Awas Trojan Berbahaya Mengintai Lewat Situs Streaming Gratis Film James Bond!

Jakarta, Gizmologi – Peneliti keamanan siber di Kaspersky, memperingatkan potensi berbahaya bagi pengguna internet yang ingin menonton film terbaru James Bond secara gratis. Pasalnya Kaspersky menemukan malware Trojan yang disamarkan sebagai film James Bond “No Time to Die”.

Sebagai gambaran yang lebih jelas, para pelaku kejahatan siber mencoba memonetisasi minat penggemar film James Bond dengan menyamar sebagai situs web phishing. Bahkan ada upaya untuk menginfeksi PC atau komputer pengguna dengan berbagai jenis malware dan perangkat lunak berbahaya, yang akan terunduh secara otomatis dengan kedok film James Bond “No Time to Die”.

“Penonton yang terburu-buru untuk menonton film, membuat mereka melupakan keamanan internet. Pengguna harus waspada terhadap halaman yang mereka kunjungi, tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi dan berhati-hati dengan siapa mereka membagikan informasi pribadi,” kata pakar keamanan di Kaspersky, Tatyana Shcherbakova, dalam siaran pers, Senin (4/10/2021).

Dari Ancaman yang terdeteksi tidak terbatas pada Adware, tapi juga Trojan. Program berbahaya ini dapat memungkinkan pelaku kejahatan siber mendapatkan akses menuju data sensitif, Trojan-PSW–stealers yang mampu mengumpulkan data login, dan ransomware.

Menyamar Jadi Situs Streaming Gratis

Situs tersebut akan memutarkan beberapa menit film “No Time to Die”, kemudian, untuk menonton lanjutannya, korban akan diminta mendaftar. Formulir pendaftaran itu antara lain berisi informasi kartu kredit. Setelah selesai mendaftar, korban tidak bisa menonton lanjutan film, namun, sejumlah uang mereka raib diambil penjahat online.

Selain kehilangan uang, data korban termasuk informasi kartu kredit dikantongi penjahat siber. Tidak hanya mencuri, beberapa situs jahat ini menawarkan berkas yang disebut berisi film James Bond terbaru, namun, sebenarnya berisi malware.

Agar tidak terjebak malware dan penipuan, pengguna internet diminta untuk menonton film “No Time to Die” dari saluran resmi. Jika ingin menonton secara online, pastikan situs yang diakses adalah resmi dengan memeriksa ulang nama situs dan URL.

Tinggalkan komen