Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menginjak 49 Tahun, Bluebird Group Berinovasi Rambah Transformasi Digital

Menjadi pelopor armada taksi di Indonesia, Bluebird Group kini genap berusia 49 tahun. Sejak awal berdiri di tahun 1972, perusahaan ini berusaha untuk konsisten dalam inovasi, di mana kini merambah ke transformasi digital.

Siapa yang tidak kenal Bluebird? Berawal dari perusahaan taksi konvensional, perusahaan ini kini melakukan berbagai ekspansi. Bukan hanya dari bisnis, tetapi juga kepada implementasi teknologi yang mendukung pelayanan prima kepada pelanggan.

Jika menarik waktu ke belakang, ternyata inovasi yang melibatkan teknologi sudah sejak awal dilakukan Blue Bird Group. Hal ini seperti diungkapkan Noni Purnomo, Direktur Utama PT Blue Bird, Tbk yang mengklaim si “burung biru” memiliki komitmen memberikan pelayanan terbaik di awal eksistensinya.

Baca juga: Wow! Startup Jerman Ini Kembangkan Taksi Terbang Elektrik Berkecepatan Hingga 300 Km/jam

Inovasi Blue Bird Group Sejak Awal

Bluebird 49 tahun
Mutiara Fatimah Djokosoetono, pendiri Bluebird Group berfoto bersama pengemudi dan karyawan (foto: Bluebird).

“Di tahun 1972, Bluebird telah menggunakan sistem argometer melalui armada Holden Torana. Di tahun 1980, Air Conditioner (AC) telah menjadi perlengkapan standar di layanan kami. Selanjutnya di tahun 1990, kami juga telah memiliki sistem komputerisasi dalam menerima permintaan masyarakat melalui Bluebird Call Center,” ujarnya.

Di tahun 1992, Bluebird Group memiliki adik yang bernama Silverbird yang merupakan layanan taksi ekslusif. Awalnya, “burung perak” ini menggunakan armada eks KTT Non Blok ASEAN, hingga akhirnya mendatangkan armada Mercedes-Benz C-Class di tahun 2007 dan menempatkannya sebagai taksi pertama yang menggunakan mobil mewah tersebut.

Ketika Indonesia sedang “demam” BlackBerry di tahun 2011, Bluebird Group meluncurkan aplikasi mobile pertamanya pada perangkat smartphone tersebut yang bernama Bluebird Group Taxi Mobile Reservation. Inovasi ini bahkan diakui pihak RIM (Research in Motion, produsen BlackBerry) sebagai perusahaan taksi pertama di dunia yang memiliki reservasi online.

Bikin Aplikasi Pemesanan Taksi

Ketika sistem operasi Android dan iOS melesat, Bluebird mengimbanginya dengan meluncurkan aplikasi MyBlueBird di tahun 2016. Kini aplikasi tersebut baru saja diluncurkan versi ke-5 dengan slogan “A New Mobility Sympony” yang memiliki fitur Chat to Driver, Fixed Price, Multi-Payment, All-In-One Service, Reorder, Predicatble Pick Up Time hingga Customizable Favorite Places.

Pemanfaatan teknologi pada layanan Bluebird rupanya dilirik Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai sesuatu yang unik dan istimewa. Itulah sebabnya, pada tahun 2011, perusahaan ini dinobatkan sebagai “Perusahaan Taksi Pertama di Indonesia yang Menggunakan Aplikasi Pemesanan Taksi”.

Di tahun 2019, MURI juga menobatkan Bluebird sebagai “Penyedia Taksi Listrik Pertama di Indonesia” setelah menghadirkan unit Tesla Model X sebagai armada E-Silverbird dan BYD sebagai armada E-Bluebird. Menurut Adrianto Andre Djokosoetono, Direktur PT Bluebird Tbk, kehadiran armada taksi listrik selain memberikan kontribusi positif terhadap kelestarian lingkungan, juga memberikan kesempatan pada masyarakat Indonesia untuk menikmati kemajuan teknologi transportasi berbasis listrik.

“Kampanye kendaraan listrik secara keseluruhan memberikan nilai lebih, karena sekarang masyarakat tidak hanya melihat kendaraan listrik melalui media sosial atau televisi, tetapi bisa merasakan langsung bepergian dengannya melalui E-Bluebird dan E-Silverbird,” ungkapnya.

Bluebird Group Lifecare Vehicle
Bluebird Lifecare Vehicle Taxi, armada khusus difabel, lansia, dan ibu hamil (foto: Bluebird).

Yang teranyar, di tahun 2020 MURI yang memberikan penghargaan kepada Bluebird sebagai “Transportasi Umum Pertama di Indonesia dengan Layanan Armada untuk Difabel”. Sejatinya, layanan Lifecare Vehicle Taksi memiliki jok elektrik dengan fitur Power Slide Up Seat dihadirkan bukan hanya untuk difabel saja, tetapi juga orang lanjut usia, dan wanita hamil.

Dari spesifikasinya, Lifecare Vehicle Taksi merupakan armada MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan 7 tempat duduk yang memudahkan penumpang untuk naik dan turun dari pintu samping. Selain bisa didapatkan melalui layanan Call Center, armada ini juga tersedia secara ekslusif di beberapa rumah sakit yang telah terdaftar.

Melalui peringatan hari ulang tahunnya yang ke-49 yang jatuh pada 1 Mei lalu, Noni mengatakan pihaknya akan terus melanjutkan inovasi dalam transofrmasi digital perusahaan. Segenap penerapan teknologi yang diiringi dengan program pemberdayaan akan terus dilakukan untuk perkembangan industri transportasi di Indonesia.

“Kami tidak akan berhenti di sini. Zaman terus melaju, begitu juga dengan kami yang akan terus senantiasa berkembang, tentunya dengan menjaga semangat dan nilai-nilai perusahaan,” pungkasnya.

Selamat ulang tahun ke-49, Bluebird!

Tinggalkan komen