Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bahas Potensi Blockchain Selama Pandemi, BlockJakarta 2020 Digelar Secara Virtual

0 337

Tertarik mengikuti perkembangan blockhain saat ini? Mungkin beberapa dari Gizmo friends ada yang sempat mendalami hal seperti mata uang kripto atau criptocurrency bertahun silam, terutama ketika nilainya sedang memuncak. Jika iya, maka kamu perlu menunggu diselenggarakannya kembali sebuah konferensi internasional Blockchain, yaitu BlockJakarta 2020.

Acara tersebut akan digelar hari Kamis (11/6) mendatang, hadirkan beragam tokoh blockchain dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. BlockJakarta akan membahas tuntas tentang personalan blockchain terkini, termasuk tentang potensinya di Indonesia dan dalam masa pandemi virus corona. Acara ini akan dilakukan secara virtual melalui internet secara langsung, diikuti oleh 750 peserta.

Baca juga: Gelar Finhacks 2019, BCA Gali Potensi Teknologi Blockchain

Peluang Baru Industri Blockchain Dalam Jangka Panjang

BlockJakarta 2020 diadakan oleh Blackarrow Conferences, berkolaborasi bersama Indodax selaku sponsor utama. Blackarrow Conferences adalah sebuah organizer acara konferensi unggulan yang memang miliki spesialisasi dalamhal konferensi bisnis profesional kelas tinggi. Sementara Indodax adalah sebuah startup teknologi finansial di dalam bidang aset kripto dan blockchain, berdiri sejak 2014 dan telah layani lebih dari dua juta member di Indonesia. Mereka telah kembangkan banyak misi edukasi Blockchain sebelumnya.

CEO Blackarrow Conferences, Sarfraz Patel mengatakan jika masa wabah COVID-19 ini dapat hadirkan tantangan baru bagi pelaku industri blockchain dalam jangka pendek, namun juga berikan peluang baru untuk jangka menengah dan jangka panjang. “Blockchain dapat memainkan peran penting dalam mempercepat inisiatif transformasi digital pasca-krisis dan menyelesaikan masalah-masalah yang disorot dalam sistem saat ini,” tambahnya.

Konferensi digital BlockJakarta nanti akan menjelaskan tentang perkembangan blockchain saat ini, ditambah ekonomi blockchain dalam pandemi yang sedang berlangsung. Juga akan dijelaskan guna blockchain dalam manajemen rantai pasokan, pelacakan kontak, manajemen bencana, asuransi dan banyak lagi.

CEO Indodax, Oscar Darmawan akan turut menghadiri acara tersebut sebagai pembicara, bersama dengan beberapa petinggi lain seperti Roger Ver selaku Executive Chairman bitcoin.com, Miko Matsumura sebagai salah satu penemu Evercoin, Naseem Naqvi sebagai presiden The British Blockchain Association dan banyak lagi. Bagi Oscar, ini merupakan konferensi virtual pertama yang membahas tuntas mengenai blockchain.

BlockJakarta 2020 Menjadi Konferensi Blockchain Virtual Pertama

BlockJakarta 2019
BlockJakarta 2019 yang digelar di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. (Sumber: Blackarrow Conferences)

Sebagai pemateri, ia akan menjelaskan tentang pengembangan blockchain yang menjadi sorotan, karena banyaknya perusahaan yang mulai menerapkan hal tersebut. “Ini merupakan konferensi blockchain yang digelar secara virtual pertama kali. Ada banyak topik yang akan dibahas, seluruhnya akan dibahas secara mendalam,” kata Oscar. Selain menyampaikan tentang bitcoin sebagai aset save haven secara lengkap, dia juga akan membahas bagaimana memprediksi harga ke depan.

Seperti yang kita ketahui, salah satu penggunaan sistem blockchain yang dikenal masyarakat umum adalah aset kripto seperti Bitcoin. Hingga pertengahan tahun ini, harga satuan bitcoin tercatat meningkat, dari Rp65 juta pada bulan Maret 2020, hingga Senin (8/6) kemarin mencapai Rp135 juta. “Saat pandemi corona di awal tahun hingga pertengahan tahun ini, harganya justru meningkat. Di sisi lain, produk investasi lain tidak tahan terpapar Covidd-19,” tambah Oscar.

Jika Gizmo friends tertarik untuk mengikuti konferensi virtual yang mengupas tuntas seputar blockchain yang satu ini, bisa langsung mendaftar dengan mengunjungi situs resmi Blackarrow untuk BlockJakarta 2020 lewat tautan berikut ini.