifikasinya, wajar bila para kreator konten juga akan terpikat dengan laptop gaming ASUS satu ini. Pasalnya, selain dimensi layar yang besar, panel yang digunakan juga tergolong berkualitas. Resolusi layarnya sangat tinggi, mencapai WQHD, dengan dukungan refresh rate 165Hz dan waktu respon singkat 3ms saja.

Dengan begitu, pengguna bisa memainkan gim dalam framerate tinggi dengan dukugan Adaptive-Sync. Sementara untuk akurasinya, ROG Zephyrus M16 juga sudah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display, dengan tingkat reproduksi warna DCI-P3 mencapai 100%. Ditambah kecerahan hingga 500 nits, menggunakan laptop ini di luar ruangan bakal tidak menjadi masalah.

Aspek rasio 16:10 juga lebih cocok untuk menyelesaikan pekerjaan, terutama menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Ditambah dengan dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos, menonton film ataupun konten video lainnya juga bakal lebih imersif.

Prosesor Intel Generasi ke-11 dengan GPU NVIDIA RTX

ASUS ROG Zephyrus M16

Tentunya tak hanya desain dan layarnya saja yang unggul. Menjadi laptop gaming, performa tentu tak bisa dikesampingkan. Paduan opsi prosesor Intel Core i9-11900H dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread, plus RAM DDR4 hingga 48GB dan penyimpanan PCIe 4.0 SSD hingga 2TB tentunya membuat proses buka tutup aplikasi dan lainnya berjalan kencang. Bila dirasa kurang, ASUS sediakan slot SSD tambahan untuk tingkatkan memori penyimpanan.

Sementara untuk keperluan olah visual, GPU NVIDIA GeFOrce RTX 3070 dapat berjalan dalam clockspeed hingga 1,39GHz dan daya 80W lewat ROG Boost. Selain mendukung fitur real-time ray tracing, juga dibekali teknologi AI terbaru. Tak hanya perlancar gim, namun juga berikan kualitas visual terbaik. Plus dukungan NVIDIA Broadcast untuk aktivitas game streaming yang lancar.

Suhu bakal tetap terjaga berkat sistem pendingin ROG Intelligent Cooling terbaru, yang diklaim dapat turunkan suhu sampai 10 derajat Celsius. Total ada enam heatpipe agar panas dari CPU, GPU serta komponen lain bisa tersalurkan ke heatsink, dibantu kipas yang memiliki 84 bilah. Dengan baterai besar 90Wh, Zephyrus M16 diklaim bisa memutar video sampai 10 jam.

Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai ketersediaannya maupun harganya, baik di Indonesia maupun secara global. Bila tertarik, Gizmo friends harap menabung terlebih dahulu ya!

Tinggalkan komen